Blog

Cara Mengatur Uang Gaji 2 Juta agar Cukup dalam Sebulan

Danain-cara_mengatur_uang_gaji_2_juta-gambar uang

Cara mengatur uang gaji 2 juta

Mengatur uang memang bukan perkara mudah, terlebih jika gaji yang diperoleh terbilang kecil, sedangkan kebutuhan hidup semakin mahal. Berikut cara mengatur uang gaji 2 juta agar bisa cukup dalam sebulan.

Nominal gaji Rp 2 juta bagi sebagian orang mungkin terlihat kecil dan tidak mungkin dapat mencukupi kebutuhan dalam sebulan. Namun, bagi mereka yang terbiasa hidup hemat, gaji 2 juta ini bisa disiasati untuk dapat bertahan hidup dalam satu bulan ke depan.

Bahkan, beberapa orang masih bisa menyisihkan sebagian gajinya tersebut untuk ditabung atau diinvestasikan. Lantas, bagaimana cara mengatur uang gaji 2 juta agar bisa cukup dalam waktu satu bulan? Simak artikel lengkapnya berikut ini!

Cara Mengatur Uang Gaji 2 Juta

1.  Buatlah skala prioritas

Seringkali, ketika gaji baru masuk ke rekening, kita sudah membayangkan untuk membeli semua barang yang diinginkan. Bahkan, kalau perlu, keranjang di platform e-commerce harus segera dikosongkan. Sayangnya, jika kamu mengikuti nafsu untuk berbelanja konsumtif, maka sudah dapat dipastikan gajimu tidak akan cukup untuk bertahan hidup.

Baca juga: Simak Baik-baik, Ini Cara Melaporkan Penipuan Online Agar Uang Kembali!

Maka dari itu, dengan gaji 2 juta ini, kamu harus bisa mengelolanya dengan bijak. Salah satunya adalah dengan membuat skala prioritas, di mana kamu harus bisa membedakan antara barang yang termasuk kebutuhan dan mana yang sekadar keinginan.

Barang yang termasuk kebutuhan adalah mereka yang jika tidak segera dipenuhi dapat mengganggu aktivitas keseharian. Seperti makanan, obat-obatan, keperluan rumah tangga (sabun, shampoo, pasta gigi, dan lain-lain), bensin, kuota internet, tagihan listrik dan air, serta masih banyak lagi yang lainnya.

Sedangkan untuk barang yang termasuk keinginan adalah barang yang jika tidak kamu beli saat itu juga, kamu masih bisa hidup dengan normal alias tidak akan mengganggu produktivitasmu. Dalam hal ini, produk-produk tersebut bisa berupa pakaian baru, gadget, langganan Netflix maupun Spotify, dan lain sebagainya.

2.  Terapkan prinsip keuangan yang sesuai gaya hidup

Dalam dunia literasi finansial, ada banyak cara mengatur uang gaji 2 juta sesuai dengan gaya hidup.

Salah satu konsep paling populer ialah aturan 50-30-20 yang dikenalkan oleh senator Amerika Serikat, Elizabeth Warren. Dalam konteks ini, ia menyarankan untuk memecah penghasilan utama menjadi 3 kategori, yakni 50 persen untuk memenuhi kewajiban dan kebutuhan, 30 persen untuk hiburan atau memenuhi keinginan, dan 20 persen untuk menabung atau berinvestasi.

Baca juga: Cegah Perselisihan dalam Kegiatan Pinjam Meminjam Uang, Surat Perjanjian Utang Piutang Harus Dibuat oleh Kedua Belah Pihak!

Apabila konsep keuangan yang dikenalkan oleh Warren kurang cocok, kamu bisa menggunakan formula 40-30-20-10 yang juga terkenal. Dalam hal ini, persentase tersebut dibagi menjadi 40 persen untuk kebutuhan hidup, 30 persen untuk membayar cicilan/utang, 20 persen untuk tabungan, sedangkan 10 persen yang lain dapat digunakan untuk kebaikan atau beramal.

Masih belum cocok dengan kedua konsep di atas? Kamu juga bisa menerapkan prinsip 80-20 yang dipopulerkan oleh Pareto dalam hal manajemen keuangan. Prinsip Pareto mengajarkan kita bahwa 80 persen peristiwa yang terjadi di hidup kita disebabkan oleh 20 persen usaha yang kita lakukan.

Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan 80 persen gaji untuk memenuhi kebutuhan hidup, sedangkan 20 persennya disisihkan untuk ditabung atau investasi masa depan. Dengan demikian, diharapkan tabungan 20 persen yang rutin kamu sisihkan tiap bulan dapat membantu 80 persen kehidupanmu di masa mendatang.

3.  Hilangkan transaksi kecil yang tidak perlu

Cara mengatur uang gaji 2 juta berikutnya adalah dengan menghilangkan transaksi kecil yang tidak diperlukan. Misalnya, kamu memiliki kebiasaan membeli air minum sebelum sampai di tempat kerja. Padahal, di kantormu sendiri sudah disediakan air minum yang bebas diambil kapanpun.

Nah, kamu bisa menghilangkan kebiasaan tersebut untuk menekan pengeluaranmu dalam sebulan. Selain itu, kamu juga bisa membawa bekal dari rumah daripada harus mengeluarkan uang untuk membeli makan siang saat istirahat kerja.

Baca juga: Mudah dan Cepat, ini 5 Cara Menghasilkan Uang dari HP yang Perlu Kamu Tahu!

4.  Mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran

Terakhir, kamu bisa menggunakan pembukuan untuk mencatat setiap transaksi masuk dan keluar dalam keuangan pribadimu. Cara ini terbukti ampuh untuk membantumu mengontrol pengeluaran dan berhemat.

Nantinya di akhir bulan, kamu bisa melakukan evaluasi lewat catatan yang sudah kamu buat. Seperti dengan melihat, mana saja kira-kira pengeluaran yang sebenarnya masih bisa ditekan atau tidak perlu dilakukan.

Itulah ulasan mengenai cara mengatur uang gaji 2 juta agar bisa cukup untuk memenuhi kebutuhan dalam sebulan. Kuncinya terletak pada kebijakanmu dalam membelanjakan uang untuk hal-hal yang hanya diperlukan.

Leave a Reply