Meraih sukses merupakan impian semua orang. Meskipun setiap orang punya penilaian dan standar yang berbeda satu sama lain tentang kesuksesan, namun yang pasti kesuksesan merupakan satu hal yang sangat diidam-idamkan oleh umat manusia.

Kesuksesan sendiri punya arti sangat luas. Ada orang yang ingin sukses di bidang pendidikan, karier, atau dalam bisnis yang digeluti. Tapi, apapun itu, kesuksesan sejatinya tak bisa datang begitu saja. Perlu sebuah perjuangan untuk bisa mencapainya. Ibarat mendaki sebuah gunung, Anda harus melalui berbagai rintangan sebelum bisa sampai ke puncaknya.

Pada dasarnya, kebiasaan yang Anda lakukan sehari-hari punya andil dalam menentukan keberhasilan atau kegagalan dalam hidup. Karenanya, penting bagi Anda untuk mengidentifikasi serta menghindari hal-hal yang bisa menghambat jalan menuju kesuksesan tersebut.

Berikut beberapa hal yang harus Anda hindari jika ingin meraih kesuksesan:

Tidak punya target yang jelas

Kesuksesan bisa dicapai jika Anda punya target yang jelas. Tanpa adanya visi atau misi yang jelas, aktivitas apapun yang Anda lakukan sejatinya tidak akan berjalan dengan baik, sebab Anda sendiri tidak tahu apa tujuan yang ingin dicapai. Setelah menentukan tujuan, cobalah untuk fokus pada tujuan tersebut. Itu merupakan langkah awal yang baik untuk meriah kesuksesan.

Bergaul dengan orang yang punya pengaruh negatif

Untuk meraih kesuksesan, hindarilah bergaul dengan orang yang cenderung berpikiran negatif atau pesimis dalam segala hal. Bergaul dengan orang yang punya sifat seperti itu bukan tak mungkin akan membuat Anda mengikuti cara berpikir mereka. Orang-orang seperti itu juga seringkali tidak mendukung Anda untuk sukses dan terkadang hanya memanfaatkan keadaan saja.

Langkah terbaik, bergaulah dengan orang yang punya pola pikir positif atau cerdas, yang notabene sudah berhasil dalam kehidupannya. Berkumpul dengan orang seperti ini akan memotivasi Anda untuk sukses dan Anda pun bisa belajar banyak hal dari mereka tentang cara menuju sukses.

Tak menghargai waktu

Orang sukses sangat menghargai waktu. Sebaliknya, orang gagal sering membuang-buang waktu untuk hal-hal yang tak bermanfaat. Jika dipikir-pikir, waktu sebenarnya lebih berharga daripada uang. Kenapa? Sebab waktu adalah kehidupan. Tiap kali Anda menghabiskan waktu, itu artinya Anda sedang menghabiskan kehidupan. Jika Anda punya kebiasaan tidak menghargai waktu, jangan harap bisa jadi orang sukses.

Baca juga: Terungkap, Akhir Pekan Orang Sukses Ternyata Seperti ini, Patut Ditiru!

Kerap menunda pekerjaan

“Kerjain besok aja deh”. Ya, itulah kalimat yang sering dilontarkan oleh orang-orang yang tidak sukses dalam kehidupan. Orang seperti itu sering menganggap jika pekerjaan masih bisa diselesaikan esok hari.

Menunda sesuatu pada dasarnya akan membuat pekerjaan jadi terbengkalai, yang pada akhirnya akan memengaruhi rencana yang sudah dibuat. Jika Anda termasuk orang yang suka menunda-nunda pekerjaan, jangan heran jika kesuksesan yang ingin dicapai juga akan ikut tertunda.

Tidak berani ambil risiko dan takut gagal

Jika ingin sukses, hindarilah sikap tidak berani mengambil risiko apalagi takut gagal. Cobalah ambil risiko dengan keluar dari zona nyaman dan melakukan hal baru untuk kemajuan diri. Perlu Anda tahu, berdiam di zona nyaman hanya akan membuat Anda kehilangan kesempatan untuk meraih kesuksesan. Jangan pula takut gagal, sebab kegagalan bisa menjadi guru sekaligus pengalaman yang sangat berharga.

Perfeksionis

Tidak ada yang sempurna di dunia ini. Jika ingin meraih kesuksesan, buanglah jauh-jauh sifat perfeksionis dalam diri Anda. Sifat perfeksionis hanya akan membuat Anda sering merasa kurang percaya diri, ragu terhadap diri sendiri, hingga sulit menerima kesalahan bahkan kegagalan yang mungkin saja bisa terjadi.

Bandingkan diri dengan orang lain

Membanding-bandingkan diri dengan orang lain hanya akan membuang-buang waktu. Sadarilah, setiap orang punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Daripada membandingkan diri dengan orang lain, fokuslah untuk melakukan yang terbaik dalam kehidupan.  Tingkatkan kelebihan yang Anda punya, dan perbaiki kelemahan yang dimiliki. Sudah sepantasnya Anda bersyukur atas apa yang dimiliki saat ini. Tak perlu iri dengan orang lain. Jadikan pengalaman hidup sebagai motivasi untuk meraih kesuksesan.

Sering mengeluh

Sering mengeluh bukan karakteristik orang sukses. Maka dari itu, hindarilah sikap negatif tersebut jika Anda ingin meraih kesuksesan.  Sering mengeluh hanya akan memberikan efek buruk bagi kinerja Anda, baik di tempat kerja maupun di lingkungan pendidikan. Solusi terbaik, fokuslah pada apa yang jadi tanggung jawab Anda. Jika memang rasa bosan atau lelah tengah melanda, cobalah untuk berpikir positif dan selalu bersyukur.

Ambil keputusan tanpa pertimbangan

Kesuksesan akan makin menjauh jika Anda kerap mengambil keputusan tanpa melakukan pertimbangan. Mengambil sebuah keputusan pada dasarnya tak bisa sembarangan. Perlu pertimbangan matang menyoal risiko yang akan terjadi di kemudian hari. Karenanya, penting bagi Anda untuk melakukan pertimbangan sebelum mengambil sebuah keputusan.

Baca juga: Ingin Keluarga Sukses secara Finansial? Ini 7 Langkah Cerdas yang Harus Dilakukan!

Lari dari tanggung jawab

Apakah Anda termasuk orang yang sering lari dari tanggung jawab? Jika ya, jangan heran jika hingga kini Anda belum juga meraih kesuksesan. Kerap lari dari tanggung jawab menunjukkan bahwa mental Anda belum siap untuk jadi orang sukses.

Baperan dan plin-plan

Untuk jadi orang sukses, penting bagi Anda untuk menghindari sifat ‘baper’ (baca: bawa perasaan) sekaligus sikap plin-plan. Orang sukses tidak melibatkan masalah pribadi dalam pekerjaan yang dijalani. Mereka akan objektif dalam pengambilan keputusan. Jika seorang bos atau atasan yang notabene sudah sukses tapi dirinya masih sering ‘baper’ dan sedikit-sedikit sensitif dalam mengambil keputusan, itu artinya ia bukan orang yang profesional. Begitu pun jika orang tersebut plin-plan dalam menjalankan tugas-tugasnya. Orang-orang di sekelilingnya mungkin saja akan menganggap bahwa ia tidak tegas. Tentu saja, tidak tegas bukan termasuk ciri-ciri orang sukses.

Itulah sederet hal yang perlu Anda hindari jika ingin jadi orang sukses. Yang tak kalah penting, usahakan pula untuk menerapkan pola hidup sehat dengan makan makanan bergizi dan rajin olahraga. Kenapa? Sebab tubuh yang sehat merupakan langkah awal untuk menuju sukses. Bayangkan jika Anda tidak memiliki tubuh yang sehat alias sering sakit-sakitan! Anda tentu tak bisa melakukan beragam aktivitas dengan maksimal dan tentu saja kondisi tersebut akan menjauhkan Anda dari kesuksesan.