Menemukan karier yang sesuai minat adalah hal terbaik yang bisa terjadi pada diri kamu. Dengan begitu, pekerjaan yang dijalani akan sangat menyenangkan dan jam kerja pun jadi tidak terasa. Demikian kata miliarder yang juga bintang acara Shark Tank, Kevin O’Leary.

Meski demikian, kondisi ideal tersebut tentu saja lebih mudah untuk diucapkan daripada direalisasikan. Terlebih dalam kondisi pandemi seperti sekarang, di mana banyak orang yang menganggur dan banyak bisnis yang terpaksa tutup secara permanen, tentu akan sulit untuk menemukan pekerjaan, apalagi yang harus sesuai dengan minat.

Lantas, bagaimana cara menyikapinya?

Berikut 3 langkah yang direkomendasikan O’Leary  untuk menemukan minat, kemudian mengubahnya menjadi karier yang sukses:

Fokus temukan minat yang melengkapi keahlian kamu

Untuk menemukan yang disukai, kamu harus mencoba banyak hal yang berbeda. Misal, kata  O’Leary, jika kamu akan pergi ke perguruan tinggi, pertahankan fokus yang luas di awal sampai kamu menemukan hal yang benar-benar cocok. Pasalnya, kamu tak pernah tahu apa yang akan terjadi, karena hidup ini serba kebetulan.

Namun, saat kamu melakukan ini, lanjut O’Leary, perhatikan dengan baik apa yang memang kamu kuasai. Sebab untuk mencapai kesuksesan, semangat kamu sejatinya juga harus sejalan dengan keterampilan dan bakat yang dimiliki.

Baca juga: Ingin Sukses Seperti Miliarder? 5 Cara Berpikir ini harus Kamu Miliki!

O’Leary  mempelajari ini saat ia masih muda. Setelah lulus SMA, ia awalnya ingin menjadi musisi, artis, hingga fotografer, hingga ayah tirinya memberikan nasihat sayang yang cukup tegas.

“Dia menatap mataku dan berkata, ‘Kamu tak cukup baik dalam hal itu. Kamu mungkin akan mati kelaparan jika terus mengejarnya. Bagaimana kalau kamu mencari tahu apa yang kamu kuasai? Saya pikir kamu adalah pemasar yang baik. Kamu pekerja keras. Mungkin kamu harus mengejar karier bisnis.’ Sulit untuk didengar pada saat itu, tapi ia benar 100%,” ujar O’Leary, sebagaimana dilansir CNBC.

Mempertahankan fokus yang luas pada dasarnya bisa membantu kamu untuk menemukan sesuatu yang baru. Kamu bisa mencoba menjelajahi kursus gratis di LinkedIn untuk mempelajari keterampilan baru, dari ilmu data hingga literasi digitial. Jika kamu masih kuliah, cobalah untuk mengambil berbagai kelas dengan mata pelajaran yang berbeda atau bergabung dengan kelompok baru di lingkungan kampus.

“Kamu mungkin merasa bersemangat tentang sesuatu yang tak terduga setelah berusaha lebih keras. Evaluasi dan katakan, “Oke”, di mana saya menggunakan waktu saya? Di mana kamu berusaha, itu cenderung menjadi hal-hal yang kamu kuasai. Dan jika kamu meluangkan cukup waktu, kamu cenderung menjadi sangat ahli dalam hal itu,” terang salah satu lawan main  O’Leary  di Shark Tank, Mark Cuban.

Pelajari keterampilan yang banyak dicari dan lihat, apakah ada yang menarik minat kamu?

Jika kamu tidak yakin dengan apa yang disukai, coba pelajari keterampilan baru untuk melihat apakah ada yang menarik minat kamu atau tidak. Perlu diingat bahwa di tengah pandemi, keterampilan baru dan berbeda jadi satu hal yang makin diminati.

“Hal luar biasa tentang pandemi ini adalah kembalinya kekuatan seni: keterampilan menulis, keterampilan mengedit, dan apapun yang berhubungan dengan media sosial saat ini telah menjadi sesuatu yang sangat penting,” ungkap O’Leary.

Baca juga: Hati-hati, 7 Hal ini bisa jadi Penghalang Menuju Sukses!

Pandemi ini mendorong pergeseran besar online untuk pekerja dan industri bisnis, sehingga keterampilan seperti manajemen media sosial, komunikasi, edit video, dan konten digital lainnya jadi sesuatu yang sangat diminati. Menurut temuan Indeed, permintaan akan keterampilan terkait media sosial telah meningkat hampir 200% sejak tahun 2019 lalu.

“Pengusaha ingin memastikan bahwa merek mereka benar-benar dikenal di media sosial, selagi interaksi langsung dengan pelanggan tak bisa dilakukan dalam kondisi ini,” pungkas ekonom Indeed, AnnElizabeth Konkel, kepada Money.

Usai temukan minat, gunakan media sosial untuk dapatkan pekerjaan

Setelah menemukan hasrat yang ingin dikejar, manfaatkan semua sumber daya yang ada di sekitar, seperti internet dan media sosial, untuk memasarkan keterampilan kamu. Bangun jaringan dengan profesional dan temukan peluang kerja.

Dijelaskan O’Leary, mulailah dengan membuat resume di LinkedIn yang benar-benar kuat. Itu harus mencakup ringkasan profil yang tak lebih dari tiga paragraf dan jangan terlalu lama.

Baca juga: Tak Melulu Soal Uang, Inilah Arti Sukses Di Mata Para Miliarder!

Selanjutnya, gunakan media sosial untuk memasarkan kemampuan kamu dan hubungkan dengan pihak lain yang sesuai bidang pilihan. “Keluarlah di media sosial dan tampilkan diri kamu. Bicarakan tentang keahlianmu dan jelaskan bagaimana kamu bisa membantu orang-orang menjalankan bisnis mereka dengan lebih baik dan efisien. Begitulah cara tepat untuk manfaatkan keadaan,” tutup  O’Leary.

 

Bagaimana, siap gunakan cara O’Leary  untuk temukan minat dan mengubahnya jadi karier yang sukses di tengah pandemi ini?