Meraih kesuksesan adalah impian setiap manusia. Meski demikian, kesuksesan tak bisa datang begitu saja. Untuk bisa sampai ke level tersebut, ada sejumlah tahapan yang harus dilalui oleh seseorang. Salah satunya sebut saja dengan bekerja.

Bicara kesuksesan, ada fakta menarik yang baru-baru ini muncul ke permukaan. Ternyata, kesuksesan akan lebih mudah diraih jika seseorang memiliki satu kemampuan.

Fakta tersebut diungkap oleh investor legendaris sekaligus salah satu orang terkaya di dunia, Warren Buffett, ketika berada dalam satu mobil dengan Michael Hood, yang merupakan pendiri Voiceflow. Saat itu, mereka dalam perjalanan menuju Canadian Walk of Fame Inductee Gala.

Hood yang merekam momen tersebut menggunakan ponsel miliknya sempat bertanya kepada Buffett perihal kesuksesan. “Apa nasihat yang bisa diberikan kepada anak muda berusia 21-22 tahun yang baru lulus kuliah untuk bisa sukses?” tanya Hood dalam video yang diunggah di LinkedIn beberapa waktu lalu.

Dengan santai, Buffett mengatakan bahwa kunci terpenting adalah fokus untuk belajar cara menulis dan berbicara dengan jelas. Kata dia,“Satu-satunya cara untuk jadi orang yang bernilai 50 persen lebih baik dari sekarang adalah dengan mengasah kemampuan komunikasi, baik lisan maupun tulisan.”

Buffett menambahkan, jika seseorang tak dapat berkomunikasi, itu sama halnya dengan mengedipkan mata pada wanita dalam kegelapan. Tak ada gunanya sama sekali. “Anda bisa memiliki kecerdasan di dunia, tapi Anda juga harus bisa mentransmisikannya dengan berkomunikasi,” jelas pria yang memiliki kekayaan sekitar 86 miliar US Dollar tersebut.

Pada kesempatan itu, Buffett juga menceritakan pengalamannya ketika muda dulu. Ia mengaku takut berbicara di depan umum saat masih sekolah menengah dan perguruan tinggi. Dalam video yang dipublikasikan BBC tahun 2009 lalu, ia menuturkan,”Aku benar-benar tak bisa melakukan itu (bicara depan umum). Aku bahkan bisa muntah dan lain-lain.”

Untuk mengatasi masalah itu, Buffett memutuskan mengambil kursus public speaking di Dale Carnegie. Didirikan oleh penulis Dale Carnegie, kursus tersebut memang difokuskan untuk pelatihan di tempat kerja serta pengembangan keterampilan para profesional.

Baca juga: Terungkap, Akhir Pekan Orang Sukses Ternyata Seperti ini, Patut Ditiru!

“Saya tidak memiliki ‘ijazah’ dari perguruan tinggi. Saya juga tak punya ‘ijazah’ di sekolah pascasarjana. Tapi, saya punya ‘ijazah’ dari Dale Carnegie yang telah sukses mengubah hidup saya,” jelas Buffett seperti dilansir CNBC.

Terkait pendapat Buffett tersebut, miliarder Richard Branson mengaku setuju jika kemampuan komunikasi memang punya peran penting untuk menunjang kesuksesan. “Jika Anda ingin jadi pengusaha sukses, Anda harus bisa jadi seorang pendongeng. Meski begitu, tak ada gunanya juga jadi pendongeng jika produk atau ide yang Anda punya adalah ‘sampah’. Tidak cukup hanya menciptakan produk hebat saja, Anda juga harus punya cara agar orang-orang tahu tentang hal itu,” terang pengusaha asal Inggris tersebut.

Warren Buffett sebagai panutan

Sosok Buffett memang kerap menginspirasi banyak orang di seluruh dunia. Meski hidup dengan kekayaan yang luar biasa, ia tetap menjunjung tinggi kesederhanaan.

Hal tersebut bisa dilihat dari rumah yang ia tinggali. Alih-alih menempati kediaman mewah, Buffett justru lebih memilih tinggal di sebuah rumah dengan lima kamar tidur yang dibeli seharga 31.500 US Dollar pada tahun 1958 silam. Selain itu, Buffett juga diketahui menolak masuk klub golf mewah serta masih menggunakan mobil Cadillac XTS lansiran 2014.

Bagaimana, ingin punya kehidupan 50 persen lebih baik dari saat ini? Jika ya, terapkanlah saran dari Buffett tersebut mulai dari sekarang. Selain itu, lakukan pula investasi agar bisa memperoleh kebebasan finansial! Baca juga: Investasi itu Banyak Macamnya, ini 7 Jenis Investasi Paling Populer di Indonesia!