Blog

Dari Ratusan Ribu hingga Jutaan Rupiah, inilah Biaya Cabut Gigi di Fasilitas Kesehatan!

Danain-Biaya_cabut_gigi-gambar orang cabut gigi

Biaya cabut gigi di fasilitas kesehatan

Biaya cabut gigi bisa berbeda satu sama lain, tergantung pada kondisi gigi, jumlah gigi yang dicabut, dan di mana kamu melakukannya. Berikut ulasan lengkap mengenai tindakan cabut gigi!

Seperti yang kita tahu, cabut gigi merupakan sebuah tindakan medis untuk mengeluarkan gigi dari gusi. Prosedur ini biasanya dilakukan ketika gigi sudah rusak parah (karena berlubang atau terbentur) atau untuk keperluan perawatan behel. Pada umumnya, dokter gigi akan memberikan bius lokal untuk mengurangi rasa sakit saat melakukan pencabutan.

Lantas, berapakah biaya cabut gigi di fasilitas kesehatan?

Sebelum mengulas tentang biaya pencabutan gigi di fasilitas kesehatan, ada baiknya jika kita membahas seluk-beluk proses pencabutan gigi dari awal hingga akhir. Berikut ulasan lengkapnya, seperti dikutip dari laman sehatq.com.

Ahli kesehatan mengatakan, tindakan cabut gigi baru akan dilakukan jika seseorang mengalami beberapa kondisi sebagai berikut:

Gigi berlubang dan sarafnya sudah mati

Infeksi bakteri menyebabkan gigi jadi berlubang. Kalau tak dirawat dengan segera, maka infeksi akan terus meluas ke lapisan gigi paling dalam dan akhirnya menyebabkan kematian pada saraf gigi. Jika itu terjadi dan gigi tak bisa lagi dirawat dengan perawatan saluran akar, maka mau tak mau tindakan cabut gigi harus dilakukan.

Baca juga: Cek Nih, Biaya Tambal Gigi di Fasilitas Kesehatan!

Gigi berantakan

Jika susunan gigi berantakan, dokter gigi biasanya akan menyarankan untuk melakukan pencabutan gigi sebagai bentuk perawatan. Pencabutan ini bertujuan agar rahang punya cukup ruang untuk bergeser, sehingga bisa dipasangi kawat gigi.

Berisiko infeksi

Ada beberapa orang yang sangat rentan terkena infeksi. Misalnya, saat sedang menjalani kemoterapi. Nah, untuk mengindari risiko dari gigi yang berlubang, tindakan pencabutan gigi bisa dilakukan sebagai jalan keluar.

Penyakit gusi parah

Penyakit gusi yang parah dapat menyebabkan gigi jadi tidak berfungsi secara optimal. Jika seseorang mengalami masalah ini, dokter gigi biasanya akan menyarankan untuk mencabut gigi.

Baca juga: Berapa Sih Biaya Operasi Usus Buntu? Simak Besarannya di Sini!

Lebih lanjut, sebelum tindakan pencabutan gigi dilakukan, dokter gigi umumnya akan memeriksa riwayat kesehatan pasien secara keseluruhan. Dokter akan memeriksa tekanan darah, detak jantung, hingga suhu tubuh. Selain itu, dokter juga akan menanyakan riwayat penyakit yang pernah atau sedang diderita, mulai dari diabetes, jantung, hati, gangguan ginjal, dan lain sebagainya.

Nah, jika kondisi tubuh dianggap sehat secara medis, barulah dokter menjalankan prosedur pencabutan, dalam hal ini memberikan bius lokal di area gigi yang akan dicabut. Setelah bagian lidah, gusi, dan bibir mulai mati rasa, dokter pun akan memulai proses pencabutan secara perlahan.

Sementara itu, usai gigi berhasil dicabut, ada beberapa instruksi yang perlu dipatuhi oleh si pasien agar penyembuhan dapat berlangsung cepat. Di antaranya meliputi, hindari konsumsi makanan dan minuman panas, jangan merokok, sikat gigi dengan perlahan, hingga perbanyak minum air es untuk mempercepat pembekuan darah.

Baca juga: Cek Nih, Harga Pemasangan Behel dari yang Termurah Sampai Termahal!

Adapun risiko yang bisa timbul akibat pencabutan gigi antara lain: pembengkakan, pendarahan, dry socket, hingga infeksi. Karena itu, penting bagi kamu untuk berpikir matang sebelum menjalani tindakan medis satu ini.

Biaya cabut gigi di fasilitas kesehatan

Pada umumnya, biaya cabut gigi akan berbeda di setiap fasilitas kesehatan. Besarnya biaya juga akan dipengaruhi oleh tingkat kesulitan pencabutan dan lokasi fasilitas kesehatan yang dikunjungi.

Sebagai gambaran, biaya cabut gigi di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya berada di kisaran Rp 300 ribu – Rp 500 ribu untuk pencabutan gigi dengan kasus yang sederhana. Sementara itu, untuk pencabutan gigi dengan faktor penyulit, seperti posisi gigi yang miring, ada penyakit bawaan, atau ada kista di gusi, maka biayanya akan lebih mahal, bisa sampai jutaan rupiah.

Di sisi lain, kamu juga bisa manfaatkan fasilitas BPJS Kesehatan untuk melakukan pencabutan gigi secara gratis. Meski begitu, hanya pencabutan gigi tanpa penyulit saja yang ditanggung oleh pelayanan ini.

Ya, itulah seluk-beluk pencabutan gigi dan biaya cabut gigi yang perlu kamu tahu. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply