Apakah Anda kerap merasa malas bahkan takut ketika hari Senin akan tiba? Jika ya, hal tersebut bisa jadi tanda bahwa Anda mengalami stres di tempat kerja!

Pernyataan itu dilontarkan oleh Dr. Valentina Bruk-Lee beberapa waktu lalu. Ia merupakan seorang psikolog industri-organisasi sekaligus profesor psikologi di Florida International University.

Sekadar informasi, pekerjaan akademis Valentina berfokus pada faktor tempat kerja yang berdampak pada kesehatan dan kesejahteraan karyawan, dengan penekanan peran konflik interpersonal sebagai faktor stres yang utama. Tak hanya itu, ia juga mempelajari faktor-faktor psikologis yang memengaruhi perilaku keselamatan di tempat kerja.

Dalam sebuah wawancara, Valentina sempat ditanya tentang apakah pernah merasakan hari Minggu yang menakutkan?

Ia pun menjawab, pernah! “Saya pernah merasa hari Minggu yang menakutkan di beberapa pekerjaan saya sebelumnya. Saya merasa kurang kontrol atas stres yang dialami di tempat kerja. Penyebabnya beragam, seperti harus berurusan dengan permintaan klien yang tak terduga, kerja dengan kolega yang tak sopan, hingga menghadapi beban kerja yang di luar kendali,” ujar Valentina seperti dilansir Inverse.

Baca juga: Stres di Tempat Kerja? Ini 5 Cara Mudah Mengatasinya!

Valentina menambahkan, emosi negatif yang dialami oleh pekerja sebagian besar merupakan cerminan dari kondisi fisik dan psikososial pekerjaan mereka. Menurutnya, mengalami konflik dengan orang lain adalah sumber utama stres bagi individu yang bisa berakibat pada perasaan cemas, depresi, hingga frustasi ketika mereka bersiap untuk memulai hari kerja.

Sementara itu, lanjut dia, ada perbedaan individu yang memainkan peran terhadap cara karyawan dalam memahami dan mengalami emosi tersebut, seperti halnya sifat kepribadian mereka. Singkat kata, tidak semua orang akan bereaksi sama terhadap situasi yang sama dan kecenderungan alami setiap orang juga memainkan peran terhadap apakah seseorang akan mengalami hari Minggu yang menakutkan atau tidak.

Lantas, adakah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres di tempat kerja atau ketakukan untuk menyongsong hari kerja?

Berikut 3 hal yang bisa diterapkan saat akhir pekan menurut Valentina:

Lakukan aktivitas positif

Sering bermalas-malasan saat akhir pekan? Jangan lagi, sebab rasa malas akan terbawa hingga hari Senin dan pada akhirnya bikin Anda masih tetap belum siap menghadapi hari kerja.

Agar emosi bisa dikelola dengan baik, cobalah isi akhir pekan dengan aktivitas yang positif, seperti habiskan waktu dengan berkumpul bareng teman atau keluarga. Perlu dipahami, individu dengan ikatan sosial yang kuat di luar pekerjaan pada dasarnya lebih mampu mengatasi stres ketimbang yang tidak.

Baca juga: Penting, ini 7 Tips Cerdas Mengatur Keuangan bagi Para Pekerja Lepas!

Meditasi atau relaksasi

Valentina menuturkan, meditasi atau relaksasi merupakan cara tepat untuk meringankan dan menenangkan saraf-saraf yang sudah terlanjur tegang akibat stres. Selain itu, aktivitas tersebut juga mampu mengontrol emosi serta meningkatkan fokus diri.

Lakukan hal menantang

Melakukan hal yang menantang saat akhir pekan juga bisa membantu Anda untuk mengatasi stres yang dialami di tempat kerja. Dalam hal ini, Anda bisa melakukan hobi atau olahraga yang disuka agar kesehatan tubuh dan mental tetap terjaga. Di sisi lain, aktivitas tersebut juga bisa membuat Anda lebih siap untuk menghadapi hari Senin.

 

Hubungan stres karyawan dan lingkungan kerja yang buruk

Di saat yang sama, Valentina juga menerangkan adanya hubungan antara stres karyawan dengan lingkungan kerja yang tidak baik. Kata dia, selain berpengaruh terhadap kesejahteraan karyawan, stres di tempat kerja juga memengaruhi kinerja organisasi.

“Karyawan yang melaporkan tingkat stres kerja yang tinggi juga mengalami penurunan terhadap komitmen organisasi, kepuasan kerja, kinerja, dan praktik kerja yang ideal. Tak hanya itu, mereka juga mengalami perilaku kontraproduktif yang lebih tinggi bahkan berniat untuk pindah kerja. Intinya, stres kerja yang tidak dikelola dengan baik berpotensi besar merusak fungsi karyawan dan organisasi,” terang dia.

Lantas, apa solusinya?

Diperlukan komitmen dari pemimpin organisasi dan karyawan itu sendiri. Iklim organisasi dan terstrukturnya pekerjaan merupakan kunci utama dari pengalaman stres di tempat kerja. Ada lima pilar untuk menciptakan tempat kerja yang sehat secara psikologis. Di antaranya pengakuan karyawan, pertumbuhan dan perkembangan karyawan, keterlibatan karyawan, kesehatan dan keselamatan, serta keseimbangan kerja-keluarga.

Nah, berhubung esok sudah akhir pekan, tak ada salahnya untuk menerapkan 3 hal tadi guna mengatasi stres saat hari kerja. Sementara itu, hindari pula sederet kegiatan akhir pekan yang bisa bikin pengeluaran jadi membengkak. Selengkapnya, baca: Hati-hati, 4 Kegiatan Akhir Pekan ini Tanpa Disadari Bikin Kantong Jebol!