Blog

7 Tips Menabung untuk Pelajar yang Mudah dan Efektif, Benar-benar Ampuh!

danain-Tips menabung untuk pelajar-gambar lembaran uang rupiah

Tips menabung untuk pelajar

Kebiasaan menabung perlu dilakukan oleh siapapun, termasuk pelajar. Lantas, apa saja tips menabung untuk pelajar?

Menabung adalah salah satu metode penyimpanan uang yang direkomendasikan bagi setiap individu. Dengan menabung, seseorang bisa menyisihkan sebagian uangnya untuk mewujudkan tujuan finansial tertentu.

Selama ini, kegiatan menabung cukup identik dengan orang yang sudah punya gaji atau penghasilan. Namun demikian, tak sedikit pula kalangan pelajar yang ingin menerapkan aktivitas tersebut dalam kehidupannya

Biasanya, para pelajar menabung dengan cara menyisihkan sebagian uang jajan yang diberikan orang tuanya. Selain itu, ada pula yang menyisihkannya dari penghasilan yang didapat dari bekerja lepas, magang, dan lain sebagainya.

Baca juga: Ampuh Banget, ini Cara Menabung 10 Juta dalam 6 Bulan yang Bisa Ditiru!

Nah, dalam kesempatan ini, kami akan membeberkan tips menabung untuk pelajar yang mudah dan efektif. Berikut ulasannya, seperti dikutip dari laman IDN Times:

Tetapkan tujuan menabung

Sebelum menabung, tentukanlah tujuan yang ingin dicapai. Saat kamu punya sebuah target, maka kamu akan makin termotivasi untuk menabung. Beda halnya jika kamu tak punya target yang ingin dicapai, kemungkinan besar kamu akan malas menjalaninya.

Dalam konteks ini, kamu bisa tetapkan tujuan menabung (misal) untuk membeli sepatu, baju, atau laptop baru. Dengan begitu, kamu tak akan mudah tergoda memakai uang tabungan untuk hal-hal yang lain.

Sisihkan uang saku

Orang tua akan memberikan uang jajan kepada anaknya dengan beragam cara. Ada yang bulanan, mingguan, atau harian. Apapun itu, sebagai pihak penerima, ada baiknya untuk menyisihkan uang saku sebelum digunakan.

Kamu bisa sisihkan 10-20 persen uang saku yang didapat agar tabungan cepat terkumpul. Dengan menyisihkan uang saku untuk menabung di awal, kamu akan lebih leluasa dalam memakai uang yang tersisa.

Buat tabel tabungan

Kamu bisa buat tabel tabungan harian untuk membantu kedisiplinan dalam menabung. Tips menabung untuk pelajar satu ini cukup efektif, sebab kamu bisa melacak progres tabungan secara tertulis.

Baca juga: Tips Mengatur Keuangan saat Wabah Covid-19, Berhenti Menabung!

Tak perlu dimulai dengan nominal besar, kamu bisa memulainya dari jumlah yang terkecil. Misal, pada minggu pertama, kamu menabung Rp 5 ribu setiap hari. Setelah itu, kamu bisa menaikkan jadi Rp 7 ribu per hari pada minggu kedua dan seterusnya.

Intinya, sesuaikanlah dengan kemampuan yang dimiliki. Perlahan tapi pasti, uang tabungan kamu niscaya akan terkumpul.

Pikirkan dengan matang sebelum membeli sesuatu

Sebagai pelajar, kamu tentu sudah bisa membedakan barang mana yang perlu dibeli dan yang tidak. Jika ingin sukses dalam menabung, cobalah untuk tak membeli barang-barang yang sekiranya belum dibutuhkan.

Pertimbangkan secara matang sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu. Jangan sampai malah menyesal sudah menghabiskan uang tabungan untuk hal-hal yang sebenarnya tidak bermanfaat.

Kurangi nongkrong

Nongkrong bareng teman seolah jadi suatu keharusan bagi pelajar. Memang, tak ada yang salah dengan hal itu. Namun demikian, kamu harus mulai membatasi kegiatan tersebut jika ingin sukses dalam menabung. Kuncinya, usahakan untuk tidak terlalu boros jika memang ingin hangout bareng teman.

Bawa makan dan minum dari rumah

Jangan pernah malu untuk membawa bekal dari rumah saat ke sekolah. Dengan cara tersebut, kamu bisa mengalokasikan uang saku yang dimiliki untuk ditabung.

Baca juga: Miliarder Muda Tanner Chidester: Menabung adalah Cara Lambat Menuju Kaya!

Anggap menabung sebagai kewajiban

Tips menabung untuk pelajar yang terakhir adalah anggap menabung sebagai kewajiban. Cara ini bisa mendorong kamu untuk lebih rajin menabung setiap harinya.

Ya, itulah tips menabung untuk pelajar yang bisa diterapkan. Satu hal yang tak kalah penting, kamu harus konsisten dalam menjalankannya!

Leave a Reply