Blog

Mengapa Suatu Perusahaan Perlu Melakukan Inovasi Produk? Ternyata ini Alasannya!

danain-Mengapa suatu perusahaan perlu melakukan inovasi produk?-gambar ilustrasi inovasi

Mengapa suatu perusahaan perlu melakukan inovasi produk?

Di era modern seperti saat ini, ada banyak faktor yang bisa mendorong kesuksesan dalam sebuah bisnis, salah satunya sebut saja karena melakukan inovasi produk. Lantas, mengapa suatu perusahaan perlu melakukan inovasi produk?

Sebuah bisnis atau perusahaan bisa meraih sukses dengan berbagai macam cara. Ada yang sukses karena produknya unik dan memang bermanfaat bagi orang banyak, ada pula yang sukses karena pandai menciptakan produk atau jasa yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Namun demikian, jika ditelisik lebih jauh, ternyata ada satu faktor yang sangat berperan penting dalam menyukseskan sebuah bisnis. Tak lain dan tak bukan adalah inovasi produk.

Nah, dalam kesempatan ini, kami akan beberkan ulasan singkat mengenai inovasi produk, mulai dari pengertian hingga alasan di balik mengapa suatu perusahaan perlu melakukan inovasi produk. Yuk, simak sampai tuntas!

DEFINISI INOVASI PRODUK

Inovasi produk merupakan upaya yang dilakukan oleh pelaku usaha untuk menciptakan, meningkatkan, mengembangkan, hingga menyempurnakan suatu produk.

Baca juga: Ternyata Mudah, Begini Cara Mendaftarkan Produk ke BPOM!

Definisi lainnya, inovasi produk adalah upaya untuk menciptakan produk baru yang bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, serta diharapkan dapat memancing minat pelanggan untuk membeli produk yang dibuat.

Untuk diketahui, inovasi produk harus mampu menciptakan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan dalam perubahan lingkungan yang cepat dan menuju pasar global. Keberhasilan inovasi produk membutuhkan kesesuaian antara proses dan lingkungan yang mendukung.

TUJUAN DAN MANFAAT MELAKUKAN INOVASI PRODUK BAGI PERUSAHAAN

Ada sejumlah alasan yang melatarbelakangi mengapa suatu perusahaan perlu melakukan inovasi produk. Berikut sederet alasannya, seperti dikutip dari laman Detik.com.

Untuk meningkatkan kualitas

Salah satu tujuan melakukan inovasi produk adalah demi meningkatkan kualitas. Dengan melakukan inovasi, suatu produk jadi memiliki fitur dan keunggulan baru. Intinya, produk yang diberi inovasi akan lebih maju ketimbang produk sebelumnya, sehingga bisa lebih menjual.

Baca juga: Cukup Diminati sebagai Produk Investasi, Apa itu Sukuk Ritel?

Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan

Sebagai manusia, konsumen punya banyak permintaan pada sebuah produk. Para pelanggan akan terus menuntut pemilik usaha untuk memperbaiki produknya agar jadi lebih baik. Dengan begitu, kebutuhan pelanggan pun bisa terpenuhi.

Untuk ciptakan pasar baru

Alasan berikutnya, inovasi produk dilakukan untuk membuat pasar baru di tengah masyarakat. Hal ini dilakukan guna menarik minat konsumen pada segmentasi tertentu.

Sekadar informasi, inovasi tak melulu dilakukan dengan memberikan perkembangan, namun bisa juga dengan mengurangi beberapa fitur. Contoh nyata dalam kasus ini bisa dilihat pada penjualan smartphone.

Pemilik usaha smartphone bisa mengurangi sejumlah fitur, seperti kualitas kamera atau kapasitas memori, sehingga memunculkan sebuah produk dengan harga yang lebih murah. Dampak langsungnya, pasar baru akan tercipta bagi konsumen yang menginginkan produk smartphone dengan harga yang terjangkau.

Baca juga: Agar Penjualan bisa Optimal, 10 Cara Menawarkan Produk ini Wajib Kamu Tahu dan Terapkan!

Untuk mengembangkan wawasan

Inovasi produk diciptakan dengan wawasan yang luas sesuai perkembangan zaman. Semua produk akan berinovasi menyesuaikan permintaan dan aplikasi ilmu pengetahuan yang sudah berkembang.

Untuk efisiensi produk

Tujuan yang terakhir, inovasi produk dilakukan untuk meningkatkan efisiensinya. Dengan demikian, ada banyak produk yang memiliki fitur lebih baik dan bisa digunakan oleh konsumen tanpa perlu membuang banyak waktu.

Bagaimana, sudah paham kan mengapa suatu perusahaan perlu melakukan inovasi produk?

Leave a Reply