Blog

Sering Disebut Dalam Dunia Usaha, Apa itu Grand Opening?

danain-Apa itu grand opening-gambara orang sedang grand opening

Apa itu grand opening?

Istilah grand opening sudah sangat familiar dalam dunia bisnis. Lantas, apa itu grand opening?

Saat membuka suatu usaha, sang pemilik biasanya akan mengumumkan usaha tersebut kepada khalayak ramai. Pengumuman pembukaan ini bisa berskala kecil, sedang, hingga besar. Nah, jika skalanya besar, inilah yang dinamakan grand opening.

Dalam kesempatan ini, kami akan mengulas grand opening secara lebih dalam, mulai dari apa itu grand opening, alasan diadakan, hingga strategi yang perlu diterapkan agar grand opening berjalan sukses. Berikut uraiannya, seperti dikutip dari laman Detik.com.

DEFINISI GRAND OPENING

Grand opening adalah pembukaan besar atau pembukaan akbar atas sebuah usaha atau bisnis. Grand opening merujuk pada pemberitahuan kepada publik tentang adanya suatu usaha baru, di mana produk atau layanannya dapat dinikmati oleh masyarakat luas.

Baca juga: Mau Buka Bengkel Motor? Segini Modal Usaha Bengkel Motor yang Perlu Disiapkan!

Definisi lainnya, grand opening merupakan event sosial yang tujuannya memperkenalkan usaha baru kepada masyarakat atau komunitas yang jadi target bisnis. Contoh grand opening sebut saja pembukaan restoran cepat saji yang melibatkan media massa, sehingga masyarakat bisa mengetahui informasi tersebut secara cepat.

PENTINGNYA GRAND OPENING BAGI USAHA

Grand opening punya manfaat yang luar biasa bagi keberlangsungan sebuah usaha, di antaranya:

Gaet konsumen baru

Tujuan utama dari grand opening adalah memperkenalkan usaha baru kepada masyarakat luas. Dalam hal ini, pelaku usaha harus punya mindset bahwa usaha yang dijalankan belum dikenal publik, sehingga harus diumumkan secara besar-besaran. Targetnya, konsumen baru bisa datang secara masif.

Agar dibicarakan banyak orang

Grand opening juga berguna untuk menciptakan gaung di tengah masyarakat. Makin banyak masyarakat yang membicarakan usaha baru tersebut, maka makin banyak pula orang yang tahu keberadaannya.

Baca juga: Dari Modal Hingga Promosi, ini Tips Usaha Cuci Mobil Sederhana bagi Pemula!

Menarik perhatian media

Media massa adalah salah satu sarana yang efektif untuk memperkenalkan usaha baru kepada masyarakat luas. Dalam konteks ini, grand opening yang heboh akan menarik perhatian media, sehingga menjadi pemberitaan besar.

Gestur ‘permisi’ kepada kompetitor

Saat terjun ke pasar, pelaku usaha akan bertemu dengan pengusaha lain yang sudah lebih dulu eksis. Di sini, grand opening bisa jadi semacam pengumuman atau gestur ‘permisi’ kepada kompetitor bahwa usaha baru tersebut akan ikut bersaing di tengah pasar.

STRATEGI CERDAS AGAR GRAND OPENING SUKSES

Setelah mengetahui apa itu grand opening dan manfaatnya, kini giliran kami membeberkan strategi cerdas agar grand opening berjalan lancar dan sukses, yakni:

  1. Pasang tanda di depan lokasi usaha – Bisa dengan tulisan ‘Coming Soon’ atau Segera Hadir’. Tujuannya untuk menginformasikan bahwa akan ada pembukaan usaha baru dalam waktu dekat.
  2. Manfaatkan iklan di internet – Untuk menjangkau target yang lebih luas, manfaatkanlah media sosial untuk memasang iklan. Cantumkan secara lengkap terkait waktu, lokasi, dan agenda grand opening.
  3. Gaet audiens lewat media sosial – Pelaku usaha juga bisa manfaatkan media sosial untuk menggaet audiens. Unggah informasi mengenai rencana grand opening dan apa saja yang akan ditawarkan.

Baca juga: 7 Fungsi Perencanaan Usaha yang Wajib Diketahui oleh Pebisnis

  1. Informasikan dari mulut ke mulut – Cara ini juga patut dicoba jika usaha yang dijalankan berskala kecil atau mikro. Pengumuman bisa disampaikan lewat keluarga, teman, atau tetangga.
  2. Sediakan sampel gratis – Sediakanlah sampel gratis kepada pengunjung yang datang. Kalau pengunjung puas, mereka cenderung akan melakukan pembelian di kemudian hari.

Bagaimana, sudah paham kan apa itu grand opening dan seluk beluknya?

Leave a Reply