Menghabiskan waktu bersama orang yang dicintai memang menyenangkan. Hidup terasa begitu bahagia dan berbanding terbalik dengan nasib para jomblo di luar sana yang kerap mengeluhkan rasa sepinya di media sosial.

Meski demikian, momen bahagia tersebut ternyata menyimpan satu masalah yang cukup menakutkan, yakni terkait kondisi finansial. Atas nama cinta, seseorang biasanya rela melakukan apapun demi bisa membuat pasangannya senang, sampai-sampai ada orang yang sama sekali tak mempedulikan kesehatan finansialnya.

Nah, dalam kesempatan ini, kami ingin membeberkan sejumlah fakta pacaran yang sejatinya bisa merusak kondisi keuangan. Perlu dipahami, ini berlaku untuk kedua belah pihak, pria dan wanita.

Berikut 5 gaya pacaran yang berpotensi besar bikin kantong  jadi jebol:

Malam Minggu jadi agenda wajib

Bermalam Minggu dengan kekasih memang bisa menyegarkan pikiran setelah berhari-hari berkutat dengan pekerjaan. Akan tetapi, kamu juga perlu waspada dengan hal itu. Pasalnya, menjadikan malam Minggu sebagai agenda wajib bisa jadi bencana bagi kehidupan finansial.

Bayangkan, berapa banyak uang yang kamu habiskan dalam sebulan untuk nonton atau hangout di berbagai tempat saat malam Minggu!

Ketimbang menghamburkan uang untuk aktivitas tersebut, akan lebih baik jika kamu berdua bermalam Minggu di rumah dengan nonton film. Selain menghemat pengeluaran, kamu juga bisa makin dekat dengan calon mertua.

Baca juga: Media Sosial Bikin Kaum Milenial Makin Boros, Benarkah? Cek Faktanya di Sini!

Kerap makan di resto mewah

Keluar bareng pasangan tanpa makan di suatu tempat rasanya kurang lengkap. Bahkan, ada pasangan yang rela merogoh kocek dalam demi bisa makan di resto mewah. Selain karena makanannya yang enak, ada pula pasangan yang memutuskan makan di tempat mahal tersebut dengan alasan untuk pamer di media sosial.

Jika kamu salah satunya, sebaiknya tinggalkan kebiasaan tersebut mulai saat ini. Akan lebih baik jika kamu memilih tempat makan dengan harga bersahabat guna menekan pengeluaran.

Terlalu sering jalan-jalan

Apakah kamu termasuk orang yang selalu mengajak pacar untuk jalan setiap hari? Jika ya, segera hentikan kebiasaan tersebut!

Perlu dipahami, terlalu sering jalan akan menyebabkan kantong kamu jadi jebol. Bukan hanya untuk makan atau beli jajanan, tapi juga untuk pengeluaran lain yang seringkali tak disadari, yakni biaya bensin hingga parkir.

Selalu bayari pacar dan beri hadiah mahal

Saat berpacaran, ada saja pihak (pria atau wanita) yang selalu membayari pasangannya dalam berbagai kesempatan, baik itu ketika makan, nonton, atau ngopi. Bahkan, ada pula yang kerap memberikan hadiah mahal demi bisa membahagiakan sang pujaan hati.

Baca juga: Uang Bulanan Selalu Habis Padahal Tidak Boros? Waspadai Latte Factor Anda!

Perlu kamu tahu, perilaku seperti itu bisa berdampak buruk bagi kondisi finansialmu. Solusi terbaik, cobalah untuk saling bergantian atau patungan ketika membayar sesuatu saat sedang pacaran di luar. Selain itu, hindari pula memberikan pasangan hadiah mahal secara berlebihan.

Terlalu posesif

Kamu mungkin bertanya-tanya, apa hubungan terlalu posesif dengan dompet tipis?

Pada dasarnya, sifat posesif dimiliki oleh setiap orang, baik pria maupun wanita. Sifat ini secara umum bisa diartikan sebagai rasa memiliki yang sangat berlebihan, sehingga salah satu pasangan harus sering memberi kabar, agar tak muncul rasa curiga yang bisa berujung pada pertengkaran.

Dalam hal ini, memberi kabar pada pasangan tentu saja butuh biaya, baik itu internet, pulsa telepon, atau SMS. Kendati biayanya tak terlalu signifikan, tetap saja hal tersebut akan membuat dompet tipis secara perlahan.

 

Itulah sederet gaya pacaran yang bisa bikin keuanganmu berantakan, sehingga wajib dihindari. Ke depan, alangkah baiknya jika kamu dan pasangan bisa lebih bijak dalam mengelola finansial.

Ketimbang menghabiskan uang untuk sederet hal di atas tadi, tak ada salahnya jika kamu dan si dia berkomitmen untuk mengalokasikan dana yang ada untuk investasi. Dengan berinvestasi, kamu bisa mempersiapkan biaya pernikahan yang makin hari makin melambung tinggi. Selengkapnya, baca: Jangan Menabung, Ini Cara Paling Ampuh untuk Persiapkan Biaya Nikah yang Makin Mahal!