Blog

7 Fungsi Perencanaan Usaha yang Wajib Diketahui oleh Pebisnis

danain-Fungsi perencanaan usaha-gambar orang sedang menganalisa

Fungsi perencanaan usaha

Dalam dunia bisnis, setiap pengusaha wajib memiliki perencanaan yang matang sekaligus terstruktur. Berikut kami beberkan fungsi perencanaan usaha yang jarang diungkap ke permukaan.

Salah satu kunci sukses menjalankan usaha adalah kemampuan menuangkan ide atau gagasan yang kreatif dan inovatif. Umumnya, hal tersebut dituangkan dalam rencana bisnis atau perencanaan usaha.

Mengutip Kompas.com, perencanaan usaha merupakan arahan keberlangsungan aktivitas perusahaan yang meliputi deskripsi tujuan dan cara mencapainya. Definisi lainnya, perencanaan usaha adalah suatu dokumen yang dirancang untuk merencanakan jalannya usaha dalam periode tertentu.

Perencanaan usaha biasanya berisi tentang apa yang akan dikerjakan dalam bisnis di kemudian hari. Aspeknya beragam, mulai dari alokasi sumber daya, peluang, hingga cara mengolah permasalahan.

Lantas, apa fungsi perencanaan usaha dalam dunia bisnis? Berikut sederet poinnya, seperti dikutip dari laman katadata.co.id:

Sebagai dasar sebuah bisnis

Perencanaan usaha bisa dibilang dasar dari sebuah bisnis, sehingga harus dibuat sedetail mungkin. Makin lengkap rencana yang disusun, maka makin terarah pula usaha yang dijalankan. Bahkan, peluang usaha untuk berkembang juga akan makin besar.

Baca juga: Simak, ini Cara Membuka Usaha Sendiri di Rumah yang Bisa Kamu Contek!

Membuat bisnis jadi lebih fokus dan terarah

Fungsi perencanaan usaha yang berikutnya adalah membuat bisnis jadi lebih fokus dan terarah. Dengan adanya perencanaan yang matang, tujuan bisnis dapat tercapai lebih mudah sesuai target yang telah ditentukan. Ini karena perencanaan bisnis memuat rencana jangka pendek, menengah, hingga panjang.

Untuk memprediksi masa depan

Saat pebisnis membuat rencana usaha, maka akan terlihat seperti apa gambaran jangka pendek, menengah, hingga panjang, dari usaha yang dijalankan. Dampaknya, pebisnis bisa memprediksi masa depan usaha, bahkan meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi.

Untuk mencari sumber dana

Tahukah kamu bahwa perencanaan usaha bisa dimanfaatkan untuk mencari sumber dana? Untuk diketahui, perencanaan usaha secara tidak langsung bisa jadi proposal atau dokumen untuk mendapatkan sumber pendanaan dari pihak lain, seperti investor, perbankan, atau modal ventura. Sederet pihak tersebut biasanya memerlukan dokumen resmi untuk mengetahui seperti apa gambaran bisnis yang akan dijalankan.

Baca juga: Buruan Cek, ini Usaha Modal 2 Juta di Desa dengan Untung Menjanjikan!

Menaikkan level bisnis

Fungsi selanjutnya adalah untuk menaikkan level bisnis ke tingkat yang lebih tinggi. Perlu dipahami, perencanaan usaha yang disusun dengan baik akan membuat pelaku bisnis jadi lebih bergairah untuk meningkatkan penjualannya.

Nah, dengan semangatnya yang tinggi tersebut, bisnis yang dilakoni berpotensi besar bisa tumbuh dan berkembang dalam waktu lebih cepat. Karena itu, jangan sekali-kali remehkan perencanaan usaha!

Mengetahui model bisnis yang dijalani

Sebuah bisnis baru akan sulit untuk berkembang jika dijalankan tanpa adanya rencana yang matang. Karena itu, dibutuhkan perencanaan usaha untuk mengetahui model bisnis yang akan dikembangkan, sehingga lebih terorganisir dan bisa mencapai target yang telah ditentukan.

Target market jadi jelas

Fungsi perencanaan usaha yang terakhir adalah untuk mengetahui lebih jelas tentang target market yang dituju. Dengan begitu, pemilik bisnis bisa memasarkan produknya lebih tepat sasaran.

Coba bayangkan, apa jadinya jika tidak ada perencanaan usaha dalam menjalankan bisnis! Kemungkinan besar produk yang dijual tidak akan laku, sebab pasarnya tidak diketahui.

Baca juga: 5 Contoh Usaha di Bidang Pariwisata ini Bisa Hasilkan Cuan Menjanjikan!

Ya, itulah sederet fungsi perencanaan usaha yang perlu diketahui oleh pelaku bisnis. Adapun untuk membuat perencanaan usaha yang efektif, pebisnis harus membuat deskripsi usaha, menentukan strategi pemasaran, membuat analisis pesaing, rencana operasional dan manajemen, buat desain pengembangan, hingga menghitung pembiayaan.

Leave a Reply