Blog

Agar Penjualan bisa Optimal, 10 Cara Menawarkan Produk ini Wajib Kamu Tahu dan Terapkan!

Danain-cara_menawarkan_produk_ke_customer-gambar seorang sales

Cara menawarkan produk yang efektif dan efisien

Penjualan adalah bagian utama dari aktivitas bisnis. Berikut kami beberkan 10 cara menawarkan produk yang baik agar penjualan bisa tercapai optimal.

Tolak ukur keberhasilan sebuah bisnis adalah adanya penjualan. Oleh sebab itu, penting bagi pebisnis untuk mengetahui cara menawarkan produk yang baik dan benar, sehingga konsumen bisa tertarik dan akhirnya melakukan pembelian.

Lantas, bagaimana cara menawarkan produk yang efektif dan efisien? Berikut ulasan lengkapnya, seperti dikutip dari berbagai sumber!

Percaya diri

Sebelum bertatap muka dengan calon konsumen, kamu harus yakin bahwa kamu punya rasa percaya diri yang tinggi dalam dirimu. Dengan begitu, kamu akan mampu menawarakan produk dengan tenang dan jelas, sehingga calon konsumen bisa memahami dan memercayai apa yang kamu katakan.

Kuasai produk yang ditawarkan

Tips yang kedua, kuasailah detail produk yang akan ditawarkan, mulai manfaat, syarat, dan keuntungan bagi konsumen. Untuk memaksimalkan tips ini, kamu bisa memberikan sampel produk kepada calon konsumen atau menggunakan produk tersebut terlebih dulu, sehingga kamu punya pengetahuan yang cukup tentang produk yang ditawarkan.

Baca juga: Untung Menjanjikan, Inilah 5 Peluang Usaha Terbaru dan Terlaris yang Bisa Kamu Coba!

Lakukan pendekatan dengan calon konsumen

Cara menawarkan produk yang selanjutnya adalah dengan melakukan pendekatan dengan calon konsumen. Bangunlah kedekatan secara alami dan tidak terkesan dibuat-buat. Usahakan pula untuk selalu bersikap ramah ketika bertemu. Nah, saat calon konsumen sudah membuka dirinya, di situlah ada kesempatan untuk menawarkan produk.

Pahami kebutuhan konsumen

Setelah melakukan pendekatan, langkah selanjutnya adalah memahami kebutuhan konsumen. Jika kebutuhan konsumen sudah bisa kamu ketahui, maka akan sangat mudah bagi kamu untuk menawarkan produk yang dijual.

Jelaskan keunggulan produk

Agar produk yang kamu jual bisa diterima oleh konsumen, kamu harus menjelaskan keunggulannya dengan lengkap saat menawarkannya. Tunjukkan satu per satu keunggulan produk tersebut dengan benar dan natural. Hindari menjelaskan dengan cara berlebihan, apalagi dengan nada yang provokatif.

Jangan merendahkan produk lain

Saat menawarkan produk kepada calon konsumen, jangan pernah merendahkan produk lain yang sejenis. Hal ini demi menjaga hubungan bisnis kamu dengan semua pihak, baik dengan konsumen atau kilen bisnis. Di sisi lain, banyak konsumen yang akhirnya tidak terlalu yakin dengan keunggulan sebuah produk justru karena si penjual terlalu merendahkan kompetitornya, sehingga terkesan tidak objektif.

Baca juga: Simak Baik-baik, Inilah Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan dengan Untung Menjanjikan!

Perhatikan ekspresi wajah

Cara menawarkan produk yang baik berikutnya adalah dengan memerhatikan ekspresi wajah. Usahakan selalu memasang wajah yang ramah agar calon konsumen merasa nyaman saat berinteraksi. Intinya, setiap orang akan sangat senang apabila berhadapan dengan orang yang ramah. Dampak positifnya, peluang calon konsumen melakukan pembelian akan terbuka lebar.

Perhatikan intonasi dan pemilihan kata

Saat menawarkan produk, usahakan untuk tidak datar dalam berkata-kata, sebab hal itu bisa membuat lawan bicara jadi cepat bosan. Ciptakanlah suasana berbincang yang menarik agar calon konsumen bersemangat. Di saat bersamaan, cobalah untuk selalu berkata sopan, sehingga kamu akan dihargai.

Jangan memaksa

Penawaran yang baik selalu dilakukan dengan cara alami, tidak memaksa. Perlu kamu tahu, pemaksaan saat menawarkan produk justru akan menimbulkan penolakan dari calon konsumen. Maka dari itu, hindarilah sikap arogan saat menawarkan produk.

Baca juga: Ingin Pinjam Modal Usaha di P2P Lending? Perhatikan 3 Poin ini Sebelum Mengajukannya!

Tutup dengan kesan baik

Cara menawarkan produk yang terakhir, tutup perbincangan dengan meninggalkan kesan yang baik dan profesional. Kamu bisa berikan kartu nama atau informasi lainnya kepada calon konsumen. Untuk diketahui, kesan yang baik ini akan menjadi pertimbangan seseorang dalam membeli produk yang kamu tawarkan.

Ya, itulah sederet cara menawarkan produk yang efektif dan efisien untuk meningkatkan penjualan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply