Blog

Ingin Liburan Seru tanpa Bikin Kantong Jebol? 9 Tips Menyusun Anggaran Liburan Berikut ini Bisa Kamu Contek!

danain-Tips menyusun anggaran liburan dengan cerdas-gambar meja traveller

Tips menyusun anggaran liburan dengan cerdas

Menikmati liburan tanpa masalah keuangan adalah impian semua orang. Dalam kesempatan ini, kami akan menjelaskan tips menyusun anggaran liburan dengan baik menurut ahli keuangan!

Apakah kamu punya rencana untuk liburan dalam waktu dekat ini? Jika ya, penting bagi kamu untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan sangat baik, terutama yang menyangkut anggaran.

Diungkapkan Chris Whitlow, CEO penyedia layanan kesehatan finansial Edukate, hindarilah bertindak sembrono dalam merencanakan anggaran liburan. Menurut dia, tidak mempersiapkan anggaran liburan dengan baik berpotensi besar bikin kantong jadi jebol, bahkan membuat tagihan kartu kredit tumbuh subur di kemudian hari.

Lantas, bagaimana cara menyiasatinya? Berikut kami beberkan 9 tips menyusun anggaran liburan dengan cerdas berdasarkan penuturan Whitlow:

Tetapkan batas anggaran dan patuhi

Tips menyusun anggaran liburan yang pertama adalah dengan menetapkan batas anggaran dan mematuhinya.

Untuk diketahui, pengeluaran saat berlibur tak sekadar hanya membeli hadiah atau oleh-oleh saja, tapi juga melibatkan biaya perjalanan, penginapan, hingga makan. Karena itu, buatlah perencanaan pengeluaran berdasarkan kategori.

Cobalah cari tahu apa saja yang akan kamu keluarkan untuk masing-masing kategori itu. Langkah selanjutnya, patuhi anggaran tersebut dan jangan pernah membelanjakan sesuatu di luar yang sudah direncanakan.

Baca juga: Keren, ini 5 Destinasi Wisata Eksotis di Indonesia yang Wajib Dikunjungi Generasi Milenial!

Hemat mulai sekarang

Mungkin ada biaya tak terduga yang akan kamu keluarkan saat liburan nanti. Bisa untuk oleh-oleh, beli pakaian, atau yang lainnya. Untuk mengakomodir pengeluaran tersebut, kamu bisa melakukan penghematan mulai sekarang.

Kamu punya banyak waktu untuk mempersiapkannya. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan meliputi: menghemat pengeluaran untuk makan, mengurangi aktivitas di akhir pekan, atau hindari sederet pengeluaran yang sifatnya konsumtif.

Selalu gunakan uang tunai

Selama mempersiapkan biaya liburan, cobalah untuk selalu gunakan uang tunai dalam berbagai transaksi yang kamu lakukan. Hindari penggunaan kartu kredit untuk meminimalisir utang.

Gunakan aturan 24 jam sebelum membeli sesuatu

Agar perencanaan liburan berjalan lancar, cobalah untuk gunakan aturan 24 jam sebelum membeli sesuatu. Maksudnya di sini: Jika kamu sedang ingin membeli sesuatu, tunggu hingga hari berikutnya.

Setelah itu, pikirkan lagi apakah barang yang ingin dibeli benar-benar dibutuhkan atau tidak. Jika tidak, sebaiknya jangan dibeli. Langkah tersebut juga ampuh untuk menghemat pengeluaran sebelum liburan.

Baca juga: Hati-hati, 4 Kegiatan Akhir Pekan ini Tanpa Disadari Bikin Kantong Jebol!

Manfaatkan aplikasi belanja

Untuk menghemat pengeluaran sebelum liburan tiba, kamu juga bisa manfaatkan aplikasi belanja yang ada untuk mendapatkan penawaran terbaik ketika berbelanja. Kamu cukup duduk di rumah dan mengecek lewat smartphone tanpa harus pergi dari toko ke toko untuk memeriksa harga. Setelah menemukan harga terbaik, kamu tinggal pesan barang yang ingin dibeli melalui aplikasi tersebut.

Manfaatkan peluang cashback

Saat ini, melakukan pembelanjaan via online lebih menguntungkan ketimbang belanja di toko fisik. Kenapa demikian? Itu karena aplikasi yang ada berlomba-lomba memberikan promo menarik hingga cashback bagi para konsumennya. Ya, kamu bisa manfaatkan peluang itu untuk menghemat pengeluaran.

Hindari toko bermerek saat liburan

Untuk mencegah bengkaknya pengeluaran saat liburan, ada baiknya jika kamu menghindari belanja di toko yang bermerek. Cobalah cari toko lain yang lebih masuk akal untuk kantong atau yang sedang menggelar promo, sehingga keuangan kamu usai liburan tidak berantakan.

Baca juga: Media Sosial Bikin Kaum Milenial Makin Boros, Benarkah? Cek Faktanya di Sini!

Jangan berutang

Tips menyusun anggaran liburan yang selanjutnya adalah jangan pernah berutang!

Hindari memaksakan kehendak untuk menjalani liburan mewah, apalagi sampai berutang. Solusi terbaik, pilihlah destinasi liburan yang memang sesuai kemampuan.

Belanja oleh-oleh dengan bijak

Agar kondisi keuangan tetap stabil saat dan setelah berlibur, cobalah untuk bijak saat membeli oleh-oleh. Poin pentingnya, jangan pernah membeli oleh-oleh untuk diri sendiri ketika tujuan kamu adalah memberikan oleh-oleh itu untuk orang lain. Demikian dilansir Fox Business.

Bagaimana, siap berlibur tanpa bikin kantong jebol?

Leave a Reply