Blog

Jangan Keliru, ini Perbedaan Visi, Misi, dan Tujuan!

danain-Perbedaan visi, misi, dan tujuan-gambar ilustrasi visi dan misi

Perbedaan visi, misi, dan tujuan

Istilah visi, misi, dan tujuan sudah sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Lantas, apa perbedaan visi, misi, dan tujuan?

Setiap organisasi, perusahaan, atau individu, pasti punya visi, misi, dan tujuan yang ingin dicapai, baik dalam jangka pendek atau jangka panjang. Meskipun terkesan masih wacana belaka, namun visi, misi, dan tujuan penting untuk ditetapkan guna mencapai hasil yang baik di kemudian hari.

Nah, bicara visi, misi, dan tujuan, tahukah kamu perbedaan ketiganya? Jika belum, ulasan berikut ini penting sekali untuk disimak. Inilah perbedaan visi, misi, dan tujuan, seperti dikutip dari laman Liputan6.com!

DEFINISI VISI

Secara umum, visi adalah serangkaian kata yang menunjukkan impian atau cita-cita sekelompok orang atau pribadi dengan pandangan jauh ke depan demi mencapai sebuah tujuan yang diinginkan. Visi kerap dijadikan panutan akan situasi dan karakteristik mengenai arah perjalanan ke depannya.

Baca juga: Ternyata, Inilah Cara Jadi Orang Sukses dari Nol!

Visi dapat berubah dan berkembang sesuai pengaruh atau perkembangan zaman. Karenanya, visi sering kali tidak ditulis secara detail, tapi menerangkan gambaran sistem yang menjadi tujuannya. Intinya, visi lebih berorientasi ke masa depan.

Contoh visi suatu perusahaan minyak: “Menjadi perusahaan energi kelas dunia”

DEFINISI MISI

Misi adalah suatu pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan dalam rangka mewujudkan visi yang sudah dibuat. Misi bisa diibaratkan langkah-langkah kecil yang dibagi untuk mempermudah atau bentuk usaha nyata dalam memberikan arah untuk mencapai tujuan.

Definisi lainnya, misi adalah prioritas, metode, atau nilai kerja yang menjadi landasan untuk memberi petunjuk dalam mewujudkan sebuah visi. Misi berfokus pada bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan demi mencapai visi yang telah ditentukan.

Contoh misi suatu perusahaan minyak: “Menjalankan usaha minyak dan gas secara terintegrasi berdasarkan prinsip komersial yang kuat”

DEFINISI TUJUAN

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tujuan punya makna sebagai arah, haluan, sesuatu yang dituju, maksud, atau tuntunan. Tujuan merupakan langkah awal dan juga kunci utama untuk mencapai kesuksesan.

Baca juga: Sukses di Usia Muda, ini Total Kekayaan Kylie Jenner yang Fantastis!

Tujuan juga bisa berarti kunci untuk memutuskan atau merencanakan apa yang harus dilakukan dalam pekerjaan, disertai dengan prosedur, politik, anggaran, dan identifikasi program. Adapun dalam dunia bisnis, tujuan adalah sebuah hasil akhir yang bisa diamati dan diukur.

PERBEDAAN VISI, MISI, DAN TUJUAN

Setelah mengetahui definisi visi, misi, dan tujuan, kamu mungkin bertanya-tanya, di mana letak perbedaan ketiga hal itu?

Secara garis besar, tujuan adalah penjabaran dari visi-misi dan merupakan hal yang akan dicapai atau dihasilkan oleh organisasi atau perusahaan, termasuk individu yang akan melakukan sesuatu. Tujuan bisa dibilang sebuah pernyataan tentang keadaan, di mana suatu organisasi ingin mencapai sesuatu di masa depan.

Tujuan kerap digunakan untuk menerjemahkan visi-misi serta sesuatu yang ingin dicapai oleh individu atau organisasi. Tujuan juga bisa berupa target yang bersifat kuantiatif dan merupakan pencapaian atas kinerja perusahaan.

Baca juga: Berbagai Kisah Orang Sukses yang Menginspirasi untuk Kaum Milenial

Dalam merumuskan tujuan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Di sini, organisasi atau individu harus bersikap SMART alias Specific, Measurable, Action Oriented, Realistic, dan Timely. Atau jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia berati spesifik, terukur, berorientasi pada tindakan, realistis, dan tepat waktu.

Ya, demikianlah ulasan singkat mengenai perbedaan visi, misi, dan tujuan, yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply