Blog

Kamu Harus Tahu, ini 5 Fakta Menarik tentang Negara Indonesia!

danain-Fakta menarik tentang negara Indonesia-gambar bendera Indonesia

Fakta menarik tentang negara Indonesia

Indonesia punya banyak keberagaman yang tidak dimiliki oleh negara lain. Keberagaman inilah yang membuat Indonesia menarik di mata dunia. Berikut beberapa fakta menarik tentang negara Indonesia yang perlu kamu tahu!

Tahukah kamu, Indonesia jadi salah satu negara terbesar di dunia berkat luas wilayahnya yang mencapai 735.358 mil? Data tersebut membawa Indonesia menduduki peringkat ke-15 dalam kategori negara terbesar secara global.

Nah, selain hal tersebut, masih banyak fakta menarik tentang negara Indonesia yang harus kamu tahu dan patut dibanggakan di mata dunia. Apa saja itu?

5 Fakta Menarik tentang Negara Indonesia

  1. Indonesia memiliki lebih dari 700 bahasa

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, Indonesia jadi salah satu negara dengan budayanya yang cukup beragam. Salah satunya berupa keberagaman suku serta bahasa dan dialek yang digunakan dalam keseharian.

Baca juga: Mengapa Ekonomi Kreatif Penting Dibangun di Indonesia?

Menurut data, Indonesia memiliki lebih dari 700 bahasa daerah dan dialek yang digunakan oleh setiap suku. Papua jadi salah satu provinsi yang menyumbang banyak bahasa, yakni mencapai 270 jenis bahasa lisan.

Keragaman bahasa daerah itulah yang membuat Indonesia meresmikan Bahasa Indonesia jadi bahasa resmi yang digunakan di setiap daerah untuk memudahkan komunikasi antar masyarakat.

  1. Memiliki 8 warisan budaya dunia

Fakta menarik tentang negara Indonesia yang lain adalah Indonesia memiliki setidaknya 8 warisan budaya dunia yang sudah diakui oleh UNESCO. Mulai dari Candi Borobudur, Candi Prambanan, Taman Nasional Komodo, Taman Nasional Ujung Kulon, Museum Sangiran, Taman Nasional Lorentz, Hutan Hujan Tropis Sumatera, dan Cultural Landscape Subak Bali.

Dengan banyaknya situs warisan budaya dunia yang ada di Indonesia, tak heran jika Indonesia kerap dijadikan obyek wisata para turis untuk menikmati keindahan alam dan mempelajari peninggalan sejarah yang ada.

  1. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar

Seperti yang telah disinggung di awal, Indonesia jadi salah satu negara dengan wilayah terluas atau terbesar di dunia. Khususnya dalam kategori negara kepulauan, Indonesia merupakan nomor 1 yang terbesar dibanding negara kepulauan yang lain.

Indonesia memiliki setidaknya 17.504 pulau dengan 9.634 di antaranya belum diberi nama, serta 6 ribu yang lain merupakan pulau tak berpenghuni.

Baca juga: Nggak Banyak yang Tahu, Segini Lho Gaji Tukang Parkir Pesawat per Bulan di Indonesia!

Menariknya, dari sekian banyak pulau yang dimiliki Indonesia, terdapat 3 pulau yang masuk dalam kategori pulau terbesar di dunia. Ketiga pulau tersebut meliputi Kalimantan, Sumatera, dan Papua.

Tak hanya memegang predikat sebagai negara kepulauan terbesar, Indonesia juga dikenal dengan negara maritim terbesar di dunia karena luas perairannya yang mencapai 93.000 km, dengan panjang pantai sekitar 81.000 km² atau hampir 25% panjang pantai di dunia. Keren!

  1. Indonesia adalah negara pertama setelah PD II

Tak banyak orang yang tahu, Indonesia jadi salah satu negara pertama yang lahir ketika Perang Dunia II telah usai. Tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya dan diakui oleh beberapa negara.

Mesir jadi negara pertama yang mengakui kedaulatan Indonesia. Sedangkan Belanda baru mengakui kemerdekaan Indonesia, tepat 4 tahun sejak proklamasi kemerdekaannya.

  1. Indonesia sebagai penghasil kopi termahal di dunia

Tahukah kamu, Indonesia jadi salah satu negara yang menghasilkan produk kopi termahal di dunia? Kopi luwak jadi salah satu jenis kopi terbaik di dunia dengan harga yang fantastis.

Brazil boleh bangga dengan predikat negara penghasil kopi terbesar, namun Indonesia bisa lebih berbangga diri karena memiliki produk kopi yang tidak dimiliki negara lain serta jadi salah satu yang terbaik di lidah para penikmat kopi.

Baca juga: 10 Masalah Pendidikan di Indonesia, Apa Saja?

Itulah ulasan mengenai fakta menarik tentang negara Indonesia yang perlu kamu tahu. Selain beberapa fakta di atas, sebenarnya masih banyak lagi fakta unik dan menarik mengenai negara kita tercinta ini. Semoga informasi ini bermanfaat!

Leave a Reply