Blog

Wajib Tahu, ini 5 Soft Skill yang Dibutuhkan Dalam Dunia Kerja!

danain-Soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja-gambar orang sedang bekerja

Soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja

Selain hard skill, soft skill juga harus dimiliki oleh setiap orang dalam pekerjaan. Lantas, apa saja jenis-jenis soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja?

Kemampuan yang dimiliki seseorang bisa dikelompokkan menjadi dua jenis, yakni hard skill dan soft skill. Hard skill adalah kemampuan yang bisa terlihat dan terukur hasilnya, atau bisa dikatakan sebagai kemampuan teknis. Definisi lainnya, hard skill merupakan kemampuan dari proses pembelajaran, baik melalui pendidikan atau pelatihan.

Sementara itu, soft skill adalah kemampuan yang bersumber dari sifat atau perilaku dalam kepribadian seseorang. Soft skill juga disebut sebagai kemampuan yang membentuk pribadi atau kemampuan interpersonal.

Meski punya dua arti yang berbeda, hard skill dan soft skill sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Makin banyak skill yang kamu miliki, maka makin mudah pula mencapai kesuksesan dalam pekerjaan.

Baca juga: Ray Dalio: Orang dengan 3 Kemampuan ini akan Sukses di Masa Depan!

Nah, dalam kesempatan ini, kami tidak mengulas hard skill secara lebih rinci, melainkan akan membahas jenis-jenis soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja.

Penasaran apa saja soft skill yang dimaksud? Berikut ulasan lengkapnya, seperti dilansir laman Suara.com!

Public speaking

Soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja pertama adalah public speaking alias kemampuan berbicara di hadapan orang lain.

Untuk diketahui, public speaking sangat diperlukan untuk menunjukkan kemampuan dan kompetensi, sehingga bisa meyakinkan orang lain. Selain itu, kemampuan ini juga berguna untuk menyampaikan hasil kerja yang sudah kamu lakukan.

Kalau kamu bisa menyampaikan berbagai hal dengan baik dan bisa memukau orang lain, maka hal tersebut akan memudahkan kamu dalam urusan pekerjaan. Kamu dapat dengan mudah mendapatkan klien, memenangkan proyek, atau presentasi di hadapan pimpinan.

Problem solving

Dalam dunia kerja, tak jarang kamu akan dihadapkan pada berbagai masalah. Oleh sebab itu, kamu harus punya kemampuan menyelesaikan masalah untuk mengatasinya. Perlu diingat, kamu dipekerjakan untuk menyelesaikan masalah yang ada.

Baca juga: Ingin jadi Orang Sukses? Ini Satu Kemampuan yang Harus Anda Miliki Menurut Warren Buffett!

Leadership

Soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja berikutnya adalah leadership alias kepemimpinan.

Seperti yang diketahui, sosok pemimpin mutlak ada dalam dunia kerja. Biasanya, orang yang jadi pemimpin punya jabatan lebih tinggi daripada yang lainnya. Penghasilan dan fasilitas yang didapat pun tentu saja akan lebih besar.

Namun demikian, jabatan sebagai pemimpin tak bisa dipikul dengan sembarangan. Untuk itulah, kemampuan leadership sangat diperlukan dalam pekerjaan.

Team work

Di daftar berikutnya ada team work.

Perlu dipahami, kamu harus bisa bekerjasama dengan orang lain dalam dunia kerja. Terutama dengan mereka yang satu tim atau satu divisi dengan kamu. Dalam konteks ini, kamu harus bisa membagi tugas dan bahu membahu untuk menyelesaikan pekerjaan yang diberikan.

Beradaptasi

Soft skill yang terakhir adalah beradaptasi.

Setiap perusahaan tentu punya budaya, pola kerja, dan situasi yang berbeda satu sama lain. Tak jarang, perbedaan tersebut bisa membuat kamu kaget saat pertama memasukinya.

Oleh sebab itu, kamu harus punya kemampuan beradaptasi yang baik dalam dunia kerja. Terlebih saat masuk di lingkungan yang baru.

Baca juga: Dianggap Efektif Dalam Hal Penjualan, Apa itu Personal Selling?

FAKTA TENTANG SOFT SKILL

Dalam Journal of Language and Communication yang diterbitkan pada Juni 2008 lalu, pengajar senior di Polytechnic of Namibia Bernd Schulz memaparkan betapa pentingnya soft skill dibandingkan pengetahuan akademik.

Pada jurnal tersebut, Bernd Schulz berpandangan bahwa soft skill adalah kumpulan dari ciri-ciri kepribadian manusia yang erat kaitannya dengan sosial, bahasa, kebiasaan, dan optimisme. Menurutnya, soft skill akan melengkapi hard skill yang umumnya diperlukan dalam sebuah pekerjaan. Demikian dilansir Katadata.co.id.

Ya, itulah 5 jenis soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Sudah memilikinya?

Leave a Reply