Semua orang di dunia ini tentu ingin meraih kesuksesan, baik itu dalam pendidikan, karier, atau bisnis. Meski demikian, butuh sebuah perjuangan untuk bisa mencapai ke tahap tersebut. Ibarat mendaki gunung, perlu melewati berbagai rintangan sebelum sampai ke puncaknya.

Bicara kesuksesan, ada fakta menarik yang perlu Anda tahu. Ternyata, ada beberapa tanda yang bisa menunjukkan bahwa Anda akan menjadi orang sukses. Sayangnya, tanda-tanda tersebut kerap kali tak disadari karena berbagai alasan.

Berikut 8 tanda yang menunjukkan jika Anda akan jadi orang sukses, menurut penelitian dan pendapat ahli:

Anda selalu cari cara yang lebih baik untuk melakukan sesuatu

Mantan CEO Apple John Sculley mengatakan, sepanjang berkarier, ada satu pertanyaan yang selalu ia lontarkan, yakni “Mengapa itu dilakukan dengan cara ini?”

Pertanyaan tersebut bertujuan untuk memecahkan masalah dengan cara yang belum pernah digunakan sebelumnya.

Sementara menurut profesor pemasaran di New York University’s Stern School of Business Scott Galloway, sifat yang berlawanan dan penolakan terhadap perubahan sejatinya akan menghambat karier seseorang.

Baca juga: Ingin jadi Orang Sukses? 11 Poin ini Wajib Anda Hindari!

“Melawan gelombang perubahan sama halnya ‘menenggelamkan’ diri sendiri. Orang-orang sukses di era digital adalah mereka yang bekerja setiap hari, tak pernah takut perubahan, dan selalu bertanya: Bagaimana jika kita melakukannya dengan cara ini?”

Nah, jika Anda selalu cari cara yang lebih baik untuk melakukan sesuatu, itu merupakan tanda bahwa Anda akan menjadi orang sukses.

Memiliki visi yang ideal

Tanda sukses selanjutnya adalah memiliki visi untuk masa depan. Visi dapat berkembang seiring berjalannya waktu. Meski demikian, Anda tetap harus punya visi yang ideal untuk jangka panjang.

Diungkapkan mantan CEO ReWork Nathaniel Koloc, alih-alih bertanya pada diri sendiri tentang “Pekerjaan apa yang saya inginkan?”, akan lebih baik jika Anda bertanya “Kehidupan apa yang saya inginkan?”

Selalu terbuka terhadap kegagalan

Jika Anda selalu terbuka terhadap kegagalan, itu artinya Anda berpotensi besar untuk menjadi sukses. Galloway memberikan contoh beberapa perusahaan besar yang pernah mengalami kegagalan dalam perjalanannya, seperti Apple, Google, Facebook, dan Amazon. Mereka pun berhasil membuktikan diri untuk bangkit dari kegagalan tersebut.

Baca juga: Ini 3 Mitos tentang Kesuksesan yang Masih Diyakini Banyak Orang, Berhenti Percaya!

Bersedia mengambil risiko

Apakah Anda termasuk orang yang selalu bersedia mengambil risiko dalam kehidupan? Jika ya, kemungkinan besar Anda akan menjadi orang yang sukses!

Perlu Anda tahu, Anda akan sangat sulit menemukan orang sukses di dunia ini yang belum pernah mengambil risiko dalam perjalanan karier mereka.

CEO Amazon Jeff Bezos, misalnya. Orang terkaya di dunia ini sudah sering bicara tentang bagaimana ia memutuskan risiko yang harus dikejar, termasuk saat dirinya menemukan Amazon.

“Saya tahu, ketika saya berusia 80 tahun nanti, saya tak akan menyesal telah mencoba ini. Saya tak pernah menyesal telah berpartisipasi dalam dunia teknologi yang awalnya saya pikir akan menjadi masalah besar. Saya yakin, jika gagal, saya tak akan menyesalinya. Tapi, saya juga tahu bahwa mungkin saya akan menyesal jika sama sekali tidak pernah mencobanya,” ujar Bezos.

Baik kepada semua orang

Tanda lain bahwa Anda akan menjadi orang sukses adalah baik kepada semua orang, bukan hanya pada atasan di tempat kerja. Petinggi Hearst Magazines Joanna Coles menerangkan pentingnya menjaga hubungan baik dengan semua orang.

“Saya selalu berkata kepada kalangan muda bahwa teman sebaya punya pengaruh besar dalam hidup Anda, sebab Anda akan bangkit dan jatuh bersama mereka. Perlu diketahui, saya selalu mendapat pekerjaan melalui ikatan persahabatan,” terangnya seperti dilansir Business Insider.

Baca juga: 3 Rahasia Sukses Warren Buffett dan Charlie Munger, Patut Dicontoh!

Selalu luangkan waktu untuk belajar

Senantiasa meluangkan waktu untuk belajar juga merupakan tanda seseorang akan menjadi sukses. Menurut petinggi General Electric Beth Comstock, mengalokasikan waktu untuk membaca atau meneliti sesuatu sangat ampuh untuk memperluas wawasan Anda.

Selalu menunjukkan rasa terima kasih

Kemungkinan Anda menjadi sukses akan semakin besar jika Anda selalu menunjukkan rasa terima kasih. Perlu dipahami, rasa terima kasih punya manfaat besar bagi hubungan, kesehatan, dan karier Anda.

Doug Conant, seorang pengusaha asal Amerika Serikat, dikenal karena menjadikan rasa terima kasih sebagai strategi penting dalam kepemimpinannya. Selama berkarier, ia diketahui telah mengirim lebih dari 30.000 ucapan terima kasih dalam tulisan tangan kepada staf dan kliennya.

Sementara pebisnis lainnya, seperti John Paul DeJoria juga mempraktikkan hal yang sama, di mana dirinya selalu berterima kasih dalam setiap kesempatan. Menurut kabar, DeJoria selalu mengambil waktu lima menit pertama setiap hari untuk bersyukur atas kehidupan.

Berbelas kasih pada diri sendiri

Tanda yang terakhir adalah berbelas kasih pada diri sendiri. Menurut ahli, belas kasih pada diri sendiri tidak membuat Anda lemah atau tidak ambisius. Sebaliknya, hal itu malah meningkatkan kesempatan Anda untuk sukses.

Direktur sains di Stanford’s Center for Compassion and Altruism Research and Education Emma Seppala merekomendasikan satu strategi untuk melatih Anda berbelas kasih pada diri sendiri. “Perlakukan diri Anda seperti Anda memperlakukan kolega atau teman yang gagal,” ungkapnya.

Itulah 8 tanda yang menunjukkan Anda akan menjadi orang yang sukses. Jika Anda ingin mencapai tahap tersebut, mulailah untuk memaksimalkan sederet tanda tadi mulai saat ini.

Ingat, tak ada kesuksesan yang diperoleh dengan cara instan, termasuk jika ingin sukses berinvestasi. Dalam berinvestasi, Anda perlu memiliki sejumlah karakter untuk menunjangnya. Selengkapnya, baca: Catat, ini 7 Karakter yang Harus Dimiliki jika ingin Sukses Berinvestasi!