Blog

Apa yang Dimaksud dengan Passion? Berikut Penjelasan dan Bedanya dengan Hobi!

danain-Apa yang Dimaksud dengan Passion-gambar komputer dan kamera

Apa yang Dimaksud dengan Passion

Banyak orang menyangka bahwa passion dan hobi adalah sesuatu yang sama. Jika kamu termasuk salah satunya, kamu salah besar. Berikut kami beberkan apa yang dimaksud dengan passion dan perbedaannya dengan hobi!

Istilah passion tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Istilah ini kerap muncul di berbagai momen diskusi, baik offline atau online, dan sering dikaitkan dengan minat atau bakat.

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan passion? Apa juga yang membuatnya berbeda dengan hobi? Berikut penjelasan lengkapnya, seperti dikutip dari laman Kompas.com!

PENGERTIAN PASSION

Pada prinsipnya, passion adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh seseorang sesuai dengan motivasi dan keinginannya, sehingga membuatnya bisa bersemangat. Menurut Kamus Britannica, passion merupakan perasaan yang antusias atau gembira untuk melakukan sesuatu. Sebagian orang bahkan menyebut bahwa passion adalah suatu jejak tujuan hidup serta panggilan dari hati.

Baca juga: Apa yang Dimaksud Pengangguran Friksional? Berikut Pengertian, Sebab, Hingga Solusinya!

Sementara itu, menurut Dictionary, passion adalah perasaan atau emosi yang begitu kuat, atau bisa diartikan mencintai sesuatu. Contoh passion sebut saja olahraga, bermusik, atau melakukan suatu pekerjaan.

Saat seseorang melakukan sesuatu dengan passion, mereka akan merasa lebih hidup dan tidak terbebani dalam menjalankannya. Mereka rela menghabiskan waktu, tenaga, dan pikirannya untuk mencapai hal tersebut.

PERBEDAAN PASSION DENGAN HOBI

Meski sekilas terlihat mirip, passion dan hobi sebenarnya sangat berbeda. Hobi adalah suatu hal yang dilakukan seseorang untuk mengisi waktu luang atau menghibur diri.

Hobi bisa berubah-ubah, tergantung tingkat kejenuhan seseorang. Bahkan, tidak akan menjadi masalah jika seseorang meninggalkan hobinya dengan tiba-tiba.

Sementara itu, passion dilakukan oleh seseorang atas dasar cinta. Passion sudah jadi bagian dalam diri seseorang dan sulit untuk ditinggalkan. Dengan kata lain, passion lebih melekat dan tak mudah tergantikan seperti hobi.

JENIS-JENIS PASSION

Passion terdiri dari beberapa jenis, yakni:

  1. Passion karena uang

Meski terdengar aneh, tapi inilah kenyataannya. Passion karena uang relatif paling banyak dialami oleh seseorang. Poinnya, sangat penting untuk bekerja atau menjalankan bisnis dengan bermodalkan passion.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Carding? Berikut Pengertian, Jenis, hingga Tips Mencegahnya!

  1. Passion mencari solusi

Banyak orang terobsesi melakukan sesuatu untuk memecahkan masalah atau mencari solusi, baik untuk dirinya atau orang lain. Seperti halnya seorang ilmuwan. Ia terus menerus bekerja untuk menemukan obat yang bisa menyembuhkan penyakit.

  1. Passion untuk membantu

Saat seseorang memahami dan menemukan keahliannya, orang tersebut seringkali terdorong untuk membantu orang lain. Mereka terus melakukan kegiatan yang sama dengan motivasi membantu sesama.

  1. Passion bersama

Passion yang terakhir adalah passion bersama. Contohnya, seorang pecandu narkoba yang bertemu dengan sesama pecandu dan ingin sembuh dari hal tersebut, seringkali akan lebih bersemangat untuk berkumpul demi bisa keluar dari masalah yang dialami.

CARA MENEMUKAN PASSION

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan passion, perbedaan dengan hobi, dan jenis-jenisnya, kamu mungkin bertanya-tanya. Sebenarnya, bagaimana cara menemukan passion?

Setidaknya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain:

  1. Pikirkanlah sesuatu yang bisa membuat kamu bahagia.
  2. Mulailah dengan aktivitas yang disukai.
  3. Pikirkan aktivitas yang bernilai.

Baca juga: Apa yang Dimaksud Konsep Berpikir Diakronis Dalam Memahami Sejarah?

  1. Putuskan sesuatu untuk mendorong kamu.
  2. Nilai dan identifikasi kekuatan diri kamu.
  3. Pikirkan tentang pekerjaan dan kesesuaiannya dengan diri kamu.
  4. Bayangkan topik yang kamu sukai.
  5. Pikirkan impian yang ingin kamu raih di masa depan.

Ya, itulah penjelasan lengkap tentang apa yang dimaksud dengan passion, perbedaannya dengan hobi, hingga cara menemukan passion. Semoga bermanfaat!

 

Leave a Reply