Blog

Mengenal Seluk Beluk Strategi Pemasaran 4P

danain-Strategi pemasaran 4P-gambar buku pemasaran

Strategi pemasaran 4P

Seperti apa strategi pemasaran 4P?

Sebelum membuka suatu usaha, sangat penting untuk mengetahui strategi pemasaran 4P. Tujuan utama dilakukannya seringkali karena ingin menyukseskan setiap bisnis yang tengah dijalankan. Dengan begitu, pengunjung akan sangat terpuaskan karena setiap pelayanan yang diberikan sangat memuaskan.

Ingin tahu definisi hingga penerapannya? Yuk, ikuti pembahasan di bawah ini hingga tuntas!

Definisi Strategi Pemasaran 4P

Pada dasarnya, tujuan utama dilakukannya kegiatan pemasaran ini adalah untuk menarik perhatian pelanggan, sehingga masyarakat jadi merasa tergoda untuk membelinya. Definisi dari strategi tersebut yaitu berupa kumpulan komponen dasar yang akan menjadi patokan awal.

Strategi pemasaran 4P juga sering disebut dengan istilah marketing mix 4P. Di mana, 4 jenis atau bagian tersebut terdiri dari place, price, product dan promotion. Selain itu, keberadaan strategi pemasaran ini sebenarnya tidak hanya digunakan untuk usaha besar-besaran. Akan tetapi, kegiatan ini dapat menumbuhkan jiwa pebisnis.

Baca juga: Ingin Sukses Gaet Pelanggan, Kamu Wajib Tahu 5 Strategi Pemasaran Berikut ini!

Jika ditinjau berdasarkan riwayat atau perjalanannya, strategi ini dipopulerkan oleh ilmuwan bernama Neil Borden-lah. Tokoh ini menjelaskan bahwa eksekutif dari pemasaran dapat mempermudah untuk memadukan bahan-bahan khusus di dalamnya. Namun demikian, E. Jerome McCarthy menganggap terdapat sublimasi pada konsep tersebut.

McCarthy dianggap telah menyoroti apabila istilah 4P tersebut merupakan bagian dari elemen kontrol. Selain itu, berfungsi juga untuk merealisasikan dalam rencana pemasaran yang akan dilakukan. Salah satu hal yang perlu untuk dilengkapi yaitu dengan menerima berbagai macam saran dan kritikan dari masyarakat.

Faktor-faktor yang Memengaruhi Strategi Pemasaran

Salah satu faktor yang memengaruhi strategi pemasaran adalah faktor eksternal. Faktor ini dapat dijelaskan sebagai bagian dari faktor-faktor yang berada di bagian luar perusahaan. Misalnya saja tingkat persaingan, distribusi, perilaku konsumen, serta regulasi pemerintah.

Baca juga: Strategi Cerdas agar Investasi Berjalan Lancar

Selain itu, terdapat faktor lain yang disebut faktor internal. Maksudnya adalah adanya hubungan secara internal perusahaan ataupun dalam organisasi. Pada faktor ini, biasanya akan ditunjukkan pada ketersediaan tujuan perusahaan, tahapan, produk, serta life crisis.

Namun, terdapat pula sistem marketing lain yang bisa digunakan, yaitu menggunakan sistem marketing mix. Hal ini dinilai mempunyai kualitas lebih besar, merek atau logo, bagaimana variasi produk, pengemasan, serta seberapa jauh perbedaan benda yang dimiliki dengan kompetitor.

Manfaat Diberlakukannya Strategi Pemasaran 4P

Kegiatan ini punyai segudang manfaat, salah satunya telah dipercaya mampu meningkatkan loyalitas. Namun, karena telah tersedia hubungan antara strategi dengan produk, membuat pebisnis dapat lebih fokus dengan usaha serta keperluan dari konsumen guna menciptakan kepuasan pelanggan.

Selain itu, pelaku bisnis akan sangat tepat apabila mampu mengkombinasikan seluruh elemen. Tujuan utama dilakukannya adalah untuk mempermudah dalam menciptakan teknik pemasaran serta sistem promosi yang tepat dalam hari tersebut.

Baca juga: Praktis, ini Cara Memutar Uang 300 Ribu Rupiah yang Bisa Cuan!

Terlebih lagi, jika kamu telah menggunakan strategi tersebut, bukan tidak mungkin akan mendapatkan berbagai macam keuntungan atau manfaat. Dengan menggunakan sistem ini, dapat menciptakan sinergi yang melimpah. Misalnya saja mempunyai atau menjaga hubungan baik di antara media promosi, konsumen, serta bisnis.

Pentingnya mengetahui strategi pemasaran 4P adalah agar muncul nilai produk yang baik serta dapat meningkatkan loyalitas dari para konsumen. Pasalnya, adanya ikatan batin dapat mempererat dalam mewujudkan teknik pendekatan yang berfokus terhadap kebutuhan dan juga kepuasan dari setiap konsumen.

Leave a Reply