Blog

Perhatikan Baik-baik, 7 Tips Jualan Online ini Sangat Penting untuk Pemula!

Danain-tips_jualan_online_bagi_pemula-gambar komputer

Tips jualan online untuk pemula agar bisa sukses

 Punya rencana untuk berjualan di dunia maya? Jika ya, sederet tips jualan online ini sangat wajib untuk kamu simak!

Di zaman yang serba canggih seperti saat ini, hampir seluruh aktivitas masyarakat mulai beralih ke arah digital, tak terkecuali di sektor bisnis. Fakta di lapangan menyebutkan bahwa banyak pelaku usaha, baik yang berskala kecil atau besar, mulai memanfaatkan dunia maya untuk meningkatkan penjualannya.

Nah, buat kamu yang berencana untuk terjun di dunia bisnis online dalam waktu dekat ini, ada beberapa hal penting yang sejatinya perlu diketahui. Pada prinsipnya, meski berjualan online terlihat lebih mudah dan menguntungkan, namun ada tantangan tersendiri di balik semua itu.

Berikut kami beberkan 7 tips jualan online bagi pemula agar bisa sukses, seperti dikutip dari laman Detik.com!

Pahami strategi SEO

Agar transaksi di online shop-mu bisa meningkat dari waktu ke waktu, kamu harus pandai memanfaatkan teknologi, salah satunya adalah terkait Search Engine Optimization (SEO). Dengan menguasai strategi tersebut, produk yang kamu jual akan sering muncul pada halaman depan di mesin pencarian.

Itulah tips jualan online bagi pemula yang pertama!

Baca juga: Sederet Bisnis Unik yang Menguntungkan ini Patut Banget untuk Dicoba, Hasilnya Nggak Main-main!

Pilih platform jualan yang tepat

  • commerce adalah tempat kamu berjualan. Masing-masing e-commerce punya karakteristik tersendiri, sehingga kamu harus mempelajari kelebihan dan kekurangannya terlebih dulu sebelum menggunakannya. Singkat kata, pilihlah platform jualan yang tepat dan mudah digunakan.

Perhatikan aspek keamanan

Saat berniaga di dunia maya, aspek keamanan adalah hal penting yang harus diperhatikan, baik keamanan dalam hal pembayaran maupun keamanan data konsumen. Dengan situs yang aman dan terpercaya, para pelanggan pun akan merasa nyaman saat berbelanja di toko online-mu.

Jual produk yang banyak dibutuhkan

Tips jualan online yang berikutnya, cobalah untuk menjual produk-produk yang memang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Di masa pandemi seperti sekarang, misalnya. Kamu bisa menjual masker, alat kesehatan, atau vitamin di toko online-mu.

Baca juga: Tambah Penghasilan, ini Sederet Bisnis Kecil-kecilan yang Bisa Kamu Coba!

Oh ya, karena banyak kompetitor yang juga menjual produk serupa, ciptakanlah sesuatu yang berbeda guna menarik minat konsumen. Contoh, kamu bisa menjual masker antibakteri berdesain unik yang mudah dipakai.

Layani konsumen dengan baik

Pelayanan maksimal adalah hal penting yang harus diberikan kepada konsumen. Dalam konteks ini, kamu wajib memberikan informasi detail terkait produk yang dijual, sehingga pelanggan bisa dengan mudah melakukan pembelian. Dengan menerapkan langkah tersebut, toko online-mu akan lebih dipercaya, sebab para konsumen selalu memberikan testimoni yang bagus kepada tokomu.

Berikan promo

Tak dipungkiri, setiap pelanggan akan sangat suka dengan promo yang diberikan oleh pihak penjual. Di saat bersamaan, strategi promo juga bisa meningkatkan transaksi penjualanmu seiring berjalannya waktu. Meski begitu, lakukanlah perhitungan yang tepat sebelum menerapkan promo kepada konsumen. Jangan sampai kamu malah mengalami kerugian gara-gara memainkan strategi tersebut.

Baca juga: Berbisnis Tanpa Modal, Memang Bisa? Ini Kuncinya!

Lakukan evaluasi secara berkala

Tips jualan online yang terakhir, lakukanlah evaluasi bisnis secara berkala dengan konsisten. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan yang timbul selama proses bisnis berlangsung. Seiring dengan hal itu, kamu juga bisa mengubah strategi bisnis yang ada jika ditemukan hasil evaluasi yang kurang memuaskan dalam perjalanannya.

Ya, itulah sederet tips jualan online bagi pemula yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply