Tidur malam merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh umat manusia. Setelah seharian lelah beraktivitas, tubuh butuh waktu untuk beristirahat agar keesokan harinya bisa kembali prima. Seperti yang kita tahu, waktu yang direkomendasikan oleh ahli kesehatan untuk tidur malam adalah sekitar 7 sampai 8 jam setiap hari.

Terkait waktu tidur, ada satu pertanyaan yang kerap mengemuka. Apakah orang-orang sukses di dunia ini punya waktu tidur yang ideal, mengingat mereka punya kesibukan yang luar biasa?

Usut punya usut, beberapa orang sukses ternyata tetap berusaha untuk tidur dengan waktu yang cukup, sementara yang lainnya cenderung bekerja hingga tengah malam.

Berikut kami beberkan jam tidur sederet orang sukses di dunia, sebagaimana dilansir CNBC.

Elon Musk

CEO Tesla Elon Musk mengaku bahwa dirinya terkadang tidur di lantai pabrik atau sofa kantornya. Meski demikian, ia tetap mengatur waktu tidurnya semaksimal mungkin. “Saya biasa mengatur jam tidur menggunakan ponsel saya. Rata-rata hampir enam jam,” ujarnya.

Musk juga mengaku jika dirinya bangun secara rutin pada pukul 7 pagi untuk mengecek emailemail penting. Artinya, ia baru beristirahat penuh pada pukul 1 pagi.

Richard Branson

Sebagai pribadi yang suka bertualang, pendiri sekaligus CEO Virgin Group Richard Branson diketahui punya waktu tidur yang teratur. Setelah makan malam, Branson selalu menuju ke ruang yang tenang, kemudian mematikan seluruh perangkat digitalnya.

“Jika ada waktu luang, saya akan membaca atau menonton film dokumenter untuk menenangkan pikiran dan pergi tidur. Biasanya, saya istirahat pada pukul 11 malam dan butuh waktu lima hingga enam jam untuk memulihkan tubuh,” terang Branson.

Baca juga: 10 Wejangan dari Orang-orang Sukses ini Bikin Semangat untuk Investasi, Simak Baik-baik!

Barack Obama

Mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama diketahui kerap begadang. Dalam sebuah artikel yang diterbitkan New York Times pada 2016 lalu, Obama dilaporkan pernah mengirim email pada pukul 1 pagi.

Menurut laporan, Obama biasanya makan malam bersama keluarga pada pukul 6.30 malam. Kemudian, ia bergegas ke kantor pribadi dan menghabiskan empat atau lima jam di sana untuk membaca makalah atau mengerjakan sesuatu hingga setengah 12 malam. “Saya biasa tidur pada pukul 12.30 pagi,” ungkap Obama kepada Pemimpin Redaksi Newsweek Jon Meacham pada 2009 silam.

Sallie Krawcheck

Salah satu pendiri sekaligus CEO Ellevest Sallie Krawcheck mengaku bahwa dirinya tidur lebih awal, sehingga ia bisa bangun sebelum fajar menyingsing. Menurut pengakuannya, ia terbiasa tidur pada pukul 8 malam.

“Aktivitas apapun yang saya coba lakukan setelah jam itu (8 malam) pasti tidak efektif. Karenanya, saya lebih memilih untuk langsung beristirahat, sehingga bisa kembali beraktivitas pada pukul 4 pagi,” jelasnya.

Oprah Winfrey

Di sela-sela kesibukannya sebagai presenter, aktris, dan produser, Oprah Winfrey ternyata punya waktu tidur yang terbilang sehat. Kepada Hollywood Reporter, Winfrey mengaku bahwa dirinya terbiasa tidur pukul 10 malam dan bangun tanpa alarm pada pukul 6 pagi.

Ia juga menuturkan,”Saya punya banyak jurnal di samping tempat tidur. Selain itu, saya juga selalu menyisihkan waktu untuk menulis lima hal yang memberikan kesenangan atau yang patut disyukuri pada hari tersebut.”

Arianna Huffington

Pada 2007, Arianna Huffington pernah pingsan di meja kerja setelah kelelahan dan kurang tidur. Setelah kejadian itu, pengusaha media tersebut selalu memprioritaskan tidur, bahkan ia pernah menulis buku tentang pentingnya istirahat.

“Hampir setiap hari saya tidur pukul 11 malam. Tujuan saya adalah untuk tidur selama yang saya bisa,” pungkasnya.

Ya, itulah jam tidur sederet orang sukses di dunia ini. Pertanyaannya, berapa sih waktu yang ideal untuk tidur pada malam hari?

Baca juga: Ingin jadi Orang Sukses? Ini Satu Kemampuan yang Harus Anda Miliki Menurut Warren Buffett!

Dikutip dari Healthline, orang dewasa disarankan untuk tidur selama tujuh hingga delapan jam dalam sehari. Kebiasaan tersebut dipercaya punya banyak manfaat sehat, mulai dari mampu mengendalikan nafsu makan, tingkatkan kekebalan tubuh, tingkatkan daya ingat, bahkan sanggup memperpanjang umur.

Bagaimana jika kurang tidur?

Menurut penelitian, kurang tidur berpotensi besar menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, seperti meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, obesitas, bahkan yang lebih menakutkan adalah kematian dini. Demikian dilansir Kompas.com.