Blog

Sering jadi Pertanyaan, Mengapa Singapura menjadi Negara Maju di Asia Tenggara?

danain-Mengapa Singapura menjadi Negara Maju di Asia Tenggara?)-gambar negara Singapura

Mengapa Singapura menjadi Negara Maju di Asia Tenggara?

Singapura telah lama dikenal sebagai negara dengan pendapatan per kapita yang tinggi. Satu pertanyaan yang kerap mengemuka, mengapa Singapura menjadi negara maju di Asia Tenggara?

Siapa yang tak kenal Singapura, sebuah negara kecil yang terletak di ujung selatan Semenanjung Malaya? Meski luasnya hanya sekitar 728 km, dengan sumber daya alam (SDA) yang juga sangat terbatas, namun Singapura berhasil membuktikan diri bisa jadi sebuah negara yang berstatus negara maju.

Untuk diketahui, Singapura merupakan salah satu negara dengan pendapatan per kapita tertinggi di ASEAN. Negara tersebut mengantongi pendapatan per kapita 59.797 dolar AS, di mana angka ini sangat jauh bila dibanding dengan negara-negara Asia Tenggara yang lainnya. Sekadar perbandingan, Brunei Darussalam yang berada di urutan kedua sebagai negara terkaya di ASEAN hanya memiliki pendapatan per kapita sebesar 27.466 dolar AS. Demikian dilansir Suara.com.

Yang jadi pertanyaan, mengapa Singapura menjadi negara maju di Asia Tenggara? Setidaknya, ada 3 alasan yang melatarbelakanginya, yakni:

Sektor industri dan jasa

Mengutip Kompas.com, alasan pertama mengapa Singapura menjadi negara maju di Asia Tenggara adalah karena negara tersebut bisa memaksimalkan potensi di sektor industri dan jasa. Singapura benar-benar mengandalkan dua sektor tersebut untuk meningkatkan penghasilan negara.

Baca juga: Sering jadi Pertanyaan, Adakah Negara yang Punya Utang ke Indonesia?

Contoh industri yang dikembangkan antara lain pengalengan ikan, minuman kemasan, daging, buah, hingga pengolahan kayu. Adapun sektor jasa yang dijalankan meliputi pariwisata dan perbankan.

Sumber daya manusia yang unggul

Singapura juga bisa menjadi negara maju lantaran negara tersebut punya sumber daya manusia yang unggul dan terampil di bidang industri. Selain itu, pendidikan juga memainkan peran penting dalam menopang perekonomian di Singapura.

Sebagai informasi, sekolah dan universitas di Singapura memiliki sejumlah jurusan unggulan yang bisa menunjang kebutuhan industri di masa depan, mulai dari teknologi informasi, teknik, hingga manajemen industri.

Jalur transportasi perdagangan

Alasan terakhir mengapa Singapura menjadi negara maju di Asia Tenggara adalah karena negara tersebut punya jalur transportasi perdagangan yang sangat strategis. Di jantung Asia, lokasi Singapura sangat strategis karena terletak di persimpangan perdagangan timur dan barat.

Perairan Singapura juga menjadi jalur transportasi perdagangan dunia yang diperhitungkan. Pelabuhan di negara tersebut jadi salah satu yang tersibuk dan terpadat di dunia.

Baca juga: 5 Negara dengan GDP Tertinggi di Dunia, Apa Saja?

Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi Singapura, mengingat mereka bisa dengan mudah mengimpor kebutuhan negaranya dan mengeskpor barang hasil industrinya ke berbagai negara, yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan.

SINGAPURA PERNAH MENOLAK DISEBUT NEGARA MAJU

Meski punya pendapatan per kapita yang tinggi, ternyata Singapura pernah mengatakan bahwa negaranya tak ingin dikategorikan sebagai negara maju. Pemerintah Singapura mengklaim jika mereka lebih pantas disebut ‘negara berkembang’ dalam konteks ketentuan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Alasannya, Singapura tidak punya sumber daya yang memadai dan ekonominya tergolong kecil.

“Sebagai ekonomi kecil tanpa sumber daya alam dan ketergantungan tinggi pada perdagangan global, Singapura adalah negara berkembang anggota WTO,” ujar Kementerian Perdagangan dan Industri Singapura dalam sebuah pernyataan beberapa tahun lalu, seperti dilansir laman CNBC Indonesia.

Baca juga: Daftar Negara Terkaya di Dunia, Indonesia Posisi Berapa?

Menurut pemerintah Singapura, menyandang status sebagai negara berkembang memang akan memberikan lebih banyak keuntungan ketimbang negara maju. Salah satunya, memungkinkan pemerintah untuk memiliki waktu yang lebih lama dalam menerapkan komitmen perdagangan bebas. Tak hanya itu, negara berkembang juga berhak menerapkan kebijakan untuk melindungi sebagian industri dalam negeri dan menerapkan subsidi.

Bagaimana, sudah paham kan mengapa Singapura menjadi negara maju di Asia Tenggara? Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Leave a Reply