Blog

Sebelum Beli, Ketahui Macam-macam Kadar Emas Berikut ini!

danain-Macam-macam kadar emas-gambar perhiasan emas

Macam-macam kadar emas

Punya rencana beli emas dalam waktu dekat ini? Jika ya, penting untuk tahu macam-macam kadar emas sebelum membelinya, guna menghindari risiko atau hal-hal merugikan lain di kemudian hari!

Seperti yang kita tahu, minat masyarakat terhadap emas tak pernah lekang oleh waktu. Ini berlaku untuk emas batangan atau emas perhiasan. Banyak orang percaya bahwa emas punya harga relatif stabil, bahkan cenderung naik dari waktu ke waktu.

Bicara emas, ada satu pertanyaan yang kerap mengemuka, apa saja macam-macam kadar yang ada pada logam mulia tersebut? Untuk tahu jawabannya, simak ulasan berikut ini hingga tuntas!

PENJELASAN KADAR EMAS

Emas kerap dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan perhiasan, seperti kalung, cincin, gelang, hingga anting. Mengingat sifatnya yang sangat lunak, emas harus dicampur dengan logam lain agar materialnya jadi kuat.

Kandungan emas yang terdapat dalam perhiasan bisa diukur dengan satuan karat. Dengan ukuran tersebut, konsumen dapat mengetahui tingkat kemurnian emas yang ada dalam perhiasan.

Baca juga: Tak Melulu Emas, ini Macam-macam Logam Mulia yang Perlu Kamu Tahu!

Intinya, semakin tinggi kadar emas, maka makin mahal pula harga jualnya. Begitu pun sebaliknya.

Untuk diketahui, ukuran tertinggi jumlah karat dalam emas adalah 24 karat. Biasa disebut emas murni. Satuan tertinggi ini umumnya terdapat pada jenis emas batangan.

Emas 24 karat dianggap sebagai emas murni karena kadarnya adalah 99,9 persen. Emas batangan kerap dijual dengan sertifikat yang dikeluarkan langsung oleh produsennya.

Melansir Goldpricez, cara mengetahui macam-macam kadar emas sangatlah mudah. Kami beri contoh pada emas 15 karat. Untuk menghitungnya, kamu tinggal membagi angka tersebut dengan 24, lalu kalikan dengan 100 sebagai angka konversi.

Hasilnya: 15 : 24 x 100 = 62. Artinya, kandungan kemurnian emas dalam perhiasan 15 karat adalah 62 persen. Mudah bukan?

Berikut kami beberkan rincian lengkap macam-macam kadar emas yang perlu diketahui:

– 10 karat = 41 persen

– 14 karat = 58 persen

– 15 karat = 62 persen

– 18 karat = 75 persen

– 19 karat = 78 persen

– 20 karat = 82 persen

– 21 karat = 86 persen

– 22 karat = 90 persen

– 23 karat = 94 persen

– 24 karat = 99 persen

Baca juga: Mengapa Logam Mulia Seperti Emas Banyak Dicari? Ini Dia Jawabannya!

CARA MENGETAHUI KEMURNIAN EMAS

Macam-macam kadar emas sudah dijelaskan, kini giliran kami mengulas cara mengetahui kemurnian emas dengan beberapa cara. Pertama, dengan metode pengujian gosok, yakni meneteskan zat kimia asam klorida atau asam nitrat pada emas. Kalau warna emas memudar ketika digosok, maka emas tersebut tidaklah murni.

Cara kedua adalah dengan menggunakan alat khusus bernama gold tester. Kamu cukup menempelkan ujung alat pada perhiasan emas yang ingin dicek. Nantinya, besaran karat emas akan muncul pada layar alat tersebut.

Fakta lain yang juga perlu kamu tahu, emas punya berat massa yang berbeda dengan logam lain pada umumnya. Sehingga, para pedagang emas yang telah berpengalaman akan dengan mudah mengetahui kadar emas pada perhiasan hanya dengan merasakan beratnya.

Sementara itu, untuk mengukur berat emas, seseorang tak bisa melakukannya dengan sembarangan. Butuh timbangan khusus logam mulia yang sifatnya sangat sensitif.

Baca juga: Jangan Salah Pilih, ini Perbedaan Emas Putih dan Perak yang Sangat Mendasar!

Bagaimana, sudah tahu dan paham kan macam-macam kadar emas yang ada di pasaran? Semoga bermanfaat, ya!

Leave a Reply