Blog

Apakah yang Dimaksud dengan ISP? Berikut Penjelasan dan Cara Kerjanya!

danain-Apakah yang dimaksud dengan ISP-gambar ilustrasi jaringan rumah

Apakah yang dimaksud dengan ISP

Apakah yang dimaksud dengan ISP?

Memahami lebih jauh terkait apakah yang dimaksud dengan ISP sangat penting di zaman serba modern seperti saat ini. Bagi kamu yang masih asing dengan istilah tersebut, simak ulasan di bawah ini hingga bagian akhir!

Apakah yang Dimaksud dengan ISP?

Untuk diketahui, setiap kali terhubung ke jejaring internet, koneksi kamu akan dirutekan melalui ISP. Istilah ini seringkali disebut dengan penyedia atau provider.

Berdasarkan pengertiannya, ISP merupakan salah satu perusahaan yang mampu menyediakan koneksi serta layanan internet untuk individu maupun organisasi. Setiap layanan akan menyediakan berbagai macam keunggulan kepada pelanggannya.

Baca juga: Mudah dan Cepat, ini Sederet Cara Ampuh untuk Dapatkan Uang dari Internet!

Tak hanya itu, perusahaan juga menyediakan koneksi internet, lengkap dengan pemeliharaan serta instalasi. Adapun kepanjangan dari ISP adalah Internet Access Provider atau Penyedia Akses Internet.

Agar pengguna dapat terhubung ke penyedia layanan ini, dibutuhkan modem maupun akun aktif. Saat menghubungkan modem ke telepon maupun kabel outlet, berarti kamu akan melakukan komunikasi dengan layanan ini.

Cara Kerja ISP

Setelah mengetahui apakah yang dimaksud dengan ISP, pastinya kamu sudah ada bayangan terkait layanan ini. Terlebih lagi, cara kerjanya pun dianggap sangat sederhana, yakni cukup menunggu pengguna jasa internet untuk memberi permintaan akses saja.

Setelah itu, pihak ISP akan melakukan routing jaringan ke perangkat yang digunakan oleh setiap pengguna jasa. Penggunaannya juga dapat diterapkan pada modem, komputer, dan lain sebagainya untuk mengakses internet.

Jika sudah dilakukan, maka pengguna bisa menikmati layanan internet melalui perangkat masing-masing. Sekadar informasi, ISP juga menyediakan beberapa jenis layanan sesuai kebutuhan.

Baca juga: Sering jadi Pertanyaan, Apa itu Perusahaan Startup?

Salah satunya yaitu wireless connection sebagai layanan ISP yang tidak membutuhkan kabel tambahan untuk mendapat koneksi. Akan tetapi, terdapat biaya tambahan untuk pemakaian internet di setiap bulannya.

Ada pula Internet Mobile Access untuk pengguna smartphone. Tujuan utamanya agar dapat mengakses internet secara langsung melalui telepon genggam.

Biasanya, jenis layanan ini digunakan melalui sim card ponsel yang telah mendukung CDMA maupun GSM. Selanjutnya, yaitu Dedicated Connection yang ditujukan untuk perusahaan besar.

Fasilitas ini umumnya tersedia selama 24 jam nonstop. Penggunaannya diutamakan untuk mereka yang membutuhkan koneksi internet kuat yang bisa menunjang seluruh kegiatan dalam suatu perusahaan.

Fungsi ISP

Penjelasan terkait apakah yang dimaksud dengan ISP tentu tidak lengkap jika kamu tidak mengetahui fungsi sebenarnya. Secara singkat, fungsi utama ISP adalah untuk mendistribusikan jaringan, sehingga pengguna layanan dapat mengakses segala macam informasi dari internet.

Selain itu, dapat pula digunakan untuk menyambungkan satu pengguna dengan yang lainnya untuk menuju gateway internet terdekat.

Penyedia perangkat modem dan juga antena yang digunakan dapat dihubungkan guna mendapatkan koneksi internet berjenis dial up connection. Terlebih lagi, bisa juga dilakukan pembatasan akses dan kuota internet bagi beberapa user.

Baca juga: Benar-benar Ampuh, ini Sederet Trik Jualan Online agar Cepat Laku!

Fungsi lainnya, untuk memudahkan akses internet bagi user di seluruh Indonesia. Juga mampu memajukan teknologi internet dan akses internet untuk daerah terpencil di Indonesia.

Mempelajari apakah yang dimaksud dengan ISP jadi salah satu hal wajib di era perkembangan teknologi masa kini. Terlebih lagi, internet sudah jadi bagian hidup umat manusia, bahkan sudah dianggap jadi kebutuhan primer.

Leave a Reply