Blog

Benar-benar Ampuh, ini 7 Cara Meningkatkan Daya Ingat yang Perlu Kamu Tahu!

Danain-cara_meningkatkan_daya_ingat-gambar puzzle

Cara meningkatkan daya ingat dengan mudah

Seiring bertambahnya usia, kemampuan seseorang untuk mengingat dan konsentrasi bisa saja jadi menurun. Berikut kami bocorkan 7 cara meningkatkan daya ingat dengan cepat dan mudah.

Menurunnya daya ingat merupakan hal yang wajar dan setiap orang pasti akan mengalaminya dalam kehidupan. Meski begitu, bukan berarti kamu harus pasrah begitu saja dengan kondisi tersebut.

Perlu kamu tahu, ada sejumlah cara yang bisa diterapkan untuk melatih ketajaman berpikir dan kemampuan mengingat seseorang. Menariknya, cara-cara tersebut bisa dilakukan dari rumah dengan anggaran yang tak terlalu besar.

Langsung saja, berikut 7 cara meningkatkan daya ingat dengan mudah, seperti dikutip dari berbagai sumber:

Kurangi konsumsi gula

Cara meningkatkan daya ingat yang pertama adalah dengan mengurangi konsumsi gula harian secara teratur. Sekadar informasi, makan terlalu banyak gula telah lama dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan dan penyakit kronis, salah satunya penurunan fungsi kognitif.

Baca juga: Dari Ratusan Ribu hingga Jutaan Rupiah, inilah Biaya Cabut Gigi di Fasilitas Kesehatan!

Sebuah penelitian terhadap lebih dari 4.000 orang bahkan menemukan fakta bahwa mereka yang gemar mengonsumsi minuman manis punya volume otak lebih kecil dan ingatan yang lebih buruk ketimbang orang yang mengonsumsi sedikit soda. Karena itu, kamu disarankan untuk mengurangi asupan gula harian demi meningkatkan daya ingat dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Konsumsi minyak ikan

Minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3 eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA). Lemak tersebut sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan dan telah terbukti ampuh dalam menurunkan risiko penyakit jantung, menurunkan peradangan, menghilangkan stres, dan memperlambat penurunan mental. Sejumlah riset telah menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi minyak ikan bisa meningkatkan daya ingat, terutama pada orang tua.

Istirahat yang cukup

Tahukah kamu bahwa tidur pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi bisa membantu kamu dalam meningkatkan daya ingat? Setidaknya, itulah yang berhasil diungkap oleh para peneliti!

Baca juga: Simak, ini Cara Mengecek Tagihan BPJS Kesehatan Tanpa Ribet!

Untuk diketahui, pola tidur memainkan peran penting dalam konsolidasi memori, sebuah proses di mana ingatan jangka pendek akan diperkuat dan diubah menjadi ingatan jangka panjang. Poin penting yang harus kamu ingat, kurang tidur berpotensi besar memperburuk kondisi memori.

Lakukan senam otak

Cara meningkatkan daya ingat yang selanjutnya adalah dengan rutin melakukan senam otak. Sejumlah langkah yang bisa kamu terapkan antara lain dengan mengisi teka-teki silang, bermain puzzle, rajin membaca, bermain catur, menghafal gambar, hingga memainkan alat musik.

Kontrol berat badan

Daya ingat juga bisa meningkat apabila kamu mampu mempertahankan berat badan yang ideal. Sejumlah penelitian telah menetapkan bahwa obesitas menjadi salah satu faktor pemicu turunnya fungsi kognitif pada diri seseorang. Di saat bersamaan, kelebihan berat badan juga bisa menyebabkan resistensi insulin dan peradangan, di mana keduanya punya dampak negatif pada kondisi otak.

Meditasi

Untuk meningkatkan daya ingat, kamu juga bisa melakukan meditasi secara teratur. Riset menunjukkan bahwa aktivitas meditasi bisa meningkatkan beberapa fungsi kognitif, seperti fokus, konsentrasi, memori, dan pembelajaran.

Baca juga: Cek Nih, Biaya Tambal Gigi di Fasilitas Kesehatan!

Di sisi lain, teknik meditasi juga mampu memperbaiki otak dan mendorong lebih banyak lagi koneksi antara sel-sel di otak. Adapun menurut jurnal ilmiah, meditasi terbukti ampuh dalam meningkatkan memori jangka pendek pada orang-orang dari segala usia.

Olahraga secara teratur

Cara meningkatkan daya ingat yang terakhir adalah dengan berolahraga secara rutin. Perlu diketahui, olahraga yang teratur diklaim punya banyak manfaat untuk kesehatan otak, seperti mampu meningkatkan suplai darah ke otak, mengurangi peradangan, mendorong perkembangan sel saraf baru, hingga mengurangi resistensi insulin.

Ahli menyarankan untuk melakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki, lari, atau berenang secara rutin dan konsisten. Waktu yang direkomendasikan adalah kurang lebih 30 menit setiap harinya.

Bagaimana, tertarik menerapkan sederet cara meningkatkan daya ingat di atas?

Leave a Reply