Blog

Penting, ini 5 Kunci Hidup Tenang dan Bahagia yang bisa Kamu Contek!

danain-Kunci hidup tenang dan bahagia-gambar keluarga bahagia

Kunci hidup tenang dan bahagia

Menjalani hidup tenang dan bahagia adalah impian setiap orang. Lantas, apa saja kunci hidup tenang dan bahagia yang bisa diterapkan?

Sebagai manusia, kita semua pasti ingin punya hidup yang tenang dan bahagia. Sayangnya, tidak mudah untuk mewujudkan hal tersebut karena berbagai macam faktor. Salah satunya sebut saja karena kita hidup di lingkungan yang berbeda pola pikir dan latar belakang, sehingga masalah atau konflik pasti akan selalu ada di sekitar kita.

Bicara hidup tenang dan bahagia, ada fakta menarik yang perlu diketahui. Usut punya usut, sumber ketenangan dan kebahagiaan seseorang ternyata bisa datang dari mana saja, mulai dari keluarga, teman, bahkan dari kebiasaan yang dilakukan sehari-hari.

Nah, dalam kesempatan ini, kami akan beberkan 5 kunci hidup tenang dan bahagia yang bisa dicontek dan diterapkan. Penasaran apa saja kunci yang dimaksud? Berikut ulasan lengkapnya, seperti dikutip dari berbagai sumber!

Miliki mindset positif

Kunci hidup tenang dan bahagia yang pertama adalah dengan memiliki mindset positif.  Untuk diketahui, pola pikir positif adalah faktor utama yang mampu mengubah kehidupanmu jadi lebih baik.

Baca juga: Agar Hidup Lebih Teratur, ini Cara Mengatur Waktu dengan Baik!

Hindari berpikir negatif tentang apapun dalam kehidupan. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari perasaan cemas, gelisah, takut, atau tidak nyaman.

Sebaliknya, biasakan untuk melihat segala hal dari perspektif yang baik dan positif, jangan dari kemungkinan terburuknya. Jika diterapkan, kamu akan menikmati setiap momen dalam hidup dengan lebih tenang dan bahagia.

Selalu bersyukur

Faktanya, masih banyak orang yang merasa hidupnya belum tercukupi, baik dari segi materi dan lainnya. Sering kali, mereka cenderung lebih fokus pada apa yang belum tercapai dan melupakan apa yang sudah didapat.

Padahal, setiap orang punya waktu dan kesempatan yang berbeda-beda untuk mencapai hal itu. Jadi, daripada sibuk memikirkan sesuatu yang belum tercapai, akan lebih baik untuk mensyukuri apa yang sudah diperoleh agar hidup lebih damai sekaligus nyaman.

Abaikan omongan orang yang tidak penting 

Kunci hidup tenang dan bahagia yang berikutnya adalah dengan mengabaikan omongan orang lain yang tidak penting.

Baca juga: Simak, ini Contoh Pemasaran Sosial yang Berdampak Luar Biasa terhadap Kehidupan Manusia!

Seperti yang kita tahu, risiko hidup bermasyarakat adalah pasti akan mendengarkan omongan orang lain, baik yang positif atau negatif. Kalau omongannya positif, mungkin tak akan jadi masalah. Namun, kalau yang terjadi sebaliknya, seseorang mungkin akan tertekan bahkan stres.

Dalam konteks ini, agar kehidupan menjadi damai, penting untuk menyaring berbagai omongan yang masuk ke dalam telinga. Jika omongannya buruk, sebaiknya abaikan saja. Jangan dibawa pusing!

Jangan bandingkan diri dengan orang lain

Banyak orang yang kerap membandingkan dirinya dengan orang lain, terutama terkait pencapaian. Misal, pada usia tertentu, temanmu sudah mencapai suatu jabatan, sedangkan kamu masih di posisi yang sama dan tidak berubah.

Baca juga: Apa yang Harus Kita Lakukan untuk Mendapatkan Hidup Berkelimpahan?

Jika ingin hidup tenang dan bahagia, berhentilah membuat perbandingan semacam itu. Akan lebih bijak jika kamu menunjukkan pada diri sendiri bahwa kamu yang sekarang lebih baik dari yang kemarin.

Rutin olahraga

Olahraga rutin merupakan salah satu cara tepat untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan berolahraga, imunitas tubuh akan meningkat, sehingga tak mudah terserang penyakit. Tak hanya itu, olahraga juga bisa membuat pikiran lebih relaks, yang pada akhirnya membuat hidup jadi lebih tenang dan bahagia.

Bagaimana, siap menerapkan 5 kunci hidup tenang dan bahagia di atas?

Leave a Reply