Blog

Negara dengan Biaya Hidup Termurah di Dunia Tahun 2021

danain-negara dengan biaya hidup termurah-gambar salah satu warga India

Negara dengan biaya hidup termurah

Pernah berpikir untuk hidup menetap di luar negeri? Beberapa negara dengan biaya hidup termurah ini mungkin bisa jadi pilihan tepat buat kamu.

Tinggal menetap di luar negeri atau sekadar berlibur ke sana biasanya diidentikkan dengan biaya hidup yang mahal dan cukup tinggi. Nyatanya, asumsi tersebut tak selamanya benar, sebab di luar sana masih banyak negara yang menawarkan biaya hidup lebih rendah dibandingkan dengan tempat tinggal kita saat ini, Indonesia.

Nah, bagi kamu yang suka traveling atau mungkin sudah lama mendambakan kehidupan di luar negeri, beberapa negara dengan biaya hidup termurah di dunia ini bisa jadi opsi untuk bekerja atau sekadar berlibur menghabiskan waktu di sana. Apa saja itu?

  1. Pakistan

Negara dengan biaya hidup termurah yang pertama berasal dari negara Islam yang terletak di bagian Asia Selatan, yakni Pakistan.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Numbeo, sebuah situs yang menampilkan database terkini dan aktual tentang kondisi suatu negara, Pakistan jadi negara dengan biaya hidup termurah untuk saat ini.

Baca juga: Sangat Memprihatinkan, ini Daftar 10 Negara Termiskin di Dunia Tahun 2021!

Hal tersebut didukung dengan skor indeks secara global yang dimiliki Pakistan sebesar 21,88 poin. Di mana rata-rata harga kebutuhan pokok di sana bahkan lebih terjangkau dibandingkan dengan yang ada di Indonesia. Sebagai contoh, 1 liter susu di Pakistan dijual dengan harga rata-rata Rp 10,5 ribu, roti tawar Rp 6,5 ribu, dan 12 butir telur mulai dari Rp 13 ribu. Sedangkan harga sewa apartemen untuk satu kamar di Pakistan mulai dari Rp 2-5 juta per bulan.

  1. India

India jadi negara dengan biaya hidup termurah berikutnya versi Numbeo, dengan nilai indeks rata-rata 24,6 poin.

Kamu bisa mendapatkan berbagai macam kebutuhan pokok dengan harga terjangkau di India. Mulai dari beras 1 kg yang dibandrol dengan harga mulai dari Rp 12 ribu, telur Rp 14 ribu untuk 12 butir, dan roti tawar mulai dari Rp 7 ribuan.

Selain itu, untuk biaya utilitas seperti internet, kamu cukup mengeluarkan biaya mulai dari Rp 141 ribu per bulannya. Untuk biaya lain seperti air, listrik, dan uang kebersihan jika kamu tinggal di apartemen dengan luas 85m2 di Delhi, biaya bulanan yang perlu kamu keluarkan adalah sekitar Rp 800 ribu.

Baca juga: Daftar Negara Terkaya di Dunia, Indonesia Posisi Berapa?

Untuk biaya sewa apartemen dengan 1 kamar di pusat kota, kamu bisa mendapatkan harga mulai dari Rp 3,4 juta.

  1. Uzbekistan

Selanjutnya, ada negara antarbenua yang letaknya sebagian ada di Asia Tengah dan Eropa Timur, yakni Uzbekistan. Skor indeks biaya hidupnya ada di angka 27,1.

Misalnya, jika kamu tinggal di Tashkent, ibukota Uzbekistan, satu roti tawar biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp 4 ribuan. Sedangkan untuk bir bisa kamu dapat dengan harga mulai dari Rp 20-30 ribuan untuk setengah liternya.

Untuk kebutuhan utilitas lain seperti internet, listrik, dan air, kamu bisa menyiapkan Rp 700 sampai dengan 800 ribu per bulannya. Sedangkan untuk harga sewa apartemen di tengah kota Tashkent bisa didapat dengan harga mulai dari Rp 5 jutaan.

  1. Afghanistan

Afghanistan jadi salah satu negara dengan biaya hidup termurah berikutnya dengan skor indeks di angka 27,64 poin. Saking murahnya biaya hidup di negara ini, kamu bisa makan 20 kali di restoran mewah dengan hanya membawa uang Rp 1 juta.

Baca juga: Wah, 5 Negara ini Cocok Banget buat Kamu Kunjungi di Masa Pensiun Nanti!

Gaji buruh atau karyawan di sana berkisar di angka Rp 2,5 juta sampai dengan Rp 2,7 juta per bulannya. Sedangkan untuk harga kebutuhan pokok, seperti beras per kilonya ada di kisaran Rp 14 ribu, roti tawar Rp 5 ribu, telur 15 ribu per kilo, dan bawang Rp 3 ribu per kilonya.

Biaya utilitas bulanan yang diperlukan untuk hidup di Afghanistan, khususnya di ibukota Kabul, yakni mulai dari Rp 600 ribu, dengan catatan kamu seorang lajang atau hidup sendiri.

Itulah beberapa negara dengan biaya hidup termurah yang bisa kamu jadikan pilihan untuk berlibur atau menetap di sana. Adapun untuk bisa menikmati kehidupan yang cukup di negara-negara tersebut, kamu harus memiliki pekerjaan dan income yang sudah settle.

Leave a Reply