Blog

Simak, ini Perbedaan Pemasaran dan Promosi yang Jarang Diketahui!

danain-Perbedaan pemasaran dan promosi-gambar orang menempel notes

Perbedaan pemasaran dan promosi

Istilah pemasaran dan promosi sudah sangat familiar dalam dunia bisnis. Namun demikian, masih banyak pihak yang mengira bahwa keduanya adalah hal yang sama, padahal tidak. Lantas, apa perbedaan pemasaran dan promosi?

Dalam dunia bisnis, pemasaran dan promosi punya keterkaitan satu sama lain. Meski sekilas hampir sama, namun keduanya punya perbedaan yang cukup mendasar dan jarang diketahui.

Langsung saja, berikut perbedaan pemasaran dan promosi yang perlu kamu tahu!

DEFINISI PEMASARAN DAN PROMOSI

Pemasaran adalah proses kerja berbentuk pemberian informasi, baik dalam bentuk audio atau visual yang dikemas semenarik mungkin. Tujuan pemasaran adalah untuk menarik perhatian publik terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.

Pemasaran juga berarti konsep yang berorientasi pada kebutuhan serta keinginan konsumen, dengan didukung kegiatan pemasaran terpadu guna mencapai kepuasan pelanggan.

Baca juga: Simak, ini Karakteristik Dana Kas Kecil Dalam Dunia Bisnis!

Sementara itu, promosi adalah kegiatan yang terdiri dari pelaksanaan gagasan dan perencanaan dalam bentuk komunikasi yang digunakan untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan orang-orang tentang sebuah produk atau jasa. Adapun menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), promosi adalah perkenalan dalam rangka memajukan usaha, dagang, dan lain sebagainya.

Definisi lainnya, promosi adalah komunikasi pemasaran yang dilakukan untuk memengaruhi, menyampaikan, membujuk, serta meningkatkan pasar dari suatu produk atau jasa. Promosi dilakukan agar produk atau jasa yang dijual bisa diterima dengan baik oleh masyarakat.

STRATEGI PEMASARAN DAN PROMOSI

Di era digital seperti saat ini, strategi pemasaran dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya dengan memanfaatkan platform digital yang tersedia. Namun, perlu diingat juga bahwa ada beberapa produk atau layanan akan lebih tepat kalau dipasarkan secara konvensional. Karena itu, penting untuk mengetahui target market serta layanan dan produk yang ditawarkan terlebih dulu sebelum memasarkannya.

Setidaknya, ada lima strategi efektif yang bisa dilakukan oleh pelaku usaha untuk memasarkan produk dan layanannya agar sukses menggaet konsumen, antara lain: terapkan strategi pemasaran yang variatif, manfaatkan media sosial dengan baik, tidak mengabaikan pemasaran lapangan, manfaatkan event marketing, serta mengadakan giveaway.

Baca juga: Pebisnis Wajib Tahu, ini Cara Menghitung Return of Investment!

Adapun macam-macam strategi promosi bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti periklanan melalui media massa, promosi penjualan (obral atau pemberian kupon), penjualan tatap muka, hingga publisitas atau hubungan masyarakat.

Untuk diketahui pula, promosi punya sejumlah manfaat yang tak main-main, yakni bisa meningkatkan kesadaran merek, mampu mengidentifikasi segmen, tingkatkan loyalitas konsumen, tingkatkan reputasi produk, serta menjaga perputaran persediaan barang.

PERBEDAAN PEMASARAN DAN PROMOSI

Setelah membaca penjelasan di atas, kamu mungkin bertanya-tanya, kenapa pemasaran dan promosi tidak bisa disamakan?

Pada prinsipnya, pemasaran sudah bisa dimulai sebelum produk atau jasanya ada atau tersedia. Berbanding terbalik, promosi hanya akan dimulai ketika sebuah perusahaan telah memiliki produk atau jasa.

Perbedaan lainnya, pemasaran berfokus pada cara perusahaan untuk mencari tahu kebutuhan pelanggan serta sebagai upaya mempromosikan produk atau jasa kepada konsumen. Sedangkan promosi berfokus pada penjualan produk atau jasa yang telah dirancang oleh perusahaan. Tujuannya, agar produk tersebut bisa dibeli oleh konsumen dalam rangka memenuhi kebutuhannya.

Baca juga: 7 Fungsi Perencanaan Usaha yang Wajib Diketahui oleh Pebisnis

Secara garis besar, promosi adalah bagian dari pemasaran. Ketika aktivitas promosi berlangsung, aktivitas pemasaran masih tetap dilakukan.

Kesimpulannya, pemasaran tidak sama dengan promosi. Intinya, pemasaran punya lingkup yang lebih luas daripada promosi.

Sudah paham kan perbedaan pemasaran dan promosi?

Leave a Reply