Blog

Mengapa Pengelolaan Keuangan Begitu Penting Bagi Individu? Ini Dia Alasannya!

danain-Mengapa pengelolaan keuangan begitu penting?-gambar uang ditabung

Mengapa pengelolaan keuangan begitu penting?

Mengelola keuangan itu susah-susah gampang. Ada yang cerdas mengelolanya, ada pula yang sembarangan mengaturnya. Lantas, mengapa pengelolaan keuangan begitu penting bagi individu?

Saat seseorang pandai dalam mengelola finansial, maka kondisi keuangan orang tersebut akan tetap stabil tiap bulannya. Sebaliknya, jika seseorang asal-asalan dalam mengatur keuangan, maka kehidupannya akan selalu dihantui dengan kecemasan, sebab penghasilan yang didapat tidak pernah cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Yang jadi pertanyaan, bagaimana cara mengatur keuangan dengan cerdas? Berikut sederet poinnya, seperti dikutip dari berbagai sumber:

  1. Catat pendapatan setiap bulan. Dengan begitu, kamu bisa minimalisir kesalahan pengalokasian uang yang berujung pada bengkaknya pengeluaran.

Baca juga: Bikin Cepat Sukses, ini Prinsip Keuangan Ala Etnis Tionghoa yang Wajib Kita Tiru!

  1. Buat anggaran bulanan. Kamu bisa buat berdasarkan prioritas, seperti kebutuhan sehari-hari, biaya listrik, transportasi, dana darurat, dan lain sebagainya.
  2. Terapkan metode 50/30/20. Rinciannya, 50 persen untuk biaya kebutuhan bulanan (listrik, makan, bensin, dan lain-lain), 30 persen untuk gaya hidup (beli baju, jalan-jalan), dan 20 persen untuk dana darurat serta investasi.
  3. Catat semua pengeluaran. Langkah ini berguna untuk mengidentifikasi semua jenis pengeluaran yang sejatinya tidak begitu penting. Dengan demikian, kamu bisa memangkas pengeluaran tersebut di bulan berikutnya.
  4. Hindari utang konsumtif. Ingat, utang yang menumpuk hanya akan membuat finansialmu jebol, sehingga penting untuk menyesuaikan gaya hidup dengan kondisi ekonomi yang sebenarnya.
  5. Bersabar saat mau beli sesuatu yang besar. Pikir baik-baik saat akan membeli sesuatu. Tanyakan pada diri sendiri, apakah barang yang mau dibeli benar-benar dibutuhkan atau tidak.

Baca juga: Fresh Graduate, 3 Tips ini bisa Bantu Kamu untuk Hindari Krisis Keuangan!

  1. Hidup sederhana. Cara ini bisa membuat penghasilanmu awet dan selalu cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup setiap bulan.

PENTINGNYA MENGELOLA KEUANGAN

Setelah mengetahui cara cerdas mengatur keuangan, kamu mungkin bertanya-tanya, mengapa pengelolaan keuangan begitu penting bagi individu? Berikut sejumlah alasannya, sebagaimana dilansir laman Kompas.com:

Untuk melatih pola hidup hemat

Manfaat dasar dari mengelola keuangan dengan baik adalah untuk melatih pola hidup hemat secara konsisten. Dengan menerapkannya, tujuan keuangan yang ingin dicapai bukan tak mungkin akan terwujud.

Agar hidup lebih tertib dan teratur

Pengelolaan uang juga perlu dilakukan agar kehidupan jadi lebih tertib dan teratur. Dampak yang bisa dirasa, kehidupan jadi lebih seimbang dan terhindar dari masalah keuangan.

Untuk mencegah stres

Stres adalah sebuah masalah yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan diri. Kalau stres tak segera diatasi, seseorang berisiko lebih besar mengalami penyakit yang lebih berat. Karena itu, penting bagi setiap orang untuk mengelola stresnya dengan baik, salah satunya dengan melakukan pengelolaan keuangan. Buatlah pikiran jadi lebih tenang dengan rutin menabung.

Untuk miliki masa depan yang lebih baik

Alasan berikutnya mengapa pengelolaan keuangan begitu penting adalah untuk miliki masa depan yang lebih baik. Intinya, dengan menerapkan hidup hemat dan rutin menabung, rencana yang ingin dicapai di masa depan bukan tak mungkin akan terealisasi.

Baca juga: 5 Nasihat Keuangan Paling Top dari Mark Cuban, Bikin Kamu Cepat Tajir!

Agar terlindungi dari kejadian tak terduga

Hidup yang kita jalani penuh dengan ketidakpastian. Tak ada yang pernah tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari. Mungkin saja bisa mengalami sakit atau butuh uang untuk kebutuhan lain yang sifatnya mendesak. Akan tetapi, dengan melakukan pengelolaan keuangan dengan baik, hal-hal seperti itu bisa diminimalisir.

Agar terhindar dari utang

Manfaat selanjutnya dari mengelola keuangan adalah agar terhindar dari utang. Dengan tidak adanya utang yang mengganjal, hidup kamu akan lebih tenang dan terhindar dari stres.

Bagaimana, sudah paham kan mengapa pengelolaan keuangan begitu penting bagi individu?

Leave a Reply