Blog

Langkah-langkah Berpikir Kritis, Generasi Muda Wajib Tahu!

danain-Langkah-langkah berpikir kritis-gambar orang sedang berpikir

Langkah-langkah berpikir kritis

Pola pikir kritis wajib dimiliki oleh generasi muda zaman sekarang, khususnya yang masih mengenyam pendidikan. Lantas, bagaimana langkah-langkah berpikir kritis?

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia sering dihadapkan pada berbagai pilihan, mulai dari yang penting sampai tidak penting. Nah, agar tidak salah menentukan pilihan, ada banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan berpikir kritis.

Berpikir kritis merupakan berpikir secara logis dan sistematis dalam rangka membuat keputusan atau menyelesaikan suatu masalah. Seorang yang berpikiran kritis akan mengidentifikasi, menganalisis, dan memecahkan masalah secara cermat, ketimbang menggunakan insting semata.

Dalam kesempatan ini, kami akan beberkan langkah-langkah berpikir kritis yang bisa dicontek oleh generasi muda. Berikut sederet poinnya, seperti dikutip dari berbagai sumber:

Rumuskan pertanyaan

Orang yang berpikiran kritis akan mengajukan pertanyaan tentang apapun yang ada di depan mereka. Intinya, mereka akan selalu mempertimbangkan sebab dan akibat. “Kalau memilih ini, apa yang akan terjadi? Lalu, bagaimana jika hasilnya berbeda?”

Baca juga: Apa yang Dimaksud Konsep Berpikir Diakronis Dalam Memahami Sejarah?

Pemikir kritis paham betul bahwa setiap tindakan punya konsekuensi, sehingga mereka akan memikirkan semua kemungkinan yang akan terjadi sebelum mengambil keputusan.

Kumpulkan informasi

Setelah merumuskan pertanyaan tentang suatu masalah, carilah informasi sebanyak-banyaknya perihal jawaban dari pertanyaan tersebut. Kamu bisa mengumpulkannya dari berbagai saluran, mulai dari internet hingga orang sekitar.

Dalam konteks ini, lakukanlah riset secara mendalam. Makin banyak variabelnya, maka makin bagus pula informasi yang bisa disaring.

Pertimbangkan informasi yang didapat

Sebelum mengambil keputusan, tanyakan dulu pada diri kamu, apakah informasi yang didapat masuk akal atau tidak. Hal ini untuk mencegah kerugian yang mungkin terjadi di kemudian hari. Lakukanlah analisis yang cermat dengan pikiran terbuka.

Pikirkan efek jangka panjangnya

Langkah berikutnya adalah mempertimbangkan efek jangka panjang yang bisa terjadi. Caranya, pastikan lagi keputusan yang akan diambil memang benar-benar tidak merugikan di masa mendatang. Jangan pernah gegabah dalam mengambil keputusan.

Baca juga: Ingin Sukses Seperti Miliarder? 5 Cara Berpikir ini harus Kamu Miliki!

Lihat dari sudut pandang lain

Manusia seringkali terbawa oleh arus. Misalnya, saat ada banyak orang yang menggunakan suatu produk atau punya solusi atas suatu permasalahan, maka orang-orang cenderung mengikutinya agar tak dianggap berbeda.

Padahal, tidak ada yang salah dengan menjadi berbeda. Sebab mungkin saja solusi atas permasalahan yang kamu alami tidak bisa diselesaikan dengan cara yang sama.

CARA MELATIH BERPIKIR KRITIS

Setelah mengetahui langkah-langkah berpikir kritis, kamu mungkin bertanya-tanya, bagaimana cara melatih diri untuk berpikiran kritis?

Setidaknya, ada beberapa cara yang bisa diterapkan, seperti banyak membaca, banyak bertanya, rajin mendengar secara aktif, sering berdiskusi, observasi, latih problem solving, hingga belajar melalui aktivitas secara langsung.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Passion? Berikut Penjelasan dan Bedanya dengan Hobi!

Demikianlah ulasan singkat mengenai langkah-langkah berpikir kritis yang perlu diketahui oleh generasi muda. Dengan berpikir kritis, kamu bisa menemukan cara dan jawaban yang valid serta masuk akal atas suatu permasalahan yang terjadi dalam kehidupan. Pada akhirnya, kamu akan selalu berhati-hati dan tidak sembarangan dalam membuat keputusan.

Satu hal yang juga perlu kamu catat, membangun keterampilan berpikir kritis pada prinsipnya membutuhkan waktu. Meski begitu, hal tersebut bisa terealisasi dengan upaya dan kesabaran dari diri kamu. Selalu ingat, berpikiran kritis adalah salah satu dari banyak keterampilan lunak yang bisa membuat kamu jadi orang cerdas.

Leave a Reply