Blog

Simak, ini Penyebab Emas Berubah Warna dan Cara Mengatasinya!

danain-Penyebab emas berubah warna-gambar cincin emas

Penyebab emas berubah warna

Warna emas bisa berubah seiring waktu dan pemakaian. Lantas, apa penyebab emas berubah warna?

Perhiasan emas merupakan salah satu aset berharga yang digandrungi oleh banyak orang, terutama kaum hawa. Selain bisa menunjang penampilan, perhiasan emas juga bisa jadi instrumen investasi, sebab nilainya cenderung naik dari waktu ke waktu.

Seperti yang kita tahu, perhiasan emas kerap digunakan dalam bentuk cincin, kalung, anting, gelang tangan, dan gelang kaki. Banyak orang menggunakan aksesoris tersebut setiap hari, bahkan ada yang tidak melepasnya meskipun sedang tidur.

Jika kamu termasuk salah satunya, ada fakta penting yang harus diketahui. Warna emas bisa memudar, bahkan menghitam seiring waktu dan pemakaian.

Berikut kami beberkan penyebab emas berubah warna, seperti dikutip dari berbagai sumber:

Terkena bahan kimia

Penyebab emas berubah warna yang pertama adalah karena sering terkena bahan kimia. Bahan yang dimaksud meliputi sabun mandi, lotion, hingga parfum. Jika dibiarkan terus-menerus terpapar, struktur emas akan rusak dan warnanya pun akan memudar.

Baca juga: Tak Melulu Emas, ini Macam-macam Logam Mulia yang Perlu Kamu Tahu!

Sering digunakan mandi atau berenang

Hindari penggunaan emas saat mandi atau berenang, baik di kolam atau laut. Kebiasaan tersebut bisa memengaruhi kualitas emas dan membuat kilaunya jadi memudar.

Sering terkena keringat

Penyebab selanjutnya adalah karena sering terkena keringat dari tubuh. Untuk diketahui, keringat sangat tajam dan bisa menimbulkan kerusakan pada warna emas.

Paparan sinar matahari

Paparan langsung sinar matahari juga bisa membuat warna emas jadi memudar. Karena itu, ada baiknya untuk melepas perhiasan ketika beraktivitas di luar rumah, terlebih saat siang hari.

Sering dipakai saat mencuci

Penyebab emas berubah warna yang terakhir adalah karena sering dipakai saat mencuci baju. Perlu dipahami, air dingin, cairan kimia, dan gesekan yang terjadi saat mencuci bisa merusak emas dan membuat warnanya tak lagi berkilau.

CARA MEMBERSIHKAN EMAS YANG MENGHITAM

Warna emas yang menghitam tentu akan merusak penampilan. Oleh sebab itu, bersihkanlah sesegera mungkin untuk mengembalikan warna kilaunya. Berikut sejumlah langkah yang bisa kamu terapkan:

Gunakan cairan pembersih perhiasan

Saat ini, sudah banyak cairan pembersih perhiasan yang dijual bebas di pasaran. Cara membersihkannya pun terbilang mudah.

Baca juga: Mengapa Logam Mulia Seperti Emas Banyak Dicari? Ini Dia Jawabannya!

Kamu cukup menyemprotkan cairan tersebut ke permukaan emas yang ingin dibersihkan, lalu lap dengan kain halus hingga benar-benar bersih.

Pakai pasta gigi

Warna emas yang menghitam juga bisa dibersihkan menggunakan pasta gigi.

Caranya, siapkanlah sikat berbulu lembut dan pasta gigi secukupnya. Basahi permukaan emas dengan sedikit air dan sikat secara perlahan. Jika sudah, bilas dengan air bersih, kemudian lap dengan kain halus sampai benar-benar kering.

Gunakan air hangat dan sabun cuci piring

Sabun cuci piring mampu mengembalikan kilau emas yang sudah menghitam. Bahan tersebut juga aman, sehingga tidak berisiko menggores perhiasan atau membuatnya keropos.

Cara bersihkannya, campurkan beberapa tetes sabun cuci piring ke dalam gelas berisi air hangat, lalu aduk hingga larut. Kalau sudah, masukkan emas ke dalam larutan tersebut selama 5-7 menit.

Kemudian, sikat secara perlahan menggunakan sikat berbulu lembut agar kotorannya bisa terangkat. Terakhir, bersihkan dengan air dingin dan keringkan sebelum disimpan. Demikian dilansir laman CNN Indonesia.

TIPS MERAWAT PERHIASAN EMAS

Perhiasan emas perlu dirawat agar warnanya tetap berkilau. Dalam hal ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain:

  1. Lepas perhiasan saat melakukan aktivitas berat, seperti olahraga.
  2. Jangan pernah memakai emas saat mandi, berenang, atau mencuci.
  3. Lepas perhiasan saat sedang berias, terutama ketika memakai lotion atau parfum.
  4. Hindari paparan langsung sinar matahari.
  5. Simpan perhiasan di tempat lembut, hindari meletakkannya di kotak berbahan besi atau kaleng.
  6. Letakkan emas secara terpisah agar terhindar dari goresan.

Baca juga: Jangan Salah Pilih, ini Perbedaan Emas Putih dan Perak yang Sangat Mendasar!

Ya, itulah ulasan lengkap mengenai penyebab emas berubah warna sekaligus tips membersihkan dan merawat emas dengan cara mudah. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply