Blog

Sering jadi Pertanyaan, Apa Perbedaan Sikap Pelit dengan Hemat?

danain-perbedaan sikap pelit dengan hemat-gambar orang pelit

Apa perbedaan sikap pelit dengan hemat?

Sikap pelit dengan hemat beda-beda tipis. Lantas, apa perbedaan sikap pelit dengan hemat?

Setiap individu punya cara masing-masing dalam mengelola keuangannya. Ada yang mengaturnya dengan cara berhemat, ada pula yang mengaturnya dengan cara menerapkan sikap pelit.

Untuk diketahui, hemat merupakan sikap seseorang yang mampu mengontrol keinginan dan menyesuaikannya dengan kemampuan. Hemat punya banyak keuntungan, terutama bagi keamanan finansial di masa yang akan datang. Sebaliknya, pelit adalah suatu sikap yang perlu dihindari karena memiliki efek buruk yang disebabkan oleh keserakahan.

Jika dilihat sekilas, sikap hemat dan pelit agak mirip satu sama lain, sebab sama-sama memiliki kehati-hatian dalam menggunakan uang. Padahal, bila ditilik lebih dalam, kedua sikap tersebut punya perbedaan yang sangat spesifik.

Lalu, apa perbedaan sikap pelit dengan hemat? Berikut ulasan lengkapnya, seperti dikutip dari berbagai sumber!

Orang hemat menyisihkan untuk masa depan, orang pelit tak mau uangnya habis

Sikap hemat dan pelit punya perbedaan dari segi alasan. Orang hemat mengeluarkan sedikit uang karena ingin menyisihkan uangnya untuk masa depan atau untuk berjaga-jaga bila ada kebutuhan darurat, sementara orang pelit hanya mengeluarkan sedikit uang karena merasa tak ingin uangnya habis.

Baca juga: Tak Main-main, ini 5 Manfaat Hidup Hemat yang Perlu Kamu Tahu!

Orang hemat prioritaskan kebutuhan, orang pelit merasa rugi

Saat berbelanja, orang hemat akan merasa senang dan memprioritaskan segala kebutuhannya semaksimal mungkin. Sedangkan orang pelit akan merasa rugi dan berat hati untuk mengeluarkan uangnya, sekalipun pengeluaran itu untuk memenuhi kebutuhannya sendiri.

Orang hemat suka beramal, orang pelit tidak

Dalam hal berdonasi, orang hemat tak merasa keberatan untuk mengeluarkan uangnya. Mereka justru senang bisa membantu orang lain. Bagi mereka, beramal adalah bentuk investasi, yakni investasi kebahagiaan karena bisa menolong orang lain. Sebaliknya, orang pelit cenderung enggan untuk beramal, sebab mereka takut uangnya akan habis.

Itulah jawaban untuk pertanyaan apa perbedaan sikap pelit dengan hemat yang selanjutnya!

Orang hemat melihat kualitas, orang pelit tidak

Orang hemat selalu melihat kualitas barang ketika berbelanja. Jika kualitasnya baik, maka barang tersebut menurut mereka akan awet. Alhasil, mereka tak sungkan mengeluarkan uang lebih untuk membelinya, selama masih mampu. Sementara itu, orang pelit kerap mengesampingkan kualitas dan selalu melihat harga yang termurah, bahkan kalau bisa gratis!

Baca juga: Lakukan 7 Hal ini jika ingin Hemat saat Belanja di Supermarket!

Orang hemat tidak ragu untuk berbagi, orang pelit sebaliknya

Saat berkumpul, orang hemat tidak ragu untuk berbagi stok makanan dengan teman-temannya. Sebaliknya, orang pelit enggan untuk berbagi karena akan merasa rugi.

Orang hemat keluarkan modal cukup untuk bisnis, orang pelit tidak mau melakukannya

Dalam urusan bisnis, orang hemat akan mengeluarkan modal secukupnya agar tidak boros. Jika usahanya berkembang, mereka tak sungkan untuk menambahkan modal. Berbanding terbalik, orang pelit selalu mencari cara untuk mengeluarkan modal sedikit demi mendapatkan keuntungan yang melimpah.

Orang hemat tak ragu untuk berlibur, orang pelit sangat perhitungan

Orang hemat tak ragu untuk pergi berlibur demi memanjakan diri. Mereka percaya bahwa hal itu bisa menghilangkan stres dalam kehidupan. Sebaliknya, orang pelit sangat perhitungan untuk berlibur dan selalu mencari cara untuk berlibur dengan budget yang sangat murah.

Baca juga: Selalu Terlihat Mewah, Ternyata Keluarga Kerajaan Inggris Punya 10 Kebiasaan Hemat yang perlu Ditiru!

Orang hemat rasional, orang pelit kadang tidak

Apa perbedaan sikap pelit dengan hemat yang terakhir? Secara garis besar, orang hemat cenderung rasional saat dihadapkan pada sesuatu yang mendesak, orang pelit sebaliknya.

Sebagai contoh, seseorang tidak mau pergi ke dokter saat sakit karena alasan takut biayanya mahal. Ini orang pelit. Sementara itu, orang hemat selalu mencari cara untuk mengatasi suatu masalah yang dihadapi semampu mungkin.

Ya, itulah sejumlah jawaban atas pertanyaan apa perbedaan sikap pelit dengan hemat yang sesungguhnya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply