Blog

6 Komoditas Ekspor Indonesia yang Paling Besar Nilainya

danain-Ekspor Indonesia yang paling besar nilainya-gambar kelapa sawit

Ekspor Indonesia yang paling besar nilainya

Penasaran, apa saja komoditas ekspor Indonesia yang paling besar nilainya? Pada artikel berikut, kami akan memberikan informasi lengkapnya!

Sudah bukan rahasia lagi jika Indonesia menjadi salah satu negara dengan kekayaan sumber daya alam yang melimpah. Bahkan, di setiap daerah memiliki ciri khas sumber daya alamnya tersendiri yang tak dimiliki di daerah lain.

Tak heran jika bangsa kita mengandalkan pengelolaan sumber daya alam tersebut menjadi salah satu penggerak roda ekonomi sekaligus penyumbang devisa terbesar bagi negara.

Nah, dalam praktiknya, terdapat beberapa komoditas ekspor Indonesia yang memiliki nilai besar. Apa saja itu?

  1. Minyak kelapa sawit

Komoditas ekspor Indonesia yang paling besar nilainya pertama adalah minyak kelapa sawit. Pada tahun 2021 kemarin saja, nilai ekspor komoditas yang satu ini mencapai USD 28,52 miliar.

Bisa dibilang, Indonesia menjadi salah satu negara penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia dengan 54% pangsa pasarnya dikuasai oleh negara kita.

Baca juga: Nggak Banyak yang Tahu, Segini Lho Gaji Tukang Parkir Pesawat per Bulan di Indonesia!

  1. Briket batubara

Selanjutnya ada briket batubara yang juga menjadi salah satu komoditas terbesar bagi bangsa Indonesia. Berdasarkan data tahun 2021 kemarin, total nilai ekspor batu bara kita mengalami peningkatan mencapai 82% dari tahun sebelumnya.

Di mana pada tahun 2020 lalu, nilai ekspor komoditas batubara hanya mencapai USD 14,53 miliar, namun di tahun 2021 meningkat di angka USD 26,54 miliar. Setidaknya, 8% dari total ekspor negara didominasi oleh komoditas batubara.

  1. Emas

Lalu, tak lupa juga ada komoditas emas di Indonesia yang juga berkontribusi besar dalam pertumbuhan ekonomi bangsa.

Sebagai informasi, Indonesia menempati posisi 10 besar negara penghasil emas terbesar di dunia. Mengingat kita memiliki salah satu tambang emas terbesar yang terletak di Papua dan dikelola oleh PT Freeport Indonesia.

Baca juga: 10 Masalah Pendidikan di Indonesia, Apa Saja?

  1. Gas

Pada tahun 2021 lalu, ekspor komoditas gas Indonesia juga mengalami peningkatan dan menunjukkan kinerja yang positif. Di mana persentase peningkatannya mencapai 38% dari tahun sebelumnya.

Dalam hal ini, negara yang menjadi tujuan ekspor Indonesia paling banyak adalah Singapura, dengan total volume 6,2 juta ton gas sepanjang tahun 2021 dan valuasi nilai USD 2,7 miliar.

  1. Karet

Lanjut ada komoditas karet yang juga menjadi salah satu penyumbang devisa negara terbesar.

Meski sempat mengalami penurunan nilai ekspor pada tahun 2020 lalu, namun berdasarkan data terbaru yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021, tercatat tren yang positif terhadap kenaikan jumlah transaksi ekspor komoditas karet.

Di mana pada tahun sebelumnya, nilai ekspor komoditas karet hanya mencapai USD 5,6 miliar, namun kini dapat menembus angka USD 7,10 miliar.

  1. Besi baja

Berikutnya, ekspor Indonesia yang paling besar nilainya adalah komoditas besi dan baja. Tercatat di tahun 2021 kemarin, nilai ekspor komoditas ini mencapai USD 21,47 miliar atau setara dengan Rp 307 triliun.

Angka tersebut mengalami peningkatan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan laporan tahun 2020 yang hanya mencapai USD 11,28  miliar atau senilai Rp 161,3 triliun.

Baca juga: 5 Jurusan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia, Apa Saja?

Nah, itulah beberapa komoditas ekspor Indonesia yang paling besar nilainya. Mengingat negara kita jadi salah satu yang memiliki kekayaan alam yang melimpah, sudah sepantasnya jika sebagai warga negara yang baik kita membantu pemerintah dalam pengelolaan sumber daya alam agar dapat dimanfaatkan dengan baik dan tidak disalahgunakan.

Sebab bagaimana pun, sumber daya alam itulah yang nantinya akan membantu pertumbuhan ekonomi bangsa dan mendorong pemerataan pembangunan di semua daerah.

Leave a Reply