Blog

5 Negara dengan GDP Tertinggi di Dunia, Apa Saja?

danain-negara dengan GDP tertinggi-gambar ilustrasi grafik GDP

Negara dengan GDP tertinggi

Gross Domestic Product (GDP) adalah salah satu komponen penting yang berperan dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara. Kira-kira mana saja negara dengan GDP tertinggi di dunia?

GDP atau yang lebih sering disebut dengan Produk Domestik Bruto (PDB) adalah nilai total semua barang dan jasa yang sudah diproduksi oleh suatu negara dalam satu periode tertentu.

Keberadaan PDB atau GDP ini memudahkan suatu negara dalam mengukur pertumbuhan ekonomi mereka dari waktu ke waktu. Apabila nilai GDP suatu negara menunjukkan data yang positif, maka dapat dikatakan bahwa ekonomi negara tersebut sedang mengalami tren yang lebih maju atau mengalami kenaikan.

Dengan kata lain, semua perusahaan atau industri yang ada di negara tersebut dapat terus berkembang karena daya beli masyarakat yang ikut mengalami kenaikan. Itulah kenapa, GDP jadi salah satu komponen penting yang harus diketahui oleh negara dalam mengukur pertumbuhan ekonominya.

Nah, dalam praktiknya, Indonesia menduduki peringkat ke-16 dalam kategori negara dengan GDP tertinggi. Sedangkan di peringkat atas diduduki oleh berbagai negara maju yang lainnya. Lantas, mana saja negara dengan GDP tertinggi?

  1. Amerika Serikat

Sudah bukan rahasia lagi jika Amerika menjadi negara dengan GDP tertinggi di dunia. Hal ini tak lepas dari perannya sebagai negara adidaya yang memungkinkan Amerika menjadi salah satu negara dengan ekonomi terbesar dan produktivitas yang tinggi.

Baca juga: Sangat Memprihatinkan, ini Daftar 10 Negara Termiskin di Dunia Tahun 2021!

Menurut data, ekonomi Amerika Serikat bahkan mencapai 2 kali lipat dari China. Padahal, seperti yang kita tahu, Amerika hanya menyumbang 4 persen dari total populasi di dunia saat ini. Sedangkan China atau Tiongkok memiliki 1,4 miliar penduduk atau setara dengan 18 persen dari total populasi di seluruh dunia.

Di tahun 2020, GDP Amerika Serikat ada di angka USD 20,93 triliun. Jumlah tersebut mengalami penyusutan karena pandemi virus corona, di mana pada tahun 2019 sebelumnya, GDP Amerika berhasil menyentuh angka USD 21,43 triliun.

  1. China

Negara dengan GDP tertinggi berikutnya adalah China dengan nilai yang mencapai USD 14,7 triliun pada tahun 2020 lalu.

Meski demikian, China menjadi salah satu negara yang menunjukkan tren ekonomi positif sejak dilanda oleh pandemi virus corona tahun lalu. Menurut data yang telah kami kumpulkan, China mengalami pertumbuhan ekonomi mencapai 2,3 persen lebih tinggi dari perkiraan para ahli atau pemerhati ekonomi.

  1. Jepang

Lanjut ada Jepang yang berada di peringkat ketiga untuk negara dengan GDP tertinggi. Setidaknya, pada tahun 2020 lalu, Negeri Sakura ini memiliki GDP sebesar USD 5,05 triliun.

Baca juga: Daftar Negara Terkaya di Dunia, Indonesia Posisi Berapa?

Selain memiliki PDB yang terbilang tinggi, Jepang juga dikenal sebagai negara dengan tingkat inflasi paling rendah selama beberapa tahun belakangan. Hal inilah yang kemudian membuat daya beli masyarakat di Jepang cukup konsisten dan cenderung mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

  1. Jerman

Jerman menyusul pada peringkat berikutnya dengan GDP mencapai USD 3,8 triliun pada tahun 2020 kemarin.

Setidaknya, terdapat tiga sektor bisnis yang berkontribusi besar untuk GDP Jerman, yakni sektor jasa dengan kontribusinya sebesar 70 persen, industri 29,1 persen, dan pertanian 0,9 persen.

  1. Inggris

Terakhir dalam daftar kami ada Inggris atau Britania Raya yang pada tahun lalu memiliki GDP sebesar USD 2,7 triliun. Jumlah tersebut mengalami penurunan jika dibandingkan dengan GDP Inggris pada tahun 2019 sebelumnya yang berada di angka 2,8 triliun.

Baca juga: Wah, 5 Negara ini Cocok Banget buat Kamu Kunjungi di Masa Pensiun Nanti!

Terpuruknya kondisi ekonomi Inggris bukan tanpa sebab. Melainkan karena aksi lockdown yang gencar dilakukan untuk menekan jumlah penyebaran virus corona pada saat itu.

Ya, itulah informasi mengenai daftar negara dengan GDP tertinggi di dunia. Data GDP ini tak hanya bisa digunakan oleh pemerintah untuk mengukur pertumbuhan ekonomi negaranya, namun juga dapat digunakan oleh para investor sebagai informasi untuk mencari tempat yang tepat untuk menanamkan modal mereka.

Leave a Reply