Dalam menggapai kesuksesan, miliarder kenamaan Warren Buffett ternyata tidak melangkah sendirian. Ia diketahui memiliki sahabat yang juga rekan kerja bernama Charlie Munger.

Mereka berdua telah mengarungi dunia bisnis bersama, selama lebih dari 40 tahun. Kabar yang beredar menyebutkan, kedua investor legendaris tersebut hingga kini masih memiliki rasa hormat dan kekaguman satu sama lain.

Baru-baru ini, Munger mengungkapkan satu fakta menarik tentang Buffett kepada publik. Pria yang juga menjabat sebagai wakil ketua Berkshire Hathaway tersebut mengatakan bahwa ada satu hal dari diri Buffett yang sangat ia kagumi, yakni kemampuannya untuk selalu belajar dan membaca.

“Jika Anda selalu memerhatikan Buffett setiap jamnya, Anda akan selalu melihatnya hanya duduk diam dan membaca,” terang Munger dalam pidatonya di University of Southern California.

Munger menambahkan, hidup tanpa belajar sejatinya akan sia-sia, sebab Anda tak akan pernah mendapatkan apa-apa. “Berkshire Hathaway bisa dibilang salah satu perusahaan investasi jangka panjang terbaik dalam sejarah dunia. Tanpa kebiasaan Buffett yang senantiasa belajar, prestasi tersebut mungkin saja hanya sebuah angan-angan,” jelasnya.

Baca juga: Ingin jadi Orang Sukses? Ini Satu Kemampuan yang Harus Anda Miliki Menurut Warren Buffett!

Meski begitu, fakta lain menyebutkan bahwa ternyata bukan hanya Buffett saja yang ‘gila’ belajar. Munger pun demikian. Hal itu diungkapkan Buffett dalam biografinya yang berjudul “The Snowball: Warren Buffett and the Business of Life.”

Lantas, apa saja yang harus dilakukan jika ingin sukses seperti Warren Buffett dan Charlie Munger? Berikut rahasianya!

Baca dan terus membaca

Munger menuturkan, pengamatannya sejalan dengan apa yang diungkapkan Buffett tentang dirinya. Ia selalu membaca setidaknya 500 halaman dalam sehari.

“Pekerjaan saya saat ini membutuhkan banyak fakta dan informasi. Karena itu, saya harus banyak membaca,” terang Buffett dalam bukunya yang berjudul ”Working Together: Why Great Partnerships Succeed.”

Melatih otak

Ada banyak cara untuk melatih otak Anda. Seperti halnya yang dilakukan oleh Buffett, yakni bermain bridge. Buffett mengklaim jika kebiasaan itulah yang membuatnya masih bisa fokus di usia yang sudah menginjak 88 tahun.

“Saya sering bermain bridge, setidaknya empat kali dalam seminggu dan dua jam setiap sesinya,” ungkap Buffett dalam wawancara dengan The Washington Post.

Bagaimana dengan Munger? Ia mengaku lebih mempraktikkan ‘pemikiran multidisiplin’ yang berarti terus-menerus mempelajari perspektif baru.

Baca juga: Ray Dalio: Orang dengan 3 Kemampuan ini akan Sukses di Masa Depan!

Transfer ilmu kepada orang lain

Sebuah studi yang diterbitkan dalam The Journal of Science Education and Technology tahun 2009 lalu menyebutkan, mengajarkan sesuatu kepada orang lain dapat meningkatkan motivasi untuk belajar. Pribadi yang mendorong dirinya sendiri untuk belajar dengan tujuan mengajarkan orang lain cenderung memiliki komunikasi, kepercayaan diri, dan keterampilan pemimpin yang lebih baik.

Dikatakan Munger, pengorbanan, kebijaksanaan, dan transfer nilai dari satu generasi ke genarasi berikutnya tidak bisa dianggap remeh. Pengetahuan adalah kekuatan, tapi Anda tetap harus belajar menggunakannya.

Sungguh konyol jika menganggap pengetahuan saja akan mengubah Anda menjadi miliarder. Ada banyak faktor lain yang berperan, namun yang paling penting adalah mengambil tindakan.

“Teruslah memotivasi diri sendiri dan jangan pernah berhenti,” saran Munger sebagaimana dilansir CNBC.

Ya, itulah 3 rahasia sukses yang diterapkan oleh Buffett dan sahabatnya. Tentunya setelah ditunjang dengan investasi. Karena itu, jika Anda ingin berhasil seperti mereka berdua, kombinasikanlah investasi dengan tiga hal tadi.

Masih bingung menentukan instrumen investasi yang cocok untuk dijalankan? Berikut kami berikan gambaran jenis-jenis investasi yang bisa dipilih. Baca: Investasi itu Banyak Macamnya, ini 7 Jenis Investasi Paling Populer di Indonesia!