Blog

Sederet Usaha Kecil-kecilan untuk Kaum Remaja, Patut Dicoba!

Danain-bisnis_kecil-kecilan_untuk_remaja-gambar mahasiswa memegang uang

“Remaja itu tugasnya hanya belajar dan fokus menyiapkan masa depan”

Hmm, ungkapan itu tampaknya sudah tak berlaku di era modern seperti saat ini. Pasalnya, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan oleh seorang remaja yang juga bermanfaat bagi dirinya sendiri. Salah satunya sebut saja menjalankan usaha berskala kecil dengan modal yang juga minim. Selain bisa jadi pemasukan untuk menambah uang jajan, kegiatan tersebut juga akan memberi pengalaman yang luar biasa bagi yang bersangkutan.

Berikut sederet usaha kecil-kecilan yang bisa dijalankan oleh remaja, yang notabene tak menyita waktu dan tak menganggu waktu sekolah, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber:

Jual pulsa

Di era digital seperti sekarang, ponsel menjadi semacam kebutuhan pokok bagi masyarakat. Alhasil, kebutuhan akan pulsa atau paket internet pun kian meningkat. Kondisi ini bisa dimanfaatkan oleh kaum remaja untuk mendulang keuntungan, yakni dengan menjual pulsa atau paket internet secara elektrik.

Baca juga: Selain Modal, Inilah Faktor-faktor Penentu Keberhasilan Wirausaha!

Jual camilan

Usaha lain yang bisa dilakoni oleh seorang remaja adalah menjual camilan, seperti makaroni pedas, mie lidi, dan lain sebagainya. Atau jika hobi memasak, tak ada salahnya juga untuk menjual berbagai jenis gorengan yang disukai banyak orang. Di tahap awal, bisa terapkan sistem pre-order guna meminimalisir risiko kerugian.

Jual jus buah

Jika di rumah ada blender, manfaatkan perangkat tersebut untuk menjual jus buah. Usaha ini tergolong laku di pasaran, terlebih di masa pandemi seperti sekarang, banyak orang yang mulai sadar akan kesehatannya. Mulailah dengan menjual beberapa jenis jus buah yang banyak diminati, seperti jeruk, alpukat, atau mangga.

Jadi dropshipper

Seorang remaja juga bisa jadi dropshipper untuk mengisi waktu luangnya. Di sini, tugas mereka hanya memasarkan produk (apapun) melalui media online yang dimiliki, setelah sebelumnya sepakat bekerjasama dengan supplier atau pemilik barang. Seorang dropshipper bisa mengunggah foto-foto produk di media sosial dengan harga yang lebih tinggi dari yang dibandrol si pemilik barang.

Baca juga: Mau jadi Pengusaha, ini 4 Jenis SIUP yang Perlu Kamu Tahu!

Jika ada yang memesan dan melakukan pembayaran, dropshipper tinggal menghubungi supplier dan menyetorkan uang dengan nominal yang disepakati di awal. Setelahnya, supplier akan mengirimkan barang kepada pembeli atas nama dropshipper.

Menulis blog

Jika kamu hobi menulis, menjadi blogger bisa jadi pilihan tepat untuk menambah uang saku. Memang keuntungannya tak bisa didapat dengan cepat, sebab tulisanmu baru akan menghasilkan jika pembacanya sudah banyak. Makin banyak blog dikunjungi orang, maka potensi iklan yang datang akan terbuka lebar. Di situlah pundi-pundi rejeki bisa dirasakan.

Budidaya tanaman hias

Usaha selanjutnya yang bisa dilakukan oleh seorang remaja adalah budidaya tanaman hias di pekarangan rumah. Pilihlah jenis tanaman yang tidak rewel dengan perawatan yang cenderung mudah. Selanjutnya, tanaman ini bisa dijual ke orang-orang sekitar atau dipasarkan melalui media online.

Baca juga: Pernah Putus Sekolah, Pria ini Sukses jadi Pengusaha Bergelar Miliarder!

Jasa desain grafis

Yang terakhir adalah jasa desain grafis. Modal utamanya tentu saja harus punya keterampilan untuk mendesain. Remaja bisa membuat desain untuk sejumlah kepentingan, seperti hadiah untuk ulang tahun, wisuda, atau pernikahan. Terkait klien, bisa dicari dari orang-orang terdekat.

Ya, itulah beberapa jenis usaha kecil-kecilan yang bisa dilakoni seorang remaja di sela-sela aktivitas sekolahnya. Poin penting yang harus diingat, pilihlah usaha yang benar-benar diminati dan dimengerti agar selalu termotivasi untuk maju dan tak mudah menyerah ketika menjalaninya.

Leave a Reply