Sebelum jadi miliarder, Mark Cuban menghabiskan usia 20-annya dengan berjuang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ia sering pulang ke rumah ketika lampu dimatikan, kartu kreditnya dipotong, dan harus melakukan pekerjaan sampingan untuk bisa bertahan hidup.

Barulah setelah Cuban menjual perusahaan rintisannya, MicroSolutions, seharga 6 juta dolar AS pada tahun 1990, ia akhirnya merasa aman secara finansial. Demikian pengakuan Cuban dalam sebuah wawancara dengan Men’s Health beberapa waktu lalu.

Cuban pun mengaku belajar sedikit-banyak tentang uang ketika melalui masa-masa sulit tersebut. Dan sebagai hasilnya, ia punya 5 nasihat keuangan paling top yang bisa mengantarkan seseorang pada kekayaan.

Berikut 5 nasihat yang dimaksud, sebagaimana dilansir CNBC:

Jangan menumpuk utang kartu kredit

Cuban telah lama menyarankan agar tidak menumpuk utang pada kartu kredit. Kata dia, jika memang kamu terpaksa menggunakan kartu tersebut, pastikan bayar seluruh saldo secara tepat waktu.

“Investasi terburuk di dunia adalah bunga kartu kredit,” ujarnya.

Baca juga: Dipecat 3 Kali Hingga Tak Punya Uang untuk Buka Rekening, ini Kisah Miliarder Mark Cuban yang Inspiratif!

Cuban mempelajari hal ini saat berusia 20-an, ketika bunga atas uang yang ia pinjam di kartu kredit dengan cepat jadi membengkak. Ia pun memahami bahwa menghindari penggunaan kartu kredit secara bersamaan adalah hal yang ekstrem.

“Memakai kartu kredit sebenarnya tidak apa-apa, jika kamu bisa melunasinya pada akhir bulan. Sadarilah, 18%, 20%, atau 30% yang kamu bayarkan dalam utang kartu kredit akan menjadi mahal. Karena itu, melunasi kartu kredit setelah 30 hari atau bahkan tidak menggunakan kartu tersebut adalah investasi paling cerdas yang bisa kamu lakukan,” tambahnya.

Jangan beli barang yang tak mampu kamu beli

Nasihat kedua dari investor “Shark Tank” ini adalah hidup seperti pelajar. Artinya, hindarilah pengeluaran berlebih dan pengeluaran yang tidak perlu.

“Kamu tak perlu membeli semua barang, terlebih saat kamu tak mampu untuk membelinya. Makin banyak uang yang bisa kamu masukkan ke dalam bank, maka makin baik pula posisi kamu jika terjadi kesalahan,” terang dia.

Cuban mempelajari gagasan ini dari sebuah buku yang ia baca. Buku itu mendorong dirinya untuk hidup di bawah kemampuan. Kata dia, “Keseluruhan premis dari buku ini adalah, jika kamu bisa menabung hingga 1 juta dolar AS dan hidup seperti seorang pelajar, maka kamu bisa pensiun. Tapi, kamu harus punya disiplin menabung. Saya sangat percaya pada buku itu. Itu adalah motivator besar bagi saya.”

Menabung untuk pengeluaran setahun dan investasi

Sebelum pandemi, Cuban biasanya merekomendasikan menabung cukup uang untuk menutupi biaya hidup selama enam bulan ke depan. Namun, dalam iklim seperti saat ini, ia meningkatkan rekomendasinya menjadi satu tahun.

Baca juga: Nasihat Terbaik Jeff Bezos bagi Kamu yang ingin Mulai Bisnis, Simak Baik-baik!

“Setelah kamu bisa menabung untuk pengeluaran selama satu tahun, kamu bisa mulai berinvestasi dan menjadikannya sesuatu yang dapat dihargai,” ungkapnya.

Belajar negosiasi

Banyak orang tak menyadari kekuatan negosiasi. Padahal, kemampuan tersebut sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, terlebih pada sejumlah barang yang akan kamu beli.

Cuban mengklaim bahwa uang tunai adalah alat negosiasi yang sangat ampuh dan ia mengaku sering melakukannya saat masih muda dan saat bangkrut. “Bernegosiasi dengan uang tunai adalah cara yang jauh lebih baik untuk mendapatkan laba atas investasi kamu. Saya tak melakukan itu terlalu banyak saat ini. Tapi, di masa lalu, saya melakukannya untuk bisa bertahan,” pungkasnya.

 Beli dalam jumlah besar

Cuban menyarankan untuk memanfaatkan penawaran di e-commerce atau tempat lain saat akan berbelanja dalam jumlah besar. Menurutnya, cara itu bisa menghemat pengeluaran sebesar 20%, 30%, bahkan 40%. Itulah investasi terbaik yang bisa kamu lakukan.

 Baca juga: Sederet Nasihat tentang Karier dan Keuangan dari Sosok Ayah ini Sangat Luar Biasa

“Jika selama setahun kamu biasa menghabiskan 2.000 dolar AS untuk barang-barang habis pakai yang kamu gunakan di rumah, seperti pasta gigi, tisu toilet, sampo, dan lain-lain, kamu bisa menghemat 40% dengan membelinya secara massal. Dengan begitu, kamu bisa melakukan penghematan sebesar 800 dolar AS. Terkadang, investasi terbaik yang bisa kamu lakukan adalah menjadi pembeli yang cerdas,” tutupnya.

 

Bagaimana, siap jadi orang tajir dengan sederet nasihat Mark Cuban di atas?