Blog

10 Perusahaan Indonesia yang Mendunia, Bikin Bangga!

danain-Perusahaan Indonesia yang mendunia-gambar ilustrasi produk Indonesia

Perusahaan Indonesia yang mendunia

Indonesia punya sederet brand lokal yang telah go international. Berikut kami beberkan 10 perusahaan Indonesia yang mendunia dan sukses bikin bangga.

Selama ini, banyak masyarakat yang underestimate dan menganggap bahwa produk dalam negeri kita kurang berkualitas. Alhasil, banyak dari mereka yang justru menggunakan produk-produk impor, alih-alih memakai produk karya anak bangsa.

Jika kamu termasuk salah satunya, sebaiknya ubah pola pikir tersebut sesegera mungkin. Pasalnya, ada banyak produk Indonesia yang berkualitas, bahkan telah menembus pasar internasional.

Penasaran, apa saja perusahaan Indonesia yang mendunia? Berikut daftar lengkapnya, seperti dikutip dari berbagai sumber!

Indomie

Produk ini bisa dibilang yang paling laris di pasar internasional. Menurut kabar, merek mi instan ini sudah diekspor di lebih dari 80 negara dan punya belasan pabrik di luar negeri, seperti di Mesir, Arab Saudi, Turki, Serbia, dan Nigeria.

Terry Palmer

Banyak yang mengira bahwa Terry Palmer adalah produk luar negeri. Padahal, faktanya tak demikian. Merek yang terkenal dengan handuknya yang berkualitas ini merupakan produk asal Indonesia, di mana telah dipasarkan ke sejumlah negara, seperti Amerika Serikat, Jepang, hingga Eropa.

Baca juga: Mana Saja Kota Industri Terbesar di Indonesia? Simak Daftar Lengkapnya di Bawah ini!

J.Co

Karena namanya, J.Co juga sering dikira produk dari luar. Sebenarnya, merek dagang ini adalah salah satu bisnis milik Johnny Andrean Group yang notabene asli Indonesia. Sejumlah gerai J.Co telah tersebar di beberapa negara, mulai dari Malaysia, Filipina, Singapura, China, bahkan Arab Saudi.

The Executive

Perusahaan Indonesia yang mendunia selanjutnya adalah brand The Executive. Dibuat di Bandung, Jawa Barat, merek fashion ini sudah merambah ke negara-negara di Asia Tenggara, salah satunya Malaysia.

Kopiko

Produk besutan Mayora ini sudah lama malang melintang di pasar internasional. Setidaknya, ada beberapa negara yang sudah disinggahi oleh Kopiko, mulai dari Australia, Singapura, Portugal, Jerman, Amerika Serikat, hingga Korea Selatan.

Paseo

Tisu Paseo diproduksi oleh Asian Paper and Pulp yang merupakan salah satu anak perusahaan dari Sinar Mas. Produk ini bisa ditemukan di 65 negara seluruh dunia, termasuk Amerika Serikat dan Selandia Baru.

Baca juga: Inspiratif, 5 Miliarder Muda Asal Indonesia Ini Punya Motivasi yang Sangat Keren!

Polytron

Produk yang dijual Polytron sangat beragam, mulai dari televisi, AC, kulkas, dan masih banyak lagi. Jika kamu mengira produk ini tidak mampu bersaing di pasar luar negeri, kamu salah besar. Buktinya, Polytron sudah diekspor ke berbagai negara, seperti Thailand, Filipina, Myanmar, India, Pakistan, Bahrain, sampai Sri Lanka.

Tolak Angin

Kemanjuran Tolak Angin dalam meringankan gejala flu, lelah, dan tenggorokan gatal sudah tak perlu diragukan lagi. Hal inilah yang membuat Tolak Angin sukses diterima di mancanegara, seperti Australia, Hong Kong, Amerika Serikat, hingga Belanda.

Mustika Ratu

Produk anak bangsa yang mendunia berikutnya adalah Mustika Ratu. Seperti yang kita tahu, Mustika Ratu punya banyak produk kosmetik yang terbuat dari bahan-bahan alami. Setelah puluhan tahun berproduksi, sang pendiri Mooryati Soedibyo tetap berinovasi untuk memajukan usahanya.

Silver Queen

Produk cokelat satu ini sangat populer bagi masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak? Hampir semua toko dan supermarket di dalam negeri menjajakannya di rak penjualan.

Saking tenarnya, Silver Queen mampu bersaing dengen merek cokelat asal luar negeri, seperti Kit Kat, Cadbury, dan lain sebagainya. Sejumlah negara yang menjual cokelat Silver Queen sebut saja Amerika Serikat, Filipina, hingga Singapura.

Baca juga: Daerah Penghasil Tambang Emas Terbesar di Indonesia, Mana Saja?

Ya, itulah sederet perusahaan Indonesia yang mendunia. Semoga ke depannya kita makin bangga menggunakan produk-produk dalam negeri!

Leave a Reply