Blog

Perhatikan Baik-baik, ini Contoh Surat Rekomendasi Kerja dan Cara Membuatnya!

Contoh surat rekomendasi kerja

Saat melamar pekerjaan, biasanya pihak perusahaan akan meminta surat rekomendasi dari perusahaan sebelumnya. Lantas, seperti apa contoh surat rekomendasi kerja yang baik dan benar?

Surat rekomendasi kerja adalah sebuah surat yang dikeluarkan secara resmi oleh perusahaan atau instansi yang isinya menerangkan bahwa pihak pemohon pantas untuk mendapatkan pekerjaan di tempat yang baru atau yang akan dituju. Meski tak semua perusahaan meminta surat rekomendasi tersebut, namun tak ada salahnya untuk mempersiapkannya sebagai langkah antisipatif.

Secara garis besar, surat rekomendasi kerja sangat bermanfaat untuk menambah peluang seseorang mendapatkan pekerjaan di tempat impian. Kendati hanya sepucuk surat, namun ‘kesaktiannya’ mampu membuat tempat kerja tujuan takluk dan akhirnya menerima.

Berikut ulasan lengkap mengenai contoh surat rekomendasi kerja, seperti dikutip dari berbagai sumber.

ISI CONTOH SURAT REKOMENDASI KERJA

Pada prinsipnya, isi surat rekomendasi kerja sangat sederhana, cara membuatnya pun sangat mudah bagi perusahaan. Hanya saja, pihak pemohon harus memintanya kepada perusahaan jauh-jauh hari, sebab dikhawatirkan pimpinan perusahaan atau Human Resources Development (HRD) kerap sibuk, sehingga tak sempat membuatnya dengan cepat.

Baca juga: Jangan Asal Bikin, Inilah Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik dan Benar!

Adapun sejumlah informasi yang wajib ada di dalam contoh surat rekomendasi kerja adalah sebagai berikut:

  1. Informasi terkait pembuat dan pemohon surat rekomendasi kerja

Surat rekomendasi kerja dimulai dengan kop surat resmi dari perusahaan yang mengeluarkannya. Selanjutnya, diikuti dengan informasi si pembuat surat, seperti nama dan jabatan, kemudian dilanjutkan dengan informasi si pemohon yang menyebutkan nama dan alamat.

  1. Tujuan diterbitkannya surat rekomendasi kerja

Di paragraf berikutnya, sebutkan tujuan dikeluarkannya surat rekomendasi kerja untuk perusahaan baru. Dalam hal ini, si pembuat surat biasanya akan mencantumkan penilaian terhadap kinerja dari si pemohon. Selain itu, disebutkan pula lamanya si pemohon bekerja di perusahaan tersebut, beserta jabatan terakhir yang diembannya.

  1. Pernyataan optimistis dari si pembuat surat

Di bagian akhir surat, si pembuat surat akan menunjukkan sikap optimistisnya bahwa pihak pemohon juga dapat memberikan kontribusi yang baik kepada perusahaan yang baru.

Baca juga: Tak Punya Penghasilan Karena Belum Dapat Kerja? Simak Baik-baik Cara Dapat Uang Instan Berikut ini!

  1. Penutup

Dan sebagai penutup, si pembuat surat biasanya akan menyampaikan kalimat penutup layaknya surat-surat formal pada umumnya. Tak lupa, bakal disematkan juga tempat dan tanggal dikeluarkannya surat, serta tanda tangan dari pemberi rekomendasi.

CARA MINTA SURAT REKOMENDASI KERJA

Ketika sudah mengundurkan diri dari perusahaan, jangan menunggu lama-lama untuk meminta surat rekomendasi kerja. Kalau perlu, sebelum meninggalkan kantor lama, surat tersebut sudah harus diminta agar tak berlarut-larut.

Pihak pemohon juga harus aktif menanyakan perkembangannya, apakah sudah jadi atau belum. Sebab, jika tidak bergerak cepat, surat tersebut tak akan pernah jadi karena kesibukan masing-masing pihak.

Satu hal yang perlu diingat, memperoleh surat rekomendasi kerja adalah hak setiap karyawan. Jangan sampai pihak perusahaan mempersulit pembuatannya dengan alasan apapun.

Lalu, kepada siapa surat rekomendasi kerja harus diminta?

Jika kamu pernah bekerja dan bertanggung jawab langsung kepada supervisor, manajer, atau direktur, kamu bisa meminta surat rekomendasi kerja kepada mereka. Pasalnya, mereka pernah mengawasi secara langsung kinerjamu selama bekerja di perusahaan tersebut. Mereka tahu betul kualitas kerjamu seperti apa.

Baca juga: Ini Dia, Contoh Surat Pengalaman Kerja yang Baik dan Benar!

Terlebih lagi, jika kamu memang sudah kenal dekat dengan mereka. Tentu akan lebih mudah untuk memintanya. Akan tetapi, sebagian besar perusahaan umumnya menugaskan pihak HRD untuk mengeluarkan surat rekomendasi kerja, sebab itulah salah satu tugas mereka.

Inilah contoh surat rekomendasi kerja yang baik dan benar.

Leave a Reply