Blog

Tak Main-main, ini 5 Manfaat Hidup Hemat yang Perlu Kamu Tahu!

Danain-manfaat_hidup_hemat-gambar orang sedang merencanakan keuangan

Manfaat hidup hemat bagi diri kamu

Menerapkan gaya hidup hemat harus dilatih sedini mungkin. Lantas, apa saja manfaat hidup hemat bagi pribadi seseorang?

“Hemat pangkal kaya”

Kalimat di atas tentu sudah tidak asing di telinga kita masyarakat Indonesia. Maklum, sedari kecil, orang tua kita sering mengucapkan kalimat itu di berbagai kesempatan. Maksudnya pasti baik, yakni agar kita tidak menghambur-hamburkan uang untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.

Perlu kamu tahu, menerapkan gaya hidup hemat bukan berarti pelit terhadap diri sendiri dan juga orang lain, melainkan tahu tentang batasan dan tidak berlebihan terhadap sesuatu. Dengan menerapkan pola hidup hemat, kamu bisa mencegah tumbuhnya perilaku boros dan konsumtif yang berpotensi membuatmu terjerumus pada pola hidup yang tidak sehat.

Berikut kami beberkan 5 manfaat hidup hemat, seperti dikutip dari berbagai sumber:

Kondisi keuangan jadi lebih stabil

Manfaat hidup hemat yang pertama adalah menciptakan kondisi keuangan yang jauh lebih sehat dan stabil. Seperti yang diketahui, menerapkan hidup hemat bisa menekan pengeluaran setiap bulannya.

Baca juga: Ini Dia, Cara Menghemat Token Listrik agar tak Cepat Habis!

Orang yang hidup hemat pun cenderung membeli barang yang penting-penting saja. Mereka tidak akan menghabiskan uangnya untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Dengan begitu, uang tabungan mereka akan lebih banyak dan bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain yang lebih penting, seperti untuk dana pendidikan, asuransi, investasi, hingga jaminan kesehatan.

Masa depan lebih terjamin

Saat menjalankan gaya hidup hemat, kamu akan paham tentang betapa pentingnya skala prioritas. Hal ini membuatmu jadi lebih mudah dan berhati-hati dalam mengelola keuangan dengan senantiasa mengutamakan kebutuhan dibanding keinginan.

Sejalan dengan hal itu, ketika kamu mulai paham dengan apa yang harus didahulukan, kamu akan lebih sadar tentang pentingnya menabung. Seiring berjalannya waktu, jumlah tabunganmu tak terasa akan makin banyak dan kamu bisa menuai hasilnya di masa depan.

Terhindar dari utang

Manfaat hidup hemat yang ketiga adalah bisa terhindar dari utang. Dengan menerapkan pola hidup hemat, kamu pasti bisa menyusun manajemen finansial yang rapi, sehingga keuangan setiap bulan bisa tetap aman.

Baca juga: Lakukan 7 Hal ini jika ingin Hemat saat Belanja di Supermarket!

Singkat kata, setiap uang yang kamu miliki sudah punya alokasinya masing-masing. Nah, minimnya masalah keuangan ini sejatinya bisa mencegah kamu untuk berutang kepada pihak lain.

Mampu mencegah stres

Tahukah kamu jika berhemat bisa mencegah timbulnya stres dalam kehidupan? Setidaknya, itulah yang diungkap oleh American Psychological Association sejak awal studi pada tahun 2007 silam. Menurut mereka, masalah finansial adalah pemicu stres yang utama bagi orang Amerika setiap tahun.

Adapun menurut penelitan tahun 2019 lalu, 72 persen dari 3.068 orang dewasa Amerika yang disurvei merasa tertekan soal uang selama 12 bulan terakhir. Sementara itu, 64 persen di antaranya melaporkan bahwa uang adalah sumber stres yang sangat signifikan secara berkelanjutan.

Poin penting yang harus kamu ingat, menjadi hemat tidak berarti tidak pernah mengalami stres karena uang, namun itu pasti akan sangat membantu. Terutama jika kamu bisa mempertahankan anggaran pada pendapatan bulan lalu.

Baca juga: Selalu Terlihat Mewah, Ternyata Keluarga Kerajaan Inggris Punya 10 Kebiasaan Hemat yang perlu Ditiru!

Punya lebih banyak waktu untuk hal berarti

Ini manfaat hidup hemat yang terakhir.

Untuk diketahui, orang yang hemat selalu berusaha membuat hal-hal yang mereka punya bertahan lebih lama. Mereka juga tidak perlu menghabiskan waktu yang lama untuk berbelanja sesuatu yang baru.  Oleh sebab itu, mereka bisa menghabiskan waktu untuk hal-hal yang lebih berarti, seperti menghabiskan waktu berkualitas dengan keluarga, menjalankan hobi yang disuka, atau sekadar untuk bersantai.

Bagaimana, siap menerapkan gaya hidup hemat dalam waktu dekat?

Leave a Reply