Blog

5 Upacara Kematian Termahal di Dunia, Biayanya Bikin Geleng-geleng Kepala!

danain-Upacara kematian termahal di dunia-gambar batu nisan

Upacara kematian termahal di dunia

Faktanya, ada orang yang rela menggelontorkan banyak uang untuk menyelenggarakan ritual pemakaman. Berikut kami beberkan sederet upacara kematian termahal di dunia yang menghabiskan biaya fantastis.

Setiap orang atau kelompok punya cara yang berbeda-beda dalam mengantarkan orang terkasih yang telah meninggal dunia ke tempat peristirahatan terakhirnya. Ada yang menggelarnya dengan sederhana, ada pula yang justru sebaliknya.

Dalam kesempatan ini, kami akan mengulas 5 upacara kematian termahal di dunia yang menelan biaya sangat besar. Berikut daftar lengkapnya, seperti dikutip dari laman CNBC Indonesia:

Ratu Elizabeth II

Di daftar pertama ada proses pemakaman Ratu Elizabeth II pada September 2022 lalu. Disebut-sebut, pemakaman sang ratu jadi acara kenegaraan paling mahal di Inggris yang dihelat pada era modern.

Apa yang membuat acara tersebut mahal?

Menurut kabar, acara pemakaman Ratu Elizabeth II sudah disiapkan sejak bertahun-tahun lalu. Peti matinya yang berlapis timah seberat 250 kilogram telah dibuat 30 tahun silam.

Baca juga: 5 Bunga Termahal di Dunia, Mulai dari Ratusan Juta sampai Miliaran Rupiah!

Setidaknya, ada 500 tamu kehormatan dan sejumlah pemimpin negara yang hadir pada acara itu. Adapun biaya pemakamannya diperkirakan mencapai 8 juta Pound Sterling atau setara Rp 136,4 miliar, meski pihak istana tidak pernah merilis biaya resminya hingga saat ini.

Mantan petugas keamanan kerajaan menyebutkan bahwa ia yakin biaya untuk keamanan acara tersebut lebih dari 6,7 juta Pound Sterling atau sekitar Rp 112 miliar. Sekadar informasi, nominal tersebut melebihi biaya keamanan untuk Olimpiade London.

Alexander The Great

Alexander The Great merupakan raja Yunani Makedonia selama abad ke-4 Sebelum Masehi. Jasadnya dimakamkan di peti mati berlapis emas dan dibawa dengan kereta emas ke wilayah Mesir.

Menurut catatan sejarah, proses ini memakan waktu dua tahun dan selama itu pula pasukan Ptolemy I menyerang kereta pemakaman, sehingga membutuhkan perlawanan. Biaya pemakaman Alexander The Great diperkirakan mencapai 600 juta dolar Amerika Serikat jika dihitung dengan uang saat ini.

Paus Yohanes Paulus II

Upacara kematian termahal di dunia berikutnya adalah saat Paus Yohanes Paulus II meninggal dunia pada tahun 2005 lalu. Ketika itu, acara pemakamannya dihadiri oleh lebih dari 200 pejabat tinggi dunia, termasuk mantan presiden Amerika Serikat George W. Bush, Bill Clinton, dan Pangeran Charles dari Kerajaan Inggris.

Baca juga: Bisa Sampai Miliaran Rupiah, Inilah 6 Jenis Pohon Bonsai Termahal yang Perlu Diketahui!

Untuk mengakomodir banyak ritus suci kematian sang Paus, upacara pemakanan dihelat selama beberapa hari. Takhta Suci pun menyebut bahwa biaya untuk acara pemakaman itu mencapai 9 juta dolar Amerika Serikat.

Kim Jong Il

Kim Jong Il adalah pemimpin Korea Utara selama tujuh tahun. Kematiannya pada tahun 2011 membuat histeria luar biasa bagi masyarakatnya, bahkan pemerintah menghabiskan uang dalam jumlah besar untuk mengukir namanya dan ayahnya di Towers of Eternal Life.

Kabarnya, pemerintah Korea Utara membuat patung senilai Rp 136,9 miliar, memesan pengawet jenazah dari Rusia, dan membuat peti mati dari kaca untuk memperingati kematian sang pemimpin. Bahkan, pemerintah juga mengeluarkan uang sekitar 2,5 juta dolar Amerika Serikat per tahun untuk biaya pemeliharaan jenazah tersebut.

Putri Diana

Di daftar terakhir ada pemakaman Putri Diana, yang meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan mobil di Paris pada Agustus 1997 lalu. Kepergiaannya saat itu membuat banyak penduduk dunia larut dalam duka cita yang mendalam. Beberapa hari setelah pemakamannya, pejabat Inggris memperkirakan bahwa prosesi itu menelan biaya sekitar 8 juta dolar Amerika Serikat.

Baca juga: 4 Uang Kuno Termahal yang Perlu Kamu Tahu, Ada yang Mencapai Ratusan Juta Rupiah!

Ya, itulah 5 upacara kematian termahal di dunia yang menghabiskan biaya fantastis. Bagaimana menurut kamu, bikin geleng-geleng kepala, kan?

Leave a Reply