Blog

Mengenal Tanggung Jawab dan Tugas Staff Warehouse dalam Perusahaan

danain-tanggung jawab dan tugas Staff Warehouse-gambar ilustrasi staff finance

Tanggung Jawab dan Tugas Staff Warehouse

Tugas staff warehouse atau pergudangan cukup beragam, tergantung perusahaan tersebut bergerak dalam sektor bisnis apa. Lebih lengkapnya, simak artikel berikut ini!

Staff gudang jadi salah satu jabatan yang memegang peran penting dalam perusahaan. Khususnya dalam hal memastikan ketersediaan stok barang maupun bahan baku yang dibutuhkan.

Meski terkesan sederhana, namun seorang staff gudang harus bekerja dengan ketelitian tinggi. Sebab, kesalahan perhitungan yang dilakukan oleh staff warehouse atau pergudangan dapat berakibat fatal terhadap operasional perusahaan.

Nah, berikut kami berikan ulasan lengkap mengenai tanggung jawab dan tugas staff warehouse dalam perusahaan yang perlu kamu tahu!

Apa yang Dimaksud Staff Warehouse?

Karyawan gudang atau warehouse staff adalah orang yang bertanggung jawab dalam memastikan pengadaan stok, kelancaran proses distribusi, serta penataan barang.

Pekerjaan ini membutuhkan ketelitian serta kekuatan fisik yang tinggi, sebab mereka akan berkutat dengan ribuan stok barang di gudang perusahaan serta memastikan bahwa barang tersebut sampai di tangan distributor dengan aman.

Baca juga: Mengenal Tugas Otoritas Jasa Keuangan dan Peran Pentingnya di Indonesia

Seorang staff gudang juga harus bertanggung jawab melakukan pengecekan terhadap tanggal kedaluwarsa setiap produk. Dengan begitu, produk yang akan mereka lepas ke pasar memiliki expired date yang masih panjang.

Tanggung Jawab dan Tugas Staff Warehouse

Nah, setelah mengetahui sekilas mengenai pekerjaan staff gudang ini, maka kamu juga harus tahu apa saja yang termasuk ke dalam cakupan tugas dan tanggung jawabnya:

  1. Melakukan penataan barang sesuai standar perusahaan

Salah satu tugas staff warehouse paling umum adalah melakukan penataan barang berdasarkan standar perusahaan. Biasanya, setiap barang akan memiliki kode unik atau barcode untuk memudahkan proses penataan ini.

Dengan begitu, suatu barang akan lebih mudah dikenali, mulai dari tanggal diterima, tanggal produksi, expired date, kondisi, dan lain sebagainya.

Jobdesk paling umum seorang warehouse staff adalah melakukan penataan barang agar teratur sesuai tanggal diterima, ketahanan, kondisi, serta kategori lain berdasarkan karakteristiknya. Dengan demikian, jika perusahaan akan mendistribusikan produknya, proses pemindahan dari gudang dapat berjalan lancar, efektif, serta efisien.

  1. Melakukan stock opname

Data barang yang masuk dan keluar harus selalu diperbarui secara rutin. Hal ini untuk memastikan ketersediaan stok barang sesuai dengan data yang ada.

Baca juga: Sering jadi Pertanyaan, Apa itu Perusahaan Startup?

Jadi, apabila terdapat orderan dari klien atau distributor, pihak gudang dapat menyediakan stoknya sesuai dengan jumlah yang diminta. Tentunya, jika data ini valid, penyediaan barang akan lebih mudah dilakukan. Namun, apabila perhitungan stok datanya salah, maka dapat berakibat fatal.

  1. Memindahkan barang saat proses distribusi

Tugas staff warehouse selanjutnya adalah melakukan pemindahan barang dan mengawasi selama proses aktivitas tersebut. Nantinya, hal ini akan diikuti dengan pendataan hingga pengelompokkan stok barang sesuai dengan kategori yang sudah ditentukan.

  1. Melakukan koordinasi tim

Staff gudang biasanya terdiri dari banyak orang sesuai dengan fungsinya masing-masing. Nah, mereka harus melakukan koordinasi tim dengan baik untuk menghindari terjadinya kesalahan data atau miskomunikasi.

Selain itu, staff warehouse juga harus berkoordinasi dengan divisi lain untuk memastikan pengelolaan gudang berjalan dengan baik dan lancar.

  1. Memastikan data produk yang akan dikirim

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, staff gudang harus memiliki ketelitian tinggi. Hal ini juga akan diimplementasikan ketika ada pengiriman produk ke distributor atau klien tertentu.

Staff gudang harus memastikan data produk yang dikirim sesuai dengan permintaan klien. Selain itu, juga memastikan data lain mengenai tanggal kedaluwarsa, kode produk, dan lain sebagainya.

Baca juga: Mengenal Proses Inti, Akun Perusahaan, dan Karakteristik Perusahaan Dagang

  1. Memelihara barang di gudang

Terakhir, tugas atau tanggung jawab seorang staff warehouse adalah merawat setiap stok barang yang ada di gudang. Hal ini dilakukan untuk memastikan, jangan sampai ada produk yang kedaluwarsa masih tersimpan di dalam gudang.

Selain itu, produk-produk yang sekiranya tidak layak untuk dipasarkan juga harus disingkirkan atau dikembalikan ke divisi produksi.

Nah, itulah ulasan singkat mengenai tugas staff warehouse. Buat kamu yang tertarik berkarier sebagai staff gudang, semoga informasi ini cukup memberikan gambaran mengenai apa saja tugas dan tanggung jawab yang harus diemban!

Leave a Reply