Blog

Kerap Diucapkan Dalam Dunia Pendidikan, Apa itu Gelar MBA?

danain-Apa itu gelar MBA?-gambar orang memegang toga

Apa itu gelar MBA?)

Gelar MBA kerap diucapkan dalam dunia pendidikan. Lantas, apa itu gelar MBA?

Saat ini, banyak anak muda Indonesia yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2. Umumnya, keputusan tersebut diambil demi menunjang karier di tempat kerja.

Dari berbagai opsi kuliah S2 yang tersedia, MBA jadi salah satu pilihan yang banyak dilirik oleh masyarakat. Selain bisa meningkatkan karier, pilihan kuliah tersebut juga bermanfaat bagi mereka yang ingin mengembangkan bisnis.

Dalam kesempatan ini, kami akan beberkan apa itu gelar MBA dan seluk beluknya. Langsung saja, berikut ulasan lengkapnya, seperti dikutip dari berbagai sumber.

DEFINISI GELAR MBA

Secara garis besar, MBA adalah singkatan dari Master of Business Administration atau yang dalam bahasa Indonesia berarti Magister Administrasi Bisnis. MBA adalah sebuah gelar tersier dalam manajemen bisnis.

Baca juga: 10 Masalah Pendidikan di Indonesia, Apa Saja?

Kuliah dengan gelar MBA mengambil pendaftar dari berbagai macam disiplin. Ada yang dulunya menempuh jurusan teknik, science, bahkan kedokteran. Intinya, bisnis adalah ilmu yang sangat luas, sehingga bisa didapatkan oleh siapa saja.

Mahasiswa yang menempuh program MBA akan memperoleh materi kuliah yang berkaitan dengan teknis menjalankan bisnis, kemampuan manajerial, hingga kepemimpinan. Dengan begitu, lulusan bergelar MBA akan mendapatkan kemampuan berbisnis andal yang mampu bersaing di tingkat dunia. Tak hanya itu, mereka juga bisa memperluas jaringan profesional, bahkan menciptakan peluang kerja baru.

SYARAT KULIAH MBA

Seperti pendidikan lain pada umumnya, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh orang yang ingin mengambil kuliah program MBA di perguruan tinggi, di antaranya:

  1. Lulus proram sarjana.
  2. Mengikuti GMAT alias Graduate Management Admission Test dengan skor maksimal.
  3. Punya kemampuan bahasa Inggris yang baik, dibuktikan lewat sertifikat TOEFL atau IELTS dengan skor yang sudah ditentukan.
  4. Menyusun resume profil pribadi.
  5. Ijazah dan transkrip nilai.
  6. Surat rekomendasi, baik dari atasan atau rekan kerja.
  7. Letter of Acceptance dari universitas.
  8. Biaya pendaftaran.

Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, Apa Perbedaan antara Pendidikan Formal dan Pendidikan Nonformal?

Sekadar informasi, biaya kuliah MBA pada umumnya terbilang mahal. Karena itu, kamu perlu rencana yang sangat matang saat memutuskan untuk mengikutinya. Besaran biaya yang diperlukan juga sejatinya berbeda-beda, tergantung perguruan tinggi yang dituju.

KENAPA ORANG BERGELAR MBA LEBIH MUDAH UNTUK SUKSES?

Setelah mengetahui apa itu gelar MBA, pertanyaan selanjutnya yang sering muncul adalah, kenapa orang bergelar MBA lebih mudah untuk meraih kesuksesan?

Setidaknya, ada beberapa alasan yang melatarbelakanginya. Berikut alasan yang dimaksud, sebagaimana dilansir laman wartaekonomi.co.id:

  1. Kemampuan orang bergelar MBA untuk mengembangkan bisnis sangat kokoh. Kuliah program MBA membantu seseorang untuk memahami bagaimana membangun rencana bisnis yang kuat dan dapat mengukur efektivitas tindakan yang akan diambil dalam organisasi.
  2. Pendidikan MBA akan menciptakan sosok pemimpin yang hebat dan berkualitas. Pasalnya, pendidikan tersebut mengekspos berbagai macam kasus dan situasi kacau yang mungkin terjadi dalam dunia bisnis.
  3. Orang yang bergelar MBA cenderung mudah dalam meningkatkan modal. Mereka terbiasa bermain dengan uang dan mengukur efektivitas secara finansial.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Inilah Pentingnya Pendidikan bagi Setiap Warga Negara!

  1. Terakhir, gelar MBA mampu membawa kredibilitas bagi yang menyandangnya. Banyak orang beranggapan bahwa orang yang bergelar MBA akan sangat mungkin membuat keputusan yang tepat. Selain itu, mereka juga lebih mudah dalam memperluas jaringan, sebab banyak pihak yang tertarik untuk menjalin hubungan.

Bagaimana, sudah paham kan apa itu gelar MBA? Semoga bermanfaat!

Leave a Reply