Blog

Sering jadi Pertanyaan, Mengapa Thailand Dijuluki Sebagai Lumbung Padi Asia?

danain-Mengapa Thailand dijuluki sebagai lumbung padi Asia-gambar padi dipanen

Mengapa Thailand dijuluki sebagai lumbung padi Asia?

Setiap negara di dunia punya julukan di mata internasional, tak terkecuali Thailand. Yang jadi pertanyaan, mengapa Thailand dijuluki sebagai lumbung padi Asia?

Sejumlah negara memiliki julukan masing-masing sesuai dengan karakteristiknya. Seperti Indonesia, misalnya. Karena letaknya yang berada di garis khatulistiwa, Indonesia mendapat julukan sebagai zamrud khatulistiwa. Ada pula Filipina yang kerap disebut sebagai Pearl of the Orient Seas alias Mutiara Laut dari Orien.

Sementara itu, Thailand yang memiliki kebudayaan lebih santai ketimbang negara barat juga dikenal dengan sikap sopan dan ramahnya saat berinteraksi dengan orang lain. Hampir setiap orang Thailand yang ditemui akan selalu tersenyum ketika berpapasan. Maka tak heran jika negara tersebut mendapat julukan The Land of Smiles atau Negara Penuh Senyum.

Selain julukan The Land of Smiles, Thailand juga dikenal sebagai Negeri Gajah Putih. Pasalnya, Gajah Putih merupakan simbol kerajaan Thailand dan merupakan hewan nasional. Adapun dari segi ekonomi, Thailand mendapat julukan sebagai lumbung padi Asia.

Baca juga: Negara dengan Utang Terbanyak di Asia Tenggara, Indonesia Nomor Berapa?

Lantas, mengapa Thailand dijuluki sebagai lumbung padi Asia? Untuk tahu jawabannya, simak ulasan berikut sampai tuntas!

Ada sejumlah faktor yang menyebabkan Thailand dijuluki sebagai lumbung padi Asia, antara lain:

  1. Negara Thailand merupakan penghasil padi dan beras terbesar di Asia Tenggara.
  2. Hasil pertanian di Thailand menjadi komoditas ekspor tertinggi bagi negara tersebut.
  3. Iklim tropis di Thailand menyebabkan hasil pertanian di sana menjadi lebih banyak.
  4. Thailand memiliki lembah yang subur, sehingga hasil pertaniannya bisa tumbuh dengan baik. Salah satu wilayah subur yang terkenal di sana sebut saja pada lembah Sungai Chao Phraya yang mengalir ke teluk Thailand.

FAKTA MENARIK THAILAND

Nah, setelah mengulas mengapa Thailand dijuluki sebagai lumbung padi Asia, kini giliran kami memaparkan tentang fakta-fakta menarik terkait negara tersebut. BerikutĀ  uraiannya:

Satu-satunya negara yang tidak pernah dijajah

Thailand merupakan satu-satunya negara di dunia yang tidak pernah dijajah oleh bangsa asing. Oleh sebab itu, nama negara ini dalam bahasa Thailand adalah Prathet Thai yang berarti Tanah yang Bebas.

Baca juga: Hebat, Indonesia di Posisi Kelima untuk Negara dengan Startup Terbanyak!

Tanah kelahiran kucing Siam

Pada zaman dulu, Thailand dikenal sebagai kerajaan Siam, sebab negara ini merupakan tanah kelahiran kucing Siam. Di Thailand, kucing Siam dianggap sebagai simbol keberuntungan pada acara pernikahan, sehingga kerap dihadirkan pada acara sakral tersebut.

Pengekspor bunga anggrek terbesar di dunia

Thailand adalah negara pengekspor bunga anggrek terbesar di dunia. Kabarnya, Thailand mengekspor 45 persen bunga anggrek ke luar negeri, sedangkan sisanya dijual di dalam negeri. Setidaknya, terdapat 1.500 spesies anggrek yang tumbuh secara liar di negara tersebut.

Dilarang memegang kepala dengan sembarang

Bagi masyarakat Thailand, kepala adalah bagian tubuh paling suci, sehingga tak boleh dipegang dengan sembarangan. Seseorang tidak boleh menyentuh kepala atau rambut siapapun, meskipun hanya sebatas lelucon. Hal yang sama juga berlaku untuk anak-anak kecil.

Baca juga: Sangat Memprihatinkan, ini Daftar 10 Negara Termiskin di Dunia Tahun 2021!

Tisu toilet dipakai sebagai pengganti serbet

Masyarakat Thailand punya cara yang berbeda dalam menggunakan tisu toilet. Mereka memakai kertas toilet sebagai pengganti serbet dan kerap memanfaatkannya untuk membersihkan meja atau wajah. Seseorang akan sulit menemukan tisu toilet di toilet umum.

Ya, itulah ulasan singkat tentang mengapa Thailand dijuluki sebagai lumbung padi Asia dan sederet fakta menarik tentang negara tersebut. Semoga info ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kamu tentang Thailand!

Leave a Reply