Blog

Macam-macam Modal yang Dibutuhkan dalam Dunia Bisnis

Danain-macam_macam_modal-gambar orang berduit

Macam-macam modal yang perlu kamu tahu

Modal dalam dunia bisnis adalah salah satu aspek terpenting yang harus disiapkan. Namun, tahukah kamu kalau dalam praktiknya, ada macam-macam modal yang diperlukan untuk menjalankan sebuah bisnis?

Istilah modal tentu sudah tidak asing lagi di telinga para pelaku usaha. Di mana dalam masa perintisan awal, modal dibutuhkan untuk memulai perjalanan sebuah bisnis. Tanpa modal yang cukup, akan sulit bagi suatu bisnis untuk berjalan atau bahkan bertahan.

Faktanya, kamu tidak bisa memulai bisnis tanpa modal sepeser pun. Sekecil apapun bisnis yang akan dijalankan, modal menjadi aspek terpenting yang harus dimiliki dan disediakan sedari awal.

Bahkan, meski kamu menjalankan bisnis dropship yang digadang-gadang sebagai salah satu peluang bisnis online tanpa modal, namun secara tidak sadar kamu juga membutuhkan ponsel dan kuota internet untuk memasarkan produk-produk tersebut.

Baca juga: Untung Menjanjikan, 7 Ide Jualan Makanan dengan Modal 20 Ribu Rupiah ini Wajib Banget untuk Kamu Coba!

Maka dari itu, penting bagi para pelaku usaha untuk mengenali macam-macam modal dalam dunia bisnis yang akan mereka selami. Lantas, apa saja sih jenis-jenis modal yang terdapat dalam dunia bisnis?

Macam-macam Modal yang Dibutuhkan dalam Bisnis

1.  Modal investasi

Jenis modal yang pertama ialah modal investasi. Sesuai namanya, modal investasi digunakan untuk menyediakan barang-barang atau keperluan yang memiliki kegunaan untuk jangka panjang bagi perjalanan bisnis itu sendiri.

Salah satu contoh modal investasi yang paling umum adalah penyediaan alat-alat operasional, seperti mesin, peralatan elektronik, tempat usaha dan lain sebagainya. Bisa dibilang, modal jenis ini adalah salah satu yang paling diperlukan, sebab jika tidak, mustahil bagi seorang pelaku usaha dapat menjalankan operasional bisnisnya dengan baik.

2.  Modal kerja

Selanjutnya, ada jenis modal kerja yang dapat didefinisikan sebagai modal khusus untuk membiayai aktivitas harian perusahaan. Sederhananya, modal kerja dapat disebut sebagai budget produksi, di mana keberadaannya harus kamu siapkan setiap hari agar bisnis tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Baca juga: Ingin Pinjam Modal Usaha di P2P Lending? Perhatikan 3 Poin ini Sebelum Mengajukannya!

Modal kerja ini nantinya adalah uang yang akan diputar setiap harinya. Karena bagaimana pun, sebuah bisnis pasti membutuhkan modal harian untuk digunakan. Sifatnya yang hanya digunakan untuk jangka pendek membuat jenis modal satu ini tidak membutuhkan nominal yang besar.

Sebagai contoh, jika kamu memiliki usaha bakso, maka modal kerja yang dimaksud adalah biaya untuk membeli bahan baku setiap harinya. Tanpa modal ini, kamu akan kesulitan untuk memulai aktivitas bisnismu.

3.  Modal operasional

Macam-macam modal yang terakhir adalah modal operasional. Sesuai namanya juga, modal ini digunakan untuk membiayai berbagai macam operasional yang dapat menunjang aktivitas bisnis itu sendiri. Mulai dari biaya utilitas, seperti tagihan listrik, air, internet, gaji karyawan dan lain sebagainya.

Modal jenis ini harus disiapkan dalam jangka panjang. Misalnya, ketika kamu baru merintis sebuah bisnis, maka kamu harus menyiapkan modal ini selama 3 sampai 12 bulan ke depan. Tujuan dari penyiapan modal tersebut adalah agar ketika bisnismu tidak berjalan sesuai ekspektasi, kamu masih bisa membiayai operasional, membayar tagihan, dan menggaji karyawan dengan semestinya.

Baca juga: Butuh Modal Buat Usaha? Sederet Cara Mendapatkan Investor Berikut ini Bisa Kamu Coba!

Selain macam-macam modal yang sudah kami sebutkan di atas, ada lagi modal lain yang harus disiapkan oleh para pelaku bisnis, yakni modal mental, modal relasi, dan modal keahlian.

Modal mental diperlukan untuk menyiapkan dirimu dari berbagai macam risiko yang dapat menimpa aktivitas bisnis, modal relasi bisa digunakan untuk memperluas dan menjalin kerja sama, sementara modal keahlian diperlukan agar bisnis yang dijalankan dapat terus berkembang.

Leave a Reply