Blog

Sangat Menginspirasi, ini Contoh Kewirausahaan Sosial yang Ada di Indonesia!

danain-Contoh kewirausahaan sosial-gambar orang packing barang

Artikel ini membahas tentang contoh kewirausahaan sosial

Istilah kewirausahaan sosial mungkin masih terdengar asing di telinga sebagian masyarakat. Dalam kesempatan ini, kami akan beberkan pengertian hingga contoh kewirausahaan sosial yang ada di Indonesia. Yuk, simak sampai tuntas!

Saat mendengar kata kewirausahaan, yang terlintas di benak kita mungkin adalah individu atau kelompok yang menjalankan sebuah usaha dengan tujuan mencari keuntungan. Namun demikian, pernahkah kamu mendengar istilah kewirausahaan sosial dalam kehidupan sehari-hari?

Jika belum, artikel kali ini penting sekali untuk disimak. Pasalnya, kami akan mengulas kewirausahaan sosial secara lengkap, mulai dari pengertian hingga contoh kewirausahaan sosial yang ada di Tanah Air.

DEFINISI KEWIRAUSAHAAN SOSIAL

Kewirausahaan sosial merupakan kegiatan usaha dengan misi utama memberikan dampak yang besar terhadap kehidupan sosial. Pelaku usaha ini akan menghitung seberapa besar lingkungan menerima manfaat dari bisnis yang dijalankan.

Wirausahawan sosial jauh berbeda dengan wirausahawan biasa. Jika wirausahawan biasa tujuan utamanya adalah mencari profit, wirausahawan sosial justru sebaliknya. Mereka lebih mencari manfaat bagi masyarakat sekitarnya.

Baca juga: Punya Peluang Besar, 5 Bisnis yang Masih Jarang Digeluti ini Patut Kamu Coba!

Motivasi utama dari kewirausahaan sosial adalah menyelesaikan masalah yang terjadi di masyarakat. Meski begitu, bukan berarti pelaku usaha sosial anti terhadap profit. Bisa dibilang, mereka hanya menjadikan profit sebagai salah satu alat untuk menyelesaikan masalah.

Usahawan sosial tidak akan berhenti berusaha sebelum masalah yang dihadapi oleh masyarakat sekitar bisa terselesaikan. Intinya, kepuasan mereka bukanlah keuntungan yang melimpah, melainkan berkurangnya beban masyarakat. Demikian dilansir laman Kompas.com.

Tidak tergiur materi

Pemerintah dan bisnis berorientasi profit pada dasarnya tidak dapat menjangkau semua masalah yang ada di masyarakat. Oleh sebab itu, dibutuhkan kewirausahaan sosial sebagai salah satu solusi.

Dalam konteks ini, ada banyak masalah di tingkat lokal yang notabene tidak terlihat oleh pemerintah dan tidak punya nilai finansial untuk dikelola oleh pengusaha. Tapi, di sisi lain, ada saja orang-orang berjiwa besar yang mau membantu mengatasi masalah yang dihadapi orang lain.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Waralaba dalam Dunia Bisnis?

Mereka tidak tergiur materi, apalagi pengakuan. Mereka hanya akan merasa puas jika bisa membantu banyak orang dalam mengurangi beban hidupnya.

Pelaku usaha sosial adalah inovator yang mengubah pola pikir dan cara bertindak konvensional. Mereka biasa bergerak dalam skala lokal dengan sumber daya yang dihimpun secara sukarela. Mereka paham betul dan bisa membedakan mana pekerjaan sosial dan pekerjaan pribadi.

CONTOH KEWIRAUSAHAAN SOSIAL

Setelah mengetahui definisi kewirausahaan sosial, kamu mungkin bertanya-tanya, apa saja contoh kewirausahaan sosial? Berikut kami berikan beberapa contohnya!

Pemberdayaan petani kopi di Papua

Sekelompok anak muda memberdayakan petani kopi lewat sebuah proyek bernama Belift Dogiyai. Mereka menyerap dan menjual kopi petani asal Dogiyai, Papua. Para petani dibekali dengan akses pasar, finansial, dan pengetahuan tentang proses pasca panen. Kemudian, hasil penjualannya dikembalikan lagi kepada para petani.

Kisah Tenoon dari Makassar

Dari namanya, kamu tentu sudah bisa menebak jika bisnis sosial ini adalah menjual produk tenun. Di sini, Tenoon memilih kain terbaik dari berbagai daerah, lalu dibawa ke Makassar untuk dijahit oleh penjahit difabel. Barang yang dihasilkan pun sangat beragam, mulai dari tas, dompet, hingga sampul buku.

Baca juga: 7 Buku tentang Bisnis ini Wajib Kamu Baca jika Ingin jadi Pengusaha Sukses!

Aplikasi Sahabat Care

Ide awalnya adalah keprihatinan terhadap balita di wilayah Palu yang harus menempuh perjalanan jauh untuk berobat ke kota. Berangkat dari hal itu, terciptalah aplikasi Sahabat Care yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai kewirausahaan sosial, mulai dari pengertian hingga contoh kewirausahaan sosial. Karena manfaatnya yang luar biasa, sudah sepatutnya jika aktivitas ini diperkenalkan sejak dini di sekolah-sekolah untuk menciptakan generasi yang peka dengan masalah sosial. Kewirausahaan sosial juga perlu difasilitasi, didukung, dan dipermudah.

Leave a Reply