Blog

Hebat, Indonesia di Posisi Kelima untuk Negara dengan Startup Terbanyak!

danain-negara dengan startup terbanyak-gambar startup

negara dengan startup terbanyak

Apa saja negara dengan startup terbanyak?

Startup merupakan istilah lumrah di dunia bisnis, bahkan sudah menjamur di seluruh dunia. Maka dari itu, ada negara dengan startup terbanyak. Bahkan, Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki banyak startup, berdasarkan data dari Startup Ranking.

Berikut daftar negara dengan startup terbanyak yang perlu kamu tahu:

Amerika Serikat

Menurut data Startup Ranking, Amerika Serikat menempati posisi pertama untuk negara dengan startup terbanyak. Jumlahnya mencapai 69.725 startup. Negara dengan ibu kota Washington D.C ini menjadi importir barang terbesar pertama serta eksportir terbesar kedua untuk skala dunia.

Di tahun 2010, minyak merupakan komoditas impor terbesar, sementara alat transportasi menjadi komoditas ekspor terbesar di Amerika Serikat. Perekonomian Amerika Serikat termasuk perekonomian pascaindustri, sekitar 67,8% disumbangkan sektor jasa untuk total PDB.

Baca juga: Sangat Memprihatinkan, ini Daftar 10 Negara Termiskin di Dunia Tahun 2021!

Namun, Amerika Serikat masih dianggap menjadi kekuatan industri utama di dunia. Menurut penerimaan bisnis bruto, ladang bisnis utama adalah dari sektor perdagangan grosir dan ritel. Sementara manufaktur jadi bisnis utama perekonomian di Amerika Serikat, menurut pendapatan bersih.

India

Berdasarkan data Startup Ranking, India menempati posisi kedua dengan jumlah startup mencapai  11.989. Negara beribu kota New Delhi ini punya rekor ekonomi pertumbuhan cepat sekitar 8% di tahun 2003.

Namun, India termasuk negara dengan populasi besar, sehingga pendapatan per kapitanya menurut PPP hanya AS$ 3.262. Mayoritas perekonomian India awalnya bergantung dengan pertanian, kini kurang dari 25% PDB disumbang oleh pertanian.

Industri-industri penting di India meliputi pertambangan, teknologi informasi, kerajinan tangan, pengasahan berlian, tekstil, film, serta petroleum. Mayoritas area industri India, pusatnya di kota-kota utama.

Beberapa tahun belakangan, India termasuk salah satu pemain besar dari perangkat lunak serta business process outsourcing. Sementara pariwisata menyumbang sekitar 5,3% dari PDB India.

Inggris

Negara dengan startup terbanyak ketiga menurut Startup Ranking adalah Inggris, totalnya mencapai 6.050. Negara dengan ibu kota London ini menggunakan sistem ekonomi pasar campuran dan mayoritas mengadopsi prinsip-prinsip pasar bebas.

Baca juga: Daftar Negara Terkaya di Dunia, Indonesia Posisi Berapa?

Inggris jadi pemimpin di industri kimia dan farmasi, serta industri seperti perangkat lunak dan kedirgantaraan. Pada dasarnya, Inggris merupakan negara industri, bahkan sektor pariwisata juga diandalkan oleh perekonomian Inggris.

Inggris melakukan ekspor obat-obatan, mobil, minyak mentah dan mesin pesawat, sementara sektor pertanian sudah sangat termekanisasi dan intensif.

Kanada

Kanada menduduki posisi keempat dengan jumlah startup 3.165, menurut Startup Ranking. Kanada termasuk negara industri dengan teknologi maju, serta pengadaan energinya yang berkecukupan.

Bisa dikatakan, ekonomi Kanada bergantung dengan banyaknya sumber daya alam hingga perdagangan. Kanada punya banyak cadangan gas alam di pesisir timur, serta tiga provinsi barat.

Resesi ekonomi berhasil dihindari Kanada setelah 2001, dan mempertahankan pertumbuhan ekonomi terbaiknya terhadap grup G8.

Indonesia

Indonesia jadi negara dengan startup terbanyak di posisi lima. Menurut Startup Ranking, jumlahnya mencapai 2.311. Negara dengan ibu kota Jakarta ini memiliki pertumbuhan PDB lebih dari 5% pada 2004 dan 2005.

Baca juga: Wah, 5 Negara ini Cocok Banget buat Kamu Kunjungi di Masa Pensiun Nanti!

Pengekspor gas alam terbesar kelima di dunia adalah Indonesia, tapi sudah mulai menjadi pengimpor bersih minyak mentah akhir-akhir ini. Negara ini punya sumber daya alam yang sangat besar di luar Jawa.

Sayangnya, Indonesia menghadapi masalah besar dalam hal kemiskinan, yang sebagian besar penyebabnya adalah korupsi dalam pemerintahan.

Ya, itulah deretan negara dengan startup terbanyak di dunia. Sebenarnya, masih ada negara lain yang masuk dalam jajaran daftar tersebut, yakni Jerman, Australia, Prancis, dan Spanyol. Sekadar informasi, belum lama ini ada unicornbaru dari Indonesia yang valuasinya lebih dari US$ 1 miliar.

Leave a Reply