Blog

Daerah Penghasil Tambang Emas Terbesar di Indonesia, Mana Saja?

danain-daerah penghasil tambang emas terbesar di Indonesia-gambar daerah penghasil emas di Indonesia

daerah penghasil tambang emas terbesar di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam, salah satunya emas. Lantas, mana saja daerah penghasil tambang emas terbesar di Indonesia?

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara penghasil emas terbesar di dunia. Berdasarkan laporan yang dikeluarkan oleh badan riset industri independen CRU International Ltd pada tahun 2019 lalu, Indonesia menempati urutan keempat sebagai negara yang memiliki cadangan emas terbesar setelah Australia, Rusia, dan Afrika Selatan.

Nah, ngomongin emas, kurang lengkap rasanya jika tak mengulas wilayah-wilayah di Tanah Air yang kaya akan logam mulia ini. Penasaran mana saja kawasan yang dimaksud?

Berikut daerah penghasil tambang emas terbesar di Indonesia, seperti dikutip dari laman Kompas.com:

Papua

Daerah penghasil tambang emas terbesar di indonesia yang pertama adalah Papua. Menurut Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, jumlah cadangan bijih emas di Indonesia adalah sebesar 3.565,7 juta ton dan sekitar 52 persennya terdapat di Papua.

Baca juga: Jangan Asal Lego, ini Cara Menjual Emas Tanpa Surat yang Perlu Kamu Tahu!

Dengan demikian, tak heran jika wilayah paling timur Indonesia ini jadi salah satu daerah penghasil emas terbesar di dunia. Sekadar informasi, tambang terbesar di Papua adalah Grasberg yang terletak di kawasan Tembagapura.

Nusa Tenggara Barat

Daerah yang kedua adalah Nusa Tenggara Barat (NTB). Untuk diketahui, NTB punya tambang emas dari skala kecil hingga skala besar.

Menurut data, NTB memiliki 71 tambang emas kecil di Kabupaten Lombok Barat, 5 tambang emas kecil di Kabupaten Dompu, dan 4 tambang emas kecil di Kabupaten Lombok Tengah.

Adapun tambang emas skala besar di NTB terletak di wilayah Dompu. Diperkirakan, Dompu memiliki kandungan emas, tembaga, dan logam berharga lainnya sekitar 1,7 miliar ton.

Nanggroe Aceh Darussalam

Daerah penghasil tambang emas terbesar di Indonesia yang selanjutnya adalah Nanggroe Aceh Darussalam. Di daerah tersebut, tambang emas besar tersebar di beberapa wilayah, mulai dari Kabupaten Aceh Tengah, Kabupaten Bener Meriah, dan Meulaboh.

Baca juga: Nggak Perlu Repot, Ini Cara Mengecek Harga Emas Paling Mudah!

Sumatera Utara

Sumatera Utara punya tambang emas Martabe yang berlokasi di Kecamatan Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan. Sejak dibuka pada tahun 2012 lalu, tambang emas ini bisa memproduksi sekitar 9,4 ribu kilogram emas dan 78,8 kilogram perak.

Sulawesi

Sulawesi punya beberapa tambang emas besar yang tersebar di beberapa provinsi. Di antaranya sebut saja tambang emas Kabupaten Luwu yang berada di Sulawesi Selatan dan tambang emas Archi dan Toka Tidung yang berada di Manado, Sulawesi Utara.

Jawa Barat

Daerah penghasil tambang emas terbesar di Indonesia berikutnya adalah Jawa Barat. Di daerah tersebut, ada beberapa titik yang menjadi lokasi tambang emas, seperti Pongkor di kawasan Bogor, tambang emas Cikotok di kawasan Banten, dan tambang emas Ciseuti di Purwakarta.

Riau

Daerah yang terakhir adalah Riau.

Riau punya wilayah penghasil emas di Desa Logas yang berada di Kabupaten Kuantan Singingi. Untuk tambang emas yang berskala kecil, ada beberapa titik di kawasan Riau, seperti di Kecamatan Kuantan Tengah, Kuantan Mudik, Singingi Hilir, Sentaro Jaya, dan Gunung Tor.

Baca juga: Sama-sama Emas Batangan, Apa Sih Perbedaan Emas Antam dan UBS?

Ya, itulah daerah penghasil tambang emas terbesar di Indonesia yang perlu kamu tahu. Sebagai warga negara Indonesia, kita patut berbahagia atas anugerah sumber daya alam melimpah yang diberikan oleh Sang Pencipta. Semoga karunia tersebut bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kemakmuran seluruh rakyat di negara ini!

Leave a Reply