Blog

Penghasil Tebu Terbesar di Indonesia, Daerah Mana Saja?

danain-Penghasil tebu terbesar di Indonesia-gambar tanaman tebu

Artikel ini berisi informasi tentang penghasil tebu terbesar di Indonesia

Indonesia termasuk salah satu negara penghasil tebu terbesar di dunia. Lantas, daerah mana saja penghasil tebu terbesar di Indonesia?

Sebagai bahan baku dalam industri gula, tebu memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam perekonomian nasional. Gula merupakan satu dari sembilan bahan pokok (sembako) bagi masyarakat Indonesia.

Sekadar informasi, tebu pertama kali ditemukan di Papua Nugini, sebelum akhirnya banyak ditanam di berbagai negara. Dari sejumlah negara yang memproduksi tebu, ada 10 negara yang tercatat paling banyak menghasilkannya, salah satunya adalah Indonesia. Demikian menurut data Food & Agriculture Organization (FAO).

Nah, bicara produsen tebu di Tanah Air, ada satu pertanyaan yang kerap mengemuka. Sebenarnya, daerah mana saja penghasil tebu terbesar di Indonesia? Berikut kami berikan daftarnya, seperti dikutip dari laman Kompas.com!

Jawa Timur

Daerah penghasil tebu terbesar di Indonesia yang pertama adalah Jawa Timur. Sejak zaman Belanda hingga saat ini, wilayah tersebut memang terkenal sebagai pusat gula di dalam negeri.

Baca juga: Daerah Penghasil Batu Bara Terbesar di Indonesia, Mana Saja?

Keberadaan kebun tebu di Jawa Timur terdapat di setiap kota atau kabupaten. Estimasi luas lahan perkebunan tebu di sana pada tahun 2022 diperkirakan mencapai 184,2 ribu hektar. Adapun estimasi jumlah produksinya sebesar 1,04 juta ton.

Pada tahun 2019 lalu, produksi gula di Jawa Timur diketahui mencapai 1,05 juta ton atau setara 47,19 persen dari total produksi gula di Indonesia.

Lampung

Di daftar kedua ada Lampung. Industri gula di wilayah ini merupakan yang pertama di kawasan Sumatera. Industri gula makin berkembang pesat setelah Indonesia merdeka.

Estimasi luas lahan perkebunan tebu di Lampung pada tahun 2022 diperkirakan mencapai 130,3 ribu hektar. Sementara itu, estimasi jumlah produksinya sebesar 801,8 ribu ton.

Jawa Tengah

Daerah berikutnya adalah Jawa Tengah. Estimasi luas perkebunan tebu di sana pada tahun 2022 diperkirakan mencapai 35,6 ribu hektar, sedangkan estimasi jumlah produksinya sebesar 164, 086 ribu ton.

Baca juga: Simak, ini Bentuk-bentuk Badan Usaha yang Ada di Indonesia!

Sumatera Selatan

Daerah penghasil tebu terbesar di Indonesia selanjutnya adalah Sumatera Selatan. Menurut kabar, estimasi luas lahan perkebunan tebu di sana pada tahun ini diperkirakan mencapai 29,4 ribu hektar. Adapun estimasi jumlah produksinya sebesar 111,6 ribu ton.

Sulawesi Selatan

Di urutan kelima ada Sulawesi Selatan. Estimasi lahan perkebunan tebu di wilayah tersebut diperkirakan seluas 15,56 ribu hektar. Sementara estimasi jumlah produksinya sebesar 46,535 ribu ton.

Gorontalo

Daerah terakhir adalah Gorontalo. Estimasi lahan perkebunan tebu di Gorontalo pada tahun 2022 diperkirakan seluas 9,2 ribu hektar. Adapun estimasi jumlah produksinya sebesar 51,97 ribu ton.

FAKTA MENARIK TEBU

Setelah mengetahui daerah penghasil tebu terbesar di Indonesia, kini giliran kami membeberkan fakta menarik tentang komoditas tersebut.

Untuk diketahui, tebu berasal dari Papua Nugini dan pertama kali ditemukan pada tahun 1000 SM. Setelah melalui proses migrasi yang cukup panjang, tanaman itu pun kemudian tersebar ke berbagai negara, khususnya di Asia Tenggara.

Fakta lainnya, tebu tak hanya dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan gula saja, melainkan juga bisa diambil sisa ampasnya untuk dibuat kertas. Adapun negara penghasil tebu terbesar di dunia adalah Brasil, dengan jumlah produksi mencapai 700 juta ton. Demikian dilansir IDN Times.

Baca juga: Kamu Harus Tahu, ini 5 Fakta Menarik tentang Negara Indonesia!

Bagaimana, sudah tahu kan daerah penghasil tebu terbesar di Indonesia dan di dunia? Semoga bermanfaat, ya!

Leave a Reply