Menjadi kaya adalah impian semua orang. Akan tetapi, tak semudah membalikkan telapak tangan untuk bisa mewujudkannya.

Kamu tak pernah terlalu tua untuk mulai membangun kekayaan. Namun, jika kamu memulainya ketika masih muda, kamu punya potensi jauh lebih besar untuk mengumpulkan kekayaan. Tak hanya itu, kamu juga punya lebih banyak waktu untuk membiarkan kekayaan tersebut terus meningkat seiring bertambahnya usia.

Meski demikian, hidup di usia 20-an bukan berarti tak punya tantangan. Kamu mungkin memiliki utang, karier yang kurang cemerlang, hingga sederet hal lain yang mungkin saja menghambat kamu untuk meraih kekayaan.

Lalu, adakah cara cerdas untuk bisa kaya di usia 20 atau 30-an?

Ingat, tak ada yang mustahil di dunia ini. Berikut 7 strategi yang bisa kamu terapkan untuk jadi kaya di usia muda, sebagaimana dilansir Inc.com:

Jangan pernah menunda-nunda

‘Kebodohan’ di masa muda adalah percaya bahwa selalu ada waktu untuk segala hal, termasuk meraih kekayaan. Kaum muda sering beranggapan, menyiapkan dana pensiun atau membangun kekayaan adalah suatu hal yang akan datang kemudian dalam kehidupan. Mereka lebih mementingkan kesibukan saat ini.

Yang disayangkan, hal seperti ini mengarah pada siklus menunda-nunda. “Oh, saya harus melakukannya bulan depan. Bulan demi bulan, hingga akhirnya menyadari bahwa kamu telah melewatkan satu dekade begitu saja.”

Jika ingin kaya, kamu harus berhenti menunda-nunda. Lakukan investasi dan menabung sesegera mungkin. Makin lama kamu menundanya, makin sedikit pula keuntungan yang kamu dapat di kemudian hari.

Hasilkan lebih banyak uang

Jangan harap ada sebuah sihir yang bisa membawa kamu pada kekayaan. Itu mustahil. Ketahuilah, prinsip dasar dari meraih kekayaan sangat sederhana: Hasilkan lebih banyak dari yang dibelanjakan dan gunakan kelebihannya untuk berinvestasi.

Cara berinvestasi terserah kamu, yang jelas bisa hasilkan lebih banyak uang di masa depan. Kamu bisa contek cara satu ini: Jadi Kaya Raya melalui P2P Lending, Memang Bisa? Cek Jawabannya di Sini!

Intinya, untuk mencapai kekayaan, kamu harus hasilkan lebih banyak uang, tekan pengeluaran, dan berinvestasi dengan bijak.

Investasikan dirimu

Dirimu adalah sumber daya terbaik untuk mengumpulkan kekayaan. Karenanya, berinvestasilah pada diri sendiri. Habiskan lebih banyak waktu untuk pendidikan, menyempurnakan keahlian, dan menemui lebih banyak orang yang mungkin bisa membantu kamu mencapai tujuan.

Semakin terdidik, terampil, berpengalaman, dan banyak koneksi, maka makin besar pula peluang berharga yang bisa kamu dapatkan. Mulai dari gaji yang lebih tinggi dan lebih banyak pilihan di masa depan. Keduanya akan sangat membantu kamu membangun fondasi keuangan yang lebih kuat.

Baca juga: Mau jadi Kaya di Tahun 2020? Terapkan 5 Gaya Hidup ini Secara Konsisten!

Buat anggaran

Ingat poin 2: Hasilkan lebih banyak uang, belanjakan sedikit, dan investasikan dengan bijak. Dalam hal ini, buatlah anggaran terperinci berdasarkan proyeksi pendapatan dan pengeluaran saat ini. Tetapkan batasan pasti untuk pengeluaran dan perhatikan dengan cermat ke mana sebagian besar uang kamu pergi. Kamu mungkin akan terkejut pada sejumlah area di mana kamu menghabiskan uang paling banyak. Usai diidentifikasi, kamu bisa mulai memperbaiki anggaran untuk menekan pengeluaran dan menyalurkan sisanya ke program tabungan atau investasi.

Bayar utangmu

Sebelum menabung dan berinvestasi secara teratur, akan lebih baik jika kamu melunasi utang yang selama ini mengganjal, seperti utang kartu kredit atau cicilan kendaraan. Jangan biarkan masalah ini menggerogoti potensi kamu untuk menjadi kaya. Jadikan ini prioritas utama dalam mengelola finansial.

Ambil risiko

Kamu masih muda, masih banyak waktu yang kamu punya. Sekarang saatnya mengambil risiko dalam berinvestasi. Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk berhenti dari pekerjaan dan mulai bisnis sendiri. Ikuti usaha baru dan peluang baru.

Kebanyakan orang kaya akan memberi tahu bahwa salah satu kunci sukses mereka adalah mengambil risiko yang sudah diperhitungkan. Mungkin akan tidak nyaman, tapi hal itu bisa dipertimbangkan.

Baca juga: Miliarder Muda Tanner Chidester: Menabung adalah Cara Lambat Menuju Kaya!

Diversifikasi

Selain berani ambil risiko, penting juga bagi kamu melakukan diversifikasi untuk meminimalisir risiko tersebut. Jangan hanya membangun satu set keterampilan atau koneksi profesional. Jangan pula mengandalkan satu jenis investasi atau mempertaruhkan seluruh tabungan pada satu jenis usaha.

Cobalah mengatur beberapa aliran pendapatan, buat beberapa rencana cadangan untuk tujuan dan bisnis kamu, serta cari peluang baru seluas-luasnya. Hal ini akan melindungi kamu dari kerugian akibat bencana dan bisa meningkatkan peluang kamu untuk meraih keuntungan besar di salah satu jenis usaha.

 

Ya, itulah 7 rahasia jika ingin kaya di usia 20-an. Dengan menerapkannya secara konsisten, kamu bisa mulai mengumpulkan kekayaan di mana pun kamu berada. Jika kamu melakukannya lebih awal, kamu telah menyiapkan diri untuk meraih kesuksesan finansial besar-besaran di kemudian hari.